PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI KEGIATAN WORKSHOP PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Authors

  • Nursina Sari Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Haifaturrahmah Haifaturrahmah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Yuni Mariyati Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v4i6.3129

Keywords:

teacher professionalism, PKTI Workshop, classroom action research

Abstract

Abstrak: Pengabdian ini didasarkan pada permasalahan bahwa kegiatan menulis karya tulis ilmiah berbasis hasil penelitian tindakan kelas (PTK) masih dianggap sulit oleh para guru sekolah dasar. Hal ini terukur dari kegiatan guru yang pasif dalam menulis sehingga berdampak pada terhambatnya kenaikan pangkat golongan jabatan. Adapun metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini meliputi (1) persiapan, (2) pendidikan dan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), 3) tindak lanjut pasca pelatihan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini diantaranya (1) guru-guru memiliki pemahaman dan pengalaman mengenai cara membuat karya tulis ilmiah berbasis PTK, (2) guru-guru dapat menulis laporan karya ilmiah berbasik PTK dan, (3) menghasilkan artikel ilmiah berbasis PTK yang sudah terpublikasi.

Abstract: This action of community service was based on the problem of the activity of writing scientific papers based on the results of classroom action research is still difficult for Elementary Teachers. This can be seen from passive teacher's activities in writing so that it has an impact on inhibition of promotion in class positions. The methods for implementing community service activities include: 1) Preparation, 2) Educational and training for scientific writing based on Classroom Action Research (CAR), 3) Follow-up. The results obtained in this activity include the following: 1) Teachers have an understanding and experience on how to make CAR-based scientific papers, 2) Teachers can write CAR reports-based scientific papers and, 3) Produce CAR- based scientific articles that have been published 

References

Asiyah, A., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217–226.

Barnawi. (2015). Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Ar-Ruzz Media.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran†dalam Lantanida Journal.

Emzir, M. (2013). Metodologi penelitian pendidikan: kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Indonesia, P. R. (2006). UU Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: BP Pustaka Karya.

LA ODE, R. A. L. J. (2015). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Melalui Model Kooperatif Tipe Round Table Pada Siswa Kelas X-1 Sman 1 Kulisusu Barat. Jurnal Humanika, 3(15).

Mahmud, H. (2019). Upaya Meningkatakan Keterampilan Menulis Dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 1(2).

Mardiyah. (2016). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasa, Volume 3 N. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/termpil/article/download/1188/2166

Marselina, S. (2018). Peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah melalui strategi belajar kooperatif tipe Group Investigation siswa kelas XI MAN I kota Sungai Penuh. Pentas: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 14–21.

Maulida, S. R., & Dhania, D. R. (2012). Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Dukungan Orang Tua dengan motivasi berwirausaha pada siswa SMK. Jurnal Psikologi, 11(2), 9.

Misra, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Pengumuman Melalui Metode Latihan Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Gio Kecamatan Moutong. Jurnal Kreatif Online, 1(2).

Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 33.

Nurjamal, D. . dk. (2011). Terampil Berbahasa. Alfabeta.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232.

Relita, D. T., & Regina, F. (2015). Hubungan Antara Rasa Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas KaryaSekadau Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(2), 122–130.

Rojaki, R. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Sinektik Siswa Kelas X 3 SMA Negeri 2 Sekayu Musi Banyuasin, Sumatra Selatan. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 16(2).

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar (cetakan ke 22). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suranto, S. (2015). Pengaruh motivasi, suasana lingkungan dan sarana prasarana belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi kasus pada sma khusus putri sma islam diponegoro surakarta). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 11–19.

Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87–102.

Triana, J., Irawan, S., & Windrawanto, Y. (2018). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Bertanding Atlet Pencak Silat Dalam Menghadapi Salatiga CUP 2018. Psikologi Konseling, 15(2).

Published

2020-12-14

Issue

Section

Articles