PELATIHAN PEMBUATAN SOAL HOTS DAN PENGGUNAAN SOFTWARE WONDERSHARE QUIZ CREATOR KEPADA GURU SMA YPK MERAUKE

Authors

  • Jesi Jecsen Pongkendek Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus
  • Dewi Natalia Marpaung Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3761

Keywords:

training, HOTS, wondershare quiz creator

Abstract

Abstrak:  Pendidikan saat ini menuntut guru harus mampu mengembangkan penilaian terhadap peserta didik yang dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan melaksanakan ujian berbasis komputer (CBT). Software Wondershare Quiz Creator dapat digunakan dalam pelaksanaan CBT. Tujuan dilaksanakan pengabdian ini yaitu memberikan pemahaman kepada guru dalam menyusun soal HOTS, memberikan kemampuan kepada guru untuk dapat menggunakan software Wondershare Quiz Creator, dan mengaplikasikan soal ujian yang telah disusun ke dalam software Wondershare Quiz Creator. Metode pelaksanaan pengabdian ini yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada bagian akhir kegiatan diberikan angket respon peserta. Data respon peserta dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh presentasi respon peserta untuk setiap aspek. Berdasarkan hasil pengabdian ini, dapat disimpulkan antara lain (1) guru telah mampu menyusun soal HOTS, (2) guru mampu menggunakan software Wondershare Quiz Creator, (3) guru mampu menginput soal kedalam software Wondershare Quiz Creator, (4) antusias peserta dalam mengikuti kegiatan pelatihan, dan (5) respon peserta yang sangat baik lewat hasil angket respon peserta (materi 1 = 96,6%, materi 2 = 96,7%, dan software Wondershare Quiz Creator = 95,8%).

 

Abstract:  Current education requires teachers to be able to develop assessments of students who can measure higher order thinking skills (HOTS) and carry out computer-based exams (CBT). Wondershare Quiz Creator software can be used in CBT implementation. The purpose of this service is to provide understanding to teachers in compiling HOTS questions, giving teachers the ability to use the Wondershare Quiz Creator software, and to apply exam questions that have been compiled into the Wondershare Quiz Creator software. The method of implementing this service is preparation, implementation and evaluation. At the end of the activity a participant response questionnaire was given. Participant response data were analyzed descriptively to obtain a presentation of participant responses for each aspect. Based on the results of this dedication, it can be concluded that (1) the teacher has been able to compile HOTS questions, (2) the teacher is able to use the Wondershare Quiz Creator software, (3) the teacher is able to input questions into the Wondershare Quiz Creator software, (4) the participants' enthusiasm in following training activities, and (5) excellent participant responses through the results of participant response questionnaires (material 1 = 96.6%, material 2 = 96.7%, and Wondershare Quiz Creator software = 95.8%).

Author Biographies

Jesi Jecsen Pongkendek, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus

Jurusan Pendidikan Kimia

Dewi Natalia Marpaung, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus

Jurusan Pendidikan Kimia

References

Agustinasari, Susilawati, E., & Fitriati, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru SMAN 2 Woha Dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan CBT. JMM : Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(2), 273–280.

Ahmad, S., Kenedi, A. K., & Masniladevi, M. (2018). Instrumen HOTS Matematika Bagi Mahasiswa PGSD. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 905–912. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6530

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan Instrumen Pengukur Higher Order Thinking Skills Matematika Siswa SMA Kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058

Brown, G. T. L., & Abdulnabi, H. H. A. (2017). Evaluating the Quality of Higher Education Instructor-Constructed Multiple-Choice Tests: Impact on Student Grades. Frontiers in Education, 2(June), 1–12. https://doi.org/10.3389/feduc.2017.00024

Budiman, A., & Jailani, J. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139–151. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2671

Hults, J. O. (2015). The Effects of a Paperless Classroom on Student Achievement in the Middle School Science Classroom (Issue July).

Iqbal, W. M. G., Fadhilah, R., & Hadiarti, D. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Wondershare Quiz Creator Pada Materi Koloid Kelas XI di SMA Koperasi Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1), 11–19.

Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno, S. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PysTHOTS) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2120

Izzati, N., Antika, R., Susanti, & Siregar, A. N. R. (2020). Pembimbingan Guru Dalam Mengembangkan Soal Kategori HOTS di MGMP Matematika SMP Sekota Tanjung Pinang. JMM : Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(3), 370–381.

Kholil, M., Fu’ad, M. N., & Wardani, S. I. (2019). Optimalisasi Aplikasi Ujian Sekolah Berbasis Komputer Menggunakan Moodle Di SMK Negeri 3 Buduran. SYSTEMIC : Information System and Informatics Journal, 5(1), 13–17. https://doi.org/10.29080/systemic.v5i1.618

Maiziani, F. (2016). Efektivitas Computer Based Testing Sebagai Sarana Tes Hasil Belajar. JURNAL KIPRAH, 4(1), 15–32.

Nofrion, N., & Wijayanto, B. (2018). Learning Activities in Higher Order Thinking Skill (Hots) Oriented Learning Context. Geosfera Indonesia, 3(2), 122–130. https://doi.org/10.19184/geosi.v3i2.8126

Novrianti, N. (2014). Pengembangan Computer Based Testing (CBT) Sebagai Alternatif Teknik Penilaian Hasil Belajar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 34–42. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a3

Nurulshifa, A. M., Linuwih, S., & Parmin. (2014). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Bertingkat Berdasarkan Taksonomi Bloom Untuk Mengetahui Kemampuan Berpikir Siswa Pada Tema Cahaya. Unnes Science Education Journal, 3(1), 403–409.

Pongkendek, J. J., & Marpaung, D. N. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Kimia SMA di Distrik Merauke dalam Implementasi Kurikulum 2013. Quantum : Jurnal Inovasi Pendidkan Sains, 11(1), 27–35.

Riduan, & Sunarto, H. (2014). Pengatar Statistika Untuk Penelitian : Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis. Alfabeta.

Rohman, M. (2012). Kurikulum Berkarakter. Prestasi Pustaka Publisher.

Rosana, D. (2015). Evaluasi Pembelajaran Sains. UNY Press.

Utomo, D. W., & Kustijono, R. (2015). Pengembangan Sistem Ujian Online Soal Pilihan Ganda dengan Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 04(03), 1–6.

Wang, J., & Zheng, G. (2018). Research and Development of Paperless Examination System. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 250(Emim), 430–435.

Zheng, W., & Mao, Z. (2016). The Basis and Thoughts of Paperless Test Introduced by Ideological and Political Lessons. International Conference on Modern Education and Social Science, 739–742.

Published

2021-02-21

Issue

Section

Articles