PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MANAJEMEN STRESS GUNA MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN PSIKOLOGIS MASYARAKAT MENGHADAPI BENCANA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3439Keywords:
mental health education, stress management, disasterAbstract
Abstrak: Jumlah penderita gangguan jiwa di Indonesia semakin mengkhawatirkan, begitu juga Sumatera Barat. Salah satu faktor yang menyebabkan ini terjadi karena Sumatera Barat adalah daerah rawan bencana. Sehingga penduduk di daerah ini memerlukan tindakan preventif agar dampak psikologis serius dapat dicegah. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pendidikan kesehatan jiwa tentang manajemen stress sebagai upaya kesiapsiagaan psikologis dalam menghadapi bencana. Kegiatan ini diikuti oleh 32 orang warga Kelurahan Jati, Padang yang dilaksanakan selama 1 hari. Pendidikan kesehatan diberikan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan role-play. Sebelum dan setelah kegiatan dilakukan pengukuran pengetahuan peserta tentang manajemen stress. Hasil kegiatan didapatkan gambaran bahwa skor pengetahuan peserta sebelum diberikan pendidikan sebesar 3,44, dan setelah diberikan pendidikan kesehatan sebesar 6,00. Hasil uji paired t-test menunjukkan adanya perbedaan signifikan pengetahuan peserta antara sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan dengan nilai p=0.00 (mean selisih 2,563). Berdasarkan hasil ini, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan pengetahuan peserta tentang manajemen stres. Diharapkan pengetahuan yang telah dimiliki dapat berpengaruh terhadap kesiapsiagaan psikologis peserta dalam menghadapi bencana.
Â
Abstract: The number of people with mental disorders in Indonesia is increasingly alarming, as is the area of West Sumatra. One of the factors causing this is because West Sumatra is a disaster-prone area. So that residents in this area need preventive action so that they can prevent severe psychological impacts. This community service activity aims to provide mental health education about stress management as an effort to psychological preparedness in facing disasters. This activity was attended by 32 participants of Jati Village, Padang, held for one day. Health education was provided using lectures, discussions and role-playing methods. Before and after the activity, measured the participants' knowledge of stress management was. The activity results showed that the participants' knowledge score before being given education was 3.44, and after being given health education was 6.00. The paired t-test showed a significant difference in participants' knowledge between before and after being given health education with a value of p = 0.00 (mean difference 2.563). These results can conclude that this service activity can increase participants' knowledge of stress management. Hopefully, the knowledge already possessed can affect the participant's psychological preparedness in facing disasters.
Â
References
BNPB. (2016). Risiko bencana indonesia (R. Jati & M. R. Amri (eds.)).
Erawati, E., Adiyati, S., & Sugiarto, A. (2016). Pendidikan kesehatan jiwa pada masyarakat melalui implementasi CMHN. Keperawatan, 12(2), 96–100. http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/link
Erlani, R., & Nugrahandika, W. H. (2019). Ketangguhan Kota Semarang dalam Menghadapi Bencana Banjir Pasang Air Laut (Rob). Journal of Regional and Rural Development Planning, 3(1), 47. https://doi.org/10.29244/jp2wd.2019.3.1.47-63
Fatmawati, A., Mawaddah, N., & Sari, I. P. (2020). Peningkatan pengetahuan bantuan hidup dasar pada kondisi henti jantung di luar rumah sakit dan resusitasi jantung paru kepada siswa sma 1,2. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri ), 4(6), 1176–1184.
Irzalinda, V., & Sofia, A. (2019). Pengaruh Koping Strategi terhadap Resilience Keluarga Rawan Bencana. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 201. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.312
Keliat, Budi Anna, & Marliana, T. (2018). Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial (Mental Health and Psychosocial Support): Keperawatan Jiwa (1st ed.). Universitas Indonesia.
Kemenkes RI. (2018). Laporan Nasional RISKESDAS 2018. In Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf
Kurniawan, Y., & Sulistyarini, I. (2017). Komunitas Sehati (Sehat Jiwa dan Hati) Sebagai Intervensi Kesehatan Mental Berbasis Masyarakat. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 1(2), 112. https://doi.org/10.20473/jpkm.v1i22016.112-124
Malfasari, E., Herniyanti, R., Devita, Y., Adelia, G., & Putra, I. D. (2020). Pendidikan kesehatan jiwa pada tahap perkembangan usia sekolah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri ), 4(6), 7–12.
Melzana, V., & Sari, H. (2017). Keefektifan Tenaga Kesehatan dalam Menangani Dampak Psikososial Bencana. 1–7.
Perpres RI. (2014). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Jiwa (Law of the Republic of Indonesia No 18 Year 2014 on Mental Health). http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/arsip/ln/2014/uu18-2014bt.pdf
Riyadi, S., & Purwanto, T. (2013). Asuhan Keperawatan Jiwa. Nusa Medika.
Sarfika, R., Afriyeni, N., Hermalinda, H., & Fernandes, F. (2020). Pemberian Rational-Emotive Behavior Therapy dan Assertive Training Sebagai Upaya Mengurangi Perilaku Agresif pada Remaja di Pauh Padang. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 3(1), 54–63.
Sarfika, R., Fernandes, F., & Mailia, G. (2019). Pemberian Pendidikan Kesehatan untuk Meningkatkan Pengetahuan Keluarga dalam Merawat Lansia Demensia di Puskesmas Pauh, Kota Padang. Jurnal Warta Andalas, 26(2), 97–101. https://doi.org/10.25077/jwa.26.2.97-101.2019
Sinaga, S. N. (2015). Peran Petugas Kesehatan dalam Manajemen Penanganan Bencana Alam. Jurnal Ilmiah Integritas, 1(1), 1–7. http://www.jurnalmudiraindure.com/wp-content/uploads/2016/03/Peran-Petugas-Kesehatan-Dalam-Manajemen-Penanganan-Bencana-Alam.pdf
Stuart, G. W. (2016). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart (Budi A. Keliat & J. Pasaribu (eds.); 1th Buku 2). Elsevier Singapore.
The Sphere Project. (2011). Humanitarian Charter and Minimum Standarts in Humanitarian Response. In The Sphere Project. The Sphere Project. www.practicalactionpublishing.org/sphere
World Health Organization. (2011). Psychological First Aid - Guide for Field Workers. In WHO (Vol. 44, Issue 8). WHO.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).