PELATIHAN PENGGUNAAN MICROSOFT KAIZALA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA DI ERA NEW NORMAL

Authors

  • Pujia Siti Balkist Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Novi Andri Nurcahyono Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Hamidah Suryani Lukman Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ana Setiani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Nur Agustiani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Yanti Mulyanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Aritsya Imswatama Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3235

Keywords:

merdeka belajar, covid 19 pandemic, physical distancing, distance learning, microsoft kaizala.

Abstract

Abstrak: Pelatihan Penggunaan Microsoft Kaizala yang dihadirkan sebagai solusi berdasarkan pertimbangan dari aplikasi yang mudah digunakan saat era new normal dari pandemic covid-19. Pelatihan yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan wawasan peserta dalam memilih hal-hal yang tepat diterapkan saat pembelajaran matematika dan mengembangkan pembelajaran matematika semenarik mungkin. Sasaran kegiatan ini semula adalah guru dan mahasiswa calon guru matematika di sekolah menengah. Namun pada pelaksanaannya kegiatan pelatihan ini diikuti oleh dosen, guru, mahasiswa dan pemerhati pendidikan matematika dengan ruang lingkup nasional secara daring melalui media teleconference Zoom dan aplikasi Microsoft Kaizala. Tahapan kegiatan ini, yakni: 1) Survey dan observasi permasalahan pembelajaran matematika secara daring di sekolah menengah 2) Forum Group Discussion untuk menentukan solusi yang akan dilaksanakan untuk mengatasi temuan saat survey dan observasi 3) Pelaksanaan pelatihan. Kegiatan ini memperoleh ketercapaian target sebesar 146% secara kuantitas dan antusiasme peserta mengikuti seluruh rangkaian acara yang tinggi.

 

Abstract:  Microsoft Kaizala Usage Training which is presented as a solution based on considerations of an easy-to-use application during the new normal era of the Covid-19 pandemic. The training carried out aims to improve and optimize participants' insights in choosing the right things to apply when learning mathematics and developing mathematics learning as interesting as possible. Initially the target of this activity was teachers and students who are prospective mathematics teachers in secondary schools. However, in practice this training activity was attended by lecturers, teachers, students and observers of mathematics education with a national scope online through the Zoom teleconference media and the Microsoft Kaizala application. The stages of this activity are: 1) Survey and observation of mathematics learning problems online in secondary schools 2) Forum Group Discussion to determine solutions to be implemented to overcome findings during surveys and observations 3) Implementation of training. This activity achieved the target of 146% in terms of quantity and enthusiasm of the participants in the entire series of high events.

Author Biographies

Pujia Siti Balkist, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Matematika

Novi Andri Nurcahyono, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Matematika

Hamidah Suryani Lukman, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Matematika

Ana Setiani, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Matematika

Nur Agustiani, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Matematika

Yanti Mulyanti, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Matematika

Aritsya Imswatama, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Matematika

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.†Studies in Philosophy of Science and Education. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Arifin, S. dan M. M. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka†pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. AL-ILMI: Jurnal Pendidikan Islam.

Bergman, D., Bethell, C., Gombojav, N., Hassink, S., & Stange, K. C. (2020). Physical distancing with social connectedness. Annals of Family Medicine. https://doi.org/10.1370/afm.2538

Endah Wulantina, S. M. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Jurnal Inovasi Matematika. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i2.156

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.

Febrian, F., Astuti, P., & Antika, R. (2019). Pelatihan pengembangan media videoscribe dengan konteks lokal dalam mengajarkan objek matematika bagi mgmp sma kabupaten bintan. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat).

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020.

Kartini, K., & Istiana, L. (2020). Reformasi Madrasah Pada Era Disrupsi: Peran Pandemik Covid-19 Dalam Pendidikan Teknologi. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan …, 11(2), 208–212. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/327096991.pdf

Masyarakat, B. K. S. dan H. (2020). Mendikbud Luncurkan Empat Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka.

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar†Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education.

Nasution, A. G. J. (2020). Diskursus Merdeka Belajar Perspektif Pendidikan Humanisme. Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra ….

Nawawi, N., & Darmawan, H. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Sains Interaktif Dan Easyquizzy Bagi Guru Mgmp Ipa Kabupaten Bengkayang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(2), 163. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1343

Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas.

Sumantyo, F. D. S. (2020). Pendidikan Tinggi di Masa dan Pasca Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.266

Suntoro, R., & Widoro, H. (2020). Internalisasi Nilai Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran PAI Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Mudarrisuna.

Syamsul Arifin, M. M. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka†Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta Di Indonesia. In Al-Ilmi: Jurnal Pendidikan Islam.

Wahyuningtyas, D. T., & Shinta, R. N. (2017). Pelatihan Media Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 Bagi Guru Sekolah Dasar Di Gugus 9 Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Dedikasi.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121

Published

2021-02-21

Issue

Section

Articles