LITERASI DIGITAL MENGENAI RUTIN MENIMBANG BERAT BADAN DAN MELAKUKAN AKTIVITAS FISIK PADA REMAJA SAAT PANDEMI COVID-19

Authors

  • Laras Sitoayu Universitas Esa Unggul
  • Lintang Purwara Dewanti Universitas Esa Unggul
  • Vitria Melani Universitas Esa Unggul
  • Nanda Aula Rumana Universitas Esa Unggul
  • Vira Herliana Putri Universitas Esa Unggul
  • Putri Ronitawati Universitas Esa Unggul

Keywords:

digital literacy, adolescent lifestyle, education during a pandemic

Abstract

Abstrak: Melakukan pola hidup sesuai pedoman gizi seimbang seperti rutin menimbang berat badan dan melakukan aktivitas fisik ssaat ini masih jarang dilakukan terutama oleh remaja. Kebanyakan dari mereka terbawa arus lingkungan dan kehidupan modernisasi, sehingga lebih senang jajan dan asik berseluncur dengan gadget. Hal tersebut banyak menyebabkan masalah gizi, seperti berat badan berlebih dan rendahnya aktivitas fisik dan akhirnya berisiko terhadap penyakit tidak menular diusia dewasa. Terlebih lagi dalam kondisi pandemi, dimana siswa dituntut banyak dirumah sehingga aktivitas fisik cenderung sangat menurun. Kegiatan ini bertujuan melakukan literasi digital pada siswa SMPN 220 Jakarta mengenai pentingnya rutin menimbang berat badan dan melakukan aktivitas fisik. Kegiatan dilakukan melalui WhatsApp group yang diikuti oleh 89 siswa. Literasi digital penting dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan siswa, hal ini didukung oleh penggunaan media sosial makin hari makin meningkat pada remaja karena perkembangan dan inovasi digital. Selain itu, media sosial menjadi salah satu kebutuhan pokok remaja saat ini. Hasil pre dan post-test menunjukkan ada peningkatan pengetahuan siswa sebesar 20 poin setelah mengikuti edukasi. Sehingga literasi digital perlu sering dilakukan pada remaja.

Abstract:  A pattern of lifestyle according to guidelines of a balanced nutrition, such as regularly weighing and physical activity, is currently rarely done, especially by adolescents. Most of them are carried away by the current environment and modernization, so they prefer to surf with gadgets. This causes many nutritional problems, such as excess body weight and low physical activity and ultimately the risk of non-communicable diseases in adulthood. Moreover, in pandemic conditions, where many students are required to be at home so that physical activity tends to decrease. This activity aims to carry out digital literacy for students of SMPN 220 Jakarta regarding the importance of weighing and doing physical activities. Activities carried out through the WhatsApp group were attended by 89 students. Digital literacy is important to increase student knowledge, this is supported by the increasing use of social media in adolescents due to digital developments and innovations. In addition, social media is one of the basic needs of today's youth. The pre and post-test results showed an increase in students' knowledge by 20 points after attending education. So that digital literacy needs to be done frequently in adolescents.

Author Biographies

Laras Sitoayu, Universitas Esa Unggul

Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien

Lintang Purwara Dewanti, Universitas Esa Unggul

Program Studi Ilmu Gizi

Vitria Melani, Universitas Esa Unggul

Program Studi Ilmu Gizi

Nanda Aula Rumana, Universitas Esa Unggul

Program Studi Rekam Medis

Vira Herliana Putri, Universitas Esa Unggul

Program Studi Ilmu Gizi

Putri Ronitawati, Universitas Esa Unggul

Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien

References

Achadi, E. et al. (2010). Sekolah Pintu Masuk Perbaikan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Gizi Seimbang Masyarakat. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 5, 44.

Adriani, M; Wirjatmadi, B. (2013). Peranan Gizi Dalam Siklus Kehidupan. Kencana Prenada Media Group.

Amir, R. A., & Adi, A. C. (2018). Gambaran Aktivitas Sedentari Dan Tingkat Kecukupan Gizi Pada Remaja Gizi Lebih Dan Gizi Normal. Media Gizi Indonesia, 12(1), 80. https://doi.org/10.20473/mgi.v12i1.80-87

Efendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-test dan Post-test terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.A Pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Volt Jurnal Ilmia Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 81–88.

Ghofur, A;Rachma, E, A. (2019). Pemanfaatan Media Digital terhadap Indeks Minat Baca Masyarakat Kabupaten Lamongan. Gulawetah: Jurnal Studi Sosial, 2(2), 85–92.

Gifari, N; Nuzrina, R; Ronitawati, P; Sitoayu, L; Kuswari, M. (2020). Edukasi Gizi Seimbang dan Aktivitas Fisik dalam Upaya Pencegahan Obesitas Remaja. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(1), 55–62.

Hoechsmann, M. S. R. P. (2012). Media Literacies: A Critical Introduction. Blackwell Publishing.

Kemenkes, R. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014.

Kurnianingsih, I; Rosini, dan Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61–76. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jpkm.25370

Mehmet, A. et al. (2011). Eating Patterns of Turkish Adolescents: a Cross-Sectional Survey. Nutrition Journal. http//www.nutritionj.com

Sahidillah, M.W; Miftahurrisqi, P. (2019). Whastapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa. Varia Pendidikan, 31(1), 52–57.

Sitoayu, L. (2018). Pemanfaatan Bahan Makanan Sederhana menjadi Gizi Seimbang. Jurnal Abdimas, 4(2), 230–234.

Suryadi, E; Ginanjar, M. H; Priyatna, M. (2018). Penggunaan Sosial Media WhatsApp dan Pengaruhnya terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 07(1), 1–22. https://doi.org/https://doi.org/10.30868/EI.V7

Syam, Aminuddin, et al. (2011). Asosiasi Body Image, Perilaku Gizi Seimbang dengan Status Gizi Mahasiswa Baru FKM Unhas. Universitas Hasanuddin.

Thomas, J. G., Raynor, H. A., Bond, D. S., Luke, A. K., Cardoso, C. C., Wojtanowski, A. C., Vander Veur, S., Tate, D., Wing, R. R., & Foster, G. D. (2017). Weight loss and frequency of body-weight self-monitoring in an online commercial weight management program with and without a cellular-connected ‘smart’ scale: a randomized pilot study. Obesity Science and Practice, 3(4), 365–372. https://doi.org/10.1002/osp4.132

Yu, Z., Sealey-Potts, C., & Rodriguez, J. (2015). Dietary Self-Monitoring in Weight Management: Current Evidence on Efficacy and Adherence. Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, 115(12), 1931–1933. https://doi.org/10.1016/j.jand.2015.04.005

Published

2021-02-21

Issue

Section

Articles