PELATIHAN BISNIS ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI SHOPEE

Authors

  • Ni Wayan Eka Wijayanti STMIK STIKOM Indonesia
  • Ni Wayan Suardiati Putri STMIK STIKOM Indonesia
  • I Gede Putu Eka Suryana STMIK STIKOM Indonesia
  • Kadek Suryati STMIK STIKOM Inedonesia
  • Ketut Sepdyana Kartini STMIK STIKOM INDONESIA
  • I Wayan Gede Wardika STMIK STIKOM INDONESIA
  • Evi Dwi Krisna STMIK STIKOM INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3760

Keywords:

Business, Online, UMKM, Shopee

Abstract

Abstrak: Di tutupnya pasar seni Sukawati dan Guang dari dampak COVID-19 membuat para UMKM yang berasal dari Banjar Sakah, Desa Batuan Kaler tidak dapat berjualan, sehingga mengakibatkan perekonomian mereka menjadi menurun. Pada umumnya, mereka menggunakan cara konvensional dalam pemasaran produknya sehingga profit atau keuntungan yang dihasilkan tidak sebesar toko virtual (online). Dari permasalahan ini, Kepala Dusun (Kadus) bekerjasama dengan STIKI Indonesia dalam Programnya Aksi Stiki Peduli melakukan sosialisasi dan Pelatihan bisnis online menggunakan aplikasi shopee. Pelaksanaan PKM ini menggunakan metode parsitipatif, penyuluhan, pendampingan dan pelatihan di lokasi. Melalui pelatihan bisnis online yang menggunakan aplikasi shopee ini, diharapkan dapat membantu memasarkan produk mereka secara E-marketing pada masa Pandemi Covid-19 ini. Hasil dari Pelatihan yang sudah dilakukan menunjukkan perubahan dan peningkatan  yaitu: (1) 20% peserta berinisiatif mendaftarkan mereknya guna memperoleh legalitas, khususnya yang telah melakukan kegiatan usaha dalam kurun waktu diatas 5 tahun; (2) 20% peserta yang belum memiliki merek mulai membuat merek untuk digunakan dalam kegiatan usaha; (3) 60% dari 80% peserta yang telah memiliki merek, memutuskan untuk mengganti merek yang telah digunakan agar lebih “menjualâ€; dan (4) 50% peserta telah menerapkan iklan berbayar di shopee dan sisanya masih menerapkan iklan kata kunci secara gratis.

 

Abstract:  The closure of the Sukawati and Guang art markets from the impact of COVID-19 made SMEs from Banjar Sakah, Batuan Kaler Village unable to sell, which resulted in a decline in their economy. In general, they use conventional methods in marketing their products so that the profit generated is not as big as a virtual shop (online). From this problem, the Head of Hamlet (Kadus) collaborates with STIKI Indonesia in its Stiki Cares Action Program to conduct socialization and online business training using the shopee application. The implementation of this PKM uses participatory methods, counseling, mentoring and on-site training. Through online business training using the Shopee application, it is hoped that it can help market their products by means of E-marketing during the Covid-19 Pandemic. The results of the training that have been carried out show changes and improvements, namely: (1) 20% of participants took the initiative to register their trademarks in order to obtain legality, especially those who have carried out business activities for a period of more than 5 years; (2) 20% of participants who do not have a brand have started making a brand to be used in business activities; (3) 60% of the 80% participants who already own a brand, decide to change the brand that has been used to make it more “sellingâ€; and (4) 50% of participants have implemented paid advertising on shopee and the rest are still implementing free keyword ads.

Author Biographies

Ni Wayan Eka Wijayanti, STMIK STIKOM Indonesia

Teknik Informatika

Ni Wayan Suardiati Putri, STMIK STIKOM Indonesia

Teknik Informatika

I Gede Putu Eka Suryana, STMIK STIKOM Indonesia

Teknik Informatika

Kadek Suryati, STMIK STIKOM Inedonesia

Teknik Informatika

Ketut Sepdyana Kartini, STMIK STIKOM INDONESIA

TEKNIK INFORMATIKA

I Wayan Gede Wardika, STMIK STIKOM INDONESIA

TEKNIK INFORMATIKA

Evi Dwi Krisna, STMIK STIKOM INDONESIA

TEKNIK INFORMATIKA

References

Block, D. (2017). Political economy in applied linguistics research. In Language Teaching (Vol. 50, Issue 1). https://doi.org/10.1017/S0261444816000288

Djumrianti, D., Mandiangan, P., Sayuti, A. J., Effendi, M. R. M., Bisnis, J. A., & Sriwijaya, P. N. (2019). Teknologi perancangan merk dagang dan pengayaan konten sosial media sebagai strategi pemasaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Pada Masyarakat, 186–192.

Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75. https://doi.org/10.32503/cendekia.v1i2.603

Iswahyudi, H. (2016). Back to oil: Indonesia economic growth after Asian financial crisis. Economic Journal of Emerging Markets, 8(1), 25–44. https://doi.org/10.20885/ejem.vol8.iss1.art3

Kendal, K. (2019). Sosialisasi Legalitas dan Manajemen Pemasaran bagi UMK (Legality Socialization and Marketing Management for MSE’s). Logista Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 31–36.

Liu, W., Yue, X. G., & Tchounwou, P. B. (2020). Response to the covid-19 epidemic: The chinese experience and implications for other countries. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(7), 1–6. https://doi.org/10.3390/IJERPH17072304

Manager, S., Hotel, H., Nasional, U. P., & Nasional, U. P. (2019). Menguji Ketajaman Im[lementasi E-Commerce dalam Penjualan Kamar Hotel di Bali. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 79–98.

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313

Rahmidani, R. (2015). Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal SNEMA-Padang-Indonesia, c, 345–352. http://fe.unp.ac.id/sites/default/files/unggahan/26. Rose Rahmidani (hal 344-352)_0.pdf

Ratna, H. (2016). Analisis Perlindungan Hukum atas Merek Terdaftar sebagai Hak atas Kekayaan Intelektual. Jurnal Keadilan Progresif, 7(2), 37–39.

Saidi, L. O., Adam, P., Rostin, R., Saenong, Z., Balaka, M. Y., Gamsir, G., Asmuddin, A., & Salwiah, S. (2017). The Effect of Stock Prices and Exchange Rates on Economic Growth in Indonesia. International Journal of Economics and Financial Issues, 7(3), 527–533. https://search.proquest.com/docview/2270059842?accountid=17242

Samsiana, S., Herlawati, Nidaul Khasanah, F., Trias Handayanto, R., Setyowati Srie Gunarti, A., Irwan Raharja, Maimunah, & Benrahman. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 51–62. https://doi.org/10.31599/jstpm.v1i1.255

Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh e-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 64. https://doi.org/10.29207/resti.v1i1.6

Yulistia, Y. (2017). Analisis Pengaruh Efektivitas Dan Manfaat E-Commerce Terhadap Sikap Dan Perilaku Pengguna Dengan Menggunakan Metode TAM (Studi Kasus: UKM Kota Palembang). JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 4(1), 93–100. https://doi.org/10.35957/jatisi.v4i1.91

Zulkarnain, I., Setiawan, T. H., Syamtoro, B., & Nurhamdi, M. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Published

2021-02-21

Issue

Section

Articles