PELATIHAN MEMBACA KRITIS/LITERASI KRITIS TEKS NARATIF BAGI GURU SMP PENDIDIK PENGGERAK INDONESIA JAYA

Authors

  • Eva Leiliyanti Universitas Negeri Jakarta
  • Ines Nur Irawan Universitas Negeri Jakarta
  • Zufrufin Saputra Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3293

Keywords:

critical literacy, narrative texts, participatory learning.

Abstract

Abstrak: Hasil PISA 2015 dan PIRLS 2011 menunjukkan rendahnya tingkat literasi siswa SMP Indonesia. Gerakan literasi nasional sekolah yang digerakkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hanya dilakukan perminggu sebagai basis kegiatan sekolah yang membiasakan siswa membaca. Lokakarya ini (dirancang dalam pembelajaran partisipatif) yang bertujuan untuk melatih guru Bahasa Inggris SMPN untuk meningkatkan kompetensi literasi kritis mereka dengan meneliti fungsi sosial, struktur skema, dan fitur leksiko-gramatikal dari berbagai teks naratif. Kegiatan ini dilakukan dengan menyeleksi 200 calon peserta yang tergabung dalam Asosiasi Profesi Guru (Penggerak Pendidik Indonesia Jaya) menjadi 50 peserta yang memenuhi syarat berdasarkan desk evaluasi. Pra-tes dan lembar kerja diberikan kepada peserta terpilih sehari sebelum lokakarya. Lokakarya dilakukan dalam 2,5 jam melalui zoom. Post-test diberikan setelah pelatihan selesai. Hasil menunjukkan bahwa pengalaman mengajar dan pelatihan guru tidak menunjukkan korelasi positif yang nyata dengan keterampilan tata bahasa dasar mereka. Para peserta juga membutuhkan pelatihan literasi kritis lebih lanjut dalam menarik kesimpulan dan memprediksi kemungkinan yang diperlukan secara berurutan dalam teks naratif. Persentase yang meningkat pada dimensi pengetahuan konseptual peserta direkomendasikan sebagai faktor yang dapat dikembangkan lebih lanjut untuk pengembangan profesional berkelanjutan para guru tersebut.

 

Abstract:  The 2015 PISA’s result ad the 2011 PIRLS’ result showed the low level of Indonesian SMP students’ literacy. The national as well as school-based literacy movement propagated by the Ministry of Education and Culture merely demonstrated the weekly school-based celebration on student’s reading habits. This workshop (designed in participatory learning) aims to train SMPN English teachers to enhance their critical literacy competence by scrutinizing the social function, schematic structure and lexico-grammatical features of various narrative texts. This was conducted by selecting 200 prospective participants who joined the teacher’s professional association (Penggerak Pendidik Indonesia Jaya) into 50 eligible ones based on their desk evaluation. Pre-test and worksheet were assigned to the selected participants one day prior to the workshop. The workshop was conducted in 2.5 hours via zoom. Post-test was given after the workshop completed. The results show that the teachers’ teaching as well as training experiences do not show overt positive correlation with their basic grammatical skills. The participants also need further critical literacy training on drawing conclusion and predicting possibilities entailing sequential events in the narrative texts. The escalated percentage on the participants’ conceptual knowledge dimension is recommended as the factor that they can further develop for their continuous professional development.

Author Biographies

Eva Leiliyanti, Universitas Negeri Jakarta

Master Program of Applied Linguistics

Ines Nur Irawan, Universitas Negeri Jakarta

Master Program of Applied Linguistics

Zufrufin Saputra, Universitas Negeri Jakarta

Master Program of Applied Linguistics

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.†Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Apramian, T., Cristancho, S., Watling, C., & Lingard, L. (2017). (Re)Grounding grounded theory: a close reading of theory in four schools. Qualitative Research. https://doi.org/10.1177/1468794116672914

Ariadhy, S. Y., Nurohman, S., Arkum, D., & Handini, W. (2020). PELATIHAN Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Anoa, 1(3), 220–226.

Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Cahyanto, Z. D., Imam Agus, & Martutik. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Membaca Kritis Untuk Siswa Sma/Smk Kelas X Dan XI. Jurnal Pendidikan, 1(5), 780–784. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6256/2672

Devi, W. S., Fadly, A., & Kartikasari, R. D. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Guru di Kota Sukabumi. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v1i2.599

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots pada Kurikulum 2013. EDUDEENA, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Hung, C. M., Hwang, G. J., & Huang, I. (2012). A project-based digital storytelling approach for improving students’ learning motivation, problem-solving competence and learning achievement. Educational Technology and Society.

Intan, T. (2020). Formula Romance Dalam Perfect Romance Karya Indah Hanaco: Kajian Sastra Feminis. Alayasastra. https://doi.org/10.36567/aly.v16i2.634

Jusnita, N., & Ismail, A. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Kota Ternate. EDUKASI, 16(1), 1–10. https://doi.org/10.33387/j.edu.v16i1.616

Katon, F., & Yuniati, U. (2020). Fenomena Cashless Society dalam Pandemi Covid-19 (Kajian Interaksi Simbolik Pada Generasi Milenial). JURNAL SIGNAL, 8(2), 134. https://doi.org/10.33603/signal.v8i2.3490

Kemendikbud. Permendikbud No.35 Tahun 2018 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. , Jakarta § (2018).

Live Youtube Workshop LT UNJ & PPIJ. (2020). Live Youtube Workshop Storytelling club for the development of critical literacy with narrative. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=hwvjmY3j0Do

Mulyadi, M., Adlim, A., & Djufri, D. (2018). Memberdayakan Kemampuan Berpikir Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA). BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(1), 33. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.2511

Nurhadi, K., Rahmat Hidayat, T. A., & Rahmat Hidayat, T. A. (2019). A Genre Analysis of Students’ Writing Hortatory Exposition Text at Eleventh Grade of Senior High School. Wiralodra English Journal, 3(1), 295–301. https://doi.org/10.31943/wej.v3i1.25

PPIJ Pendidik Penggerak Indonesia Jaya. (2020). PPIJ Pendidik Penggerak Indonesia Jaya. Retrieved from https://www.facebook.com/gurupenggerakppij/

Priyatni, E. T., & Nurhadi, M. (2017). Conference: 2nd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2017). Critical Responses of Junior High School Students to Deviant Social Practices in Their Environment Using Creative Dialogue. https://doi.org/10.2991/icirad-17.2017.19

Registration Form Workshop LT UNJ & PPIJ. (2020). Form Registration Storytelling club for the development of critical literacy with narrative. Retrieved from https://docs.google.com/spreadsheets/u/0/d/1Ctedn3P6CAZILAP6JigP-iQjGCvaoerv1eLCzCf1sH4/htmlview#gid=2021616684

Sari, I. F. R. (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 89–100. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.131

Suntini, S. (2017). Analisis Wacana Kritis Pada Novel "Perempuan di Titik Nol" Karya Nawal El Saadawi Ditinjau dari Tokoh dan Perwatakan, Konflik Serta Amanat. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v11i2.716

Supriyanto, S., & Prihatmanto, A. S. (2017). Desain Interaksi pada Gamifikasi dalam Pemesanan Taksi Online. KINETIK. https://doi.org/10.22219/kinetik.v2i1.149

Syahroni, M. (2020). Pelatihan Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Guna Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847

Tanang, H., Djajadi, M., Abu, B., & Mokhtar, M. (2014). Challenges of Teaching Professionalism Development: A Case Study in Makassar Indonesia. Journal of Education and Learning. https://doi.org/10.11591/edulearn.v8i2.215

Worksheet Workshop LT UNJ & PPIJ. (2020). Worksheet Storytelling club for the development of critical literacy with narrative. Retrieved from http://bit.ly/WorksheetLTPPIJ

Yulistio, D., & Fhitri, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Pedagogi Genre, Saintifik, Dan Clil (Content and Language Integrated Learning) Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 9–20. https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7342

Published

2021-02-21

Issue

Section

Articles