SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI VIDEO CONFERENCE BAGI DOSEN DAN MAHASISWA UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMIC COVID-19

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v4i6.3110

Keywords:

video conference, e-learning, tutorial educational video, COVID-19

Abstract

Abstrak: Pandemi Covid-19 tidak hanya mengguncang sektor indutri dan pariwisata, namun juga sektor Pendidikan di Dunia. UNESCO memberikan solusi pembelajaran jarak jauh bagi sistem Pendidikan, kehadiran industry 4.0 membuat transformasi digital semakin cepat yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran jarak jauh berupa pemanfaatan aplikasi video conference. Zoom merupakan aplikasi yang dirasa efektif dalam membuat interaksi setiap peserta secara visual, tulisan dan lisan. Aplikasi video conference dapat memberikan pembelajaran jarak jauh yang interaktif dan real-time sehingga dapat menjadi media pengganti tatap muka. Maka dari itu, pengabdian ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi aplikasi video conference bagi Dosen dan Mahasiswa dengan menggunakan metode video edukasi yang disebarkan melalui platform youtube untuk menunjang pembelajaran daring/jarak jauh di masa pandemic Covid-19. Proses pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring disebarkan pada grup WhatsApp Dosen dan Mahasiswa Fakultas Teknik Unsika, Dosen Magang UGM-2018, Dosen TMI 2013 dan grup Facebook Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) dan Asosiasi Dosen Indonesia (ADI), dengan 234 responden yang mengisi kuesioner. Hasil menujukkan adanya peningkatan penggunaan aplikasi Zoom dari 53% menjadi 94,9% setelah dilakukannya sosialisasi, serta dapat diketahui 94% aplikasi yang banyak digunakan setelah sosialisasi dari video di youtube merupakan aplikasi zoom. Selain itu, pengabdian ini memberikan dampak pada minat perilaku pada penggunaan aplikasi, pemahaman aplikasi, menambah informasi fitur-fitur aplikasi, menimbulkan ketertarikan, rekomendasi dan efektivitas, sehingga video conference khususnya aplikasi zoom dapat diterapkan untuk menunjang pembelajaran jarak jauh.

Abstract:  The Covid-19 pandemic has not only shaken the industry and tourism sector, but also the education sector in the world. UNESCO provides distance learning solutions for the education system, the presence of industry 4.0 makes digital transformation faster which can be used for distance learning in the form of using video conferencing applications. Zoom is an application that is considered effective in making the interaction of each participant visually, in writing and orally. Video conferencing applications can provide interactive and real-time distance learning so that it can become a face-to-face replacement medium. Therefore, this service aims to disseminate the video conference application for lecturers and students by using the educational video method distributed through the YouTube platform to support online / distance learning during the Covid-19 pandemic. The process of implementing activities carried out online is distributed to the WhatsApp group for Lecturers and Students of the Unsika Faculty of Engineering, UGM Internship Lecturers-2018, 2013 TMI Lecturers and the Facebook group of the Indonesian Lecturer Association (IDRI) and the Indonesian Lecturer Association (ADI), with 234 respondents filling out questionnaires . The results show an increase in the use of the Zoom application from 53% to 94.9% after the socialization, and it can be seen that 94% of applications that are widely used after socializing from videos on YouTube are zoom applications. In addition, this service has an impact on behavioral interest in application use, understanding applications, adding information to application features, generating interest, recommendations and effectiveness, so that video conferencing, especially zoom applications, can be applied to support distance learning.

Author Biographies

Deri Teguh Santoso, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi S-1 Teknik Mesin

Fakultas Teknik

Universitas Singaperbangsa Karawang

Rianita Puspa Sari, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi S-1 Teknik Industri

Fakultas Teknik

Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Anaya-s, R., Molinillo, S., & Li, F. (2018). DMO online platforms : Image and intention to visit. 65, 116–130. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2017.09.021

APJII. (2019). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2018. Apjii, 51. www.apjii.or.id

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet. (2018). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2017. Teknopreneur, 2018(31 August 2018), Hasil Survey.

Cuaca Dharma, H. R., Asmarani, D., & Dewi, U. P. (2017). Basic Japanese Grammar and Conversation e-learning through Skype and Zoom Online Application. Procedia Computer Science, 116, 267–273. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.10.055

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2019). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0. Direktoran Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Goodman, K., Nowacki, A., Wu, J., & Hickner, J. (2011). Patient Education and Counseling Utilization and impact of pre-office visit video health maintenance education. Patient Education and Counseling, 85(2), e65–e68. https://doi.org/10.1016/j.pec.2011.02.012

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020.

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1820 99

Mishra, D. L., Gupta, D. T., & Shree, D. A. (2020). Online Teaching-Learning in Higher Education during Lockdown Period of COVID-19 Pandemic. International Journal of Educational Research Open, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Park, N., Jung, Y., & Min, K. (2011). Computers in Human Behavior Intention to upload video content on the internet : The role of social norms and ego-involvement. Computers in Human Behavior, 27(5), 1996–2004. https://doi.org/10.1016/j.chb.2011.05.006

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (2020). Universitas Muhammadiyah Enrekang Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar, 2(April), 1–12.

Rop, K. V, & Bett, N. K. (2012). Video Conferencing and Its Application in Distance Learning. Annual Interdisciplinary Conference, The Catholic University of Eastern Africa, Nairobi Kenya., June. http://www.researchgate.net/publication/251237239_video_conferencing_and_its_application_in_distance_learning

Rumangkit, S. (2016). Pengaruh Sosialisasi Organisasi Pada Komitmen Afektif Yang Dimediasi Oleh Kesesuaian Nilai. Jurnal Bisnis Darmajaya, 2(1), 34–56.

Yodha, S., Abidin, Z., & Adi, E. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan E-Learning Dalam Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 181–187. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p181

Published

2020-12-14

Issue

Section

Articles