BIMBINGAN TEKNIS PENULISAN OPINI ILMIAH POPULER BAGI DOSEN UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR

Authors

  • Zulkarnain Hamson Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar http://orcid.org/0000-0001-5124-3203
  • Nani Harlinda Nurdin Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar
  • Andi Azhar Aljurida Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar
  • Nurmillah Nurmillah Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3774

Keywords:

technical guidance, writing, popular science, lecturer

Abstract

Abstrak: Dosen adalah pendidik profesional juga ilmuan, memiliki tugas utama melakukan transformasi pengembangan dan penyebarluasan informasi, ilmu pengetahuan, teknologi seni budaya melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Sebagai bidang profesi, dosen malaksanakan pekerjaan khusus, yang dijalankan dengan prinsip-prinsip sebagai berikut; a) Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme; b) Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia; c) Memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas; d) Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas; e) Memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan. Tujuan kegiatan ini adalah dosen Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar, mampu menyebarluaskan pengetahuan yang diperolehnya melalui penelitian agar bermanfaat bagi masyarakat. Metode yang digunakan diantaranya ceramah, dan pembimbingan teknis penulisan naskah. Hasil yang dicapai meningkatnya pemahaman dosen pada cara menulis, memahami jenis dan karakter media serta terpublikasinya karya ilmiah, dengan tingkat capaian rata-rata di atas 65%.

 

Abstract: Lecturers are professional educators as well as scientists, having the main task of transforming the development and dissemination of information, science, art and culture technology through education, research and Community Service (PKM) activities. As a professional field, lecturers carry out special jobs, which are carried out with the following principles; a) Having talents, interests, vocation, and idealism; b) Having a commitment to improve the quality of education, faith, piety, and noble character; c) Have academic qualifications and educational background in accordance with the field of work; d) Have the necessary competencies in accordance with the field of work; e) Has responsibility for the implementation of professional duties. The purpose of this activity is that lecturers at the University of East Indonesia (UIT) Makassar are able to disseminate the knowledge they get through research to benefit the community. The methods used include lectures, and technical guidance on script writing. The results achieved were increasing the understanding of lecturers on how to write, understanding the types and characters of the media and the publication of scientific papers, with an average level of achievement above 65%.

Author Biography

Zulkarnain Hamson, Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar

Ilmu Komunikasi Fisip

References

Anamofa, J. N. (2019). Pertumbuhan Publikasi Ilmiah Dosen di Maluku Pada Portal SINTA Tahun 2017 dan 2019. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 3(2). https://doi.org/10.36339/jaspt.v3i2.258

Ari Jayanti, N. K. D. (2016). Implementasi Metode SAW Dan AHP Pada Sistem Informasi Penilaian Kinerja Dosen. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 8(2). https://doi.org/10.22303/csrid.8.2.2016.86-98

Budiyarto, A. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Dosen. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1). https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11577

Fatmawati, E. (2017). Penguatan Publikasi Ilmiah Dosen Melalui Kiprah Pustakawan Perguruan Tinggi. LIBRARIA: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi.

Iskandar, I. (2017). Pengaruh Jumlah Kelas Mengajar, Publikasi Ilmiah, Pengabdian dan Penunjang Terhadap Prestasi Laporan Kinerja Dosen (Survey Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau Pekanbaru). Jurnal Daya Saing, 3(3). https://doi.org/10.35446/dayasaing.v3i3.123

Nuraeni, Y., & Henderi, H. (2010). Model Sistem Pendukung Keputusan untuk Monitoring dan Peningkatkan Kinerja Dosen. CCIT Journal, 3(3). https://doi.org/10.33050/ccit.v3i3.706

Pauziah, R. (2017). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Menirukan Pembacaan Pantun Anak Di Kelas Iv Sd Negeri 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1).

Rahyudi, M. Z., Suhada, S., & Widaningsih, I. (2019). Kajian Publikasi Ilmiah Dosen Feb Unpad Dalam Indeks Scopus, Google Scholar Dan Sinta Dikti. Kandaga– Media Publikasi Ilmiah Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.24198/kandaga.v1i1.20878

Retnowati, T. H., Mardapi, D., & Kartowagiran, B. (2018). Kinerja dosen di bidang penelitian dan publikasi ilmiah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.21524

Sandjaya, T., & Muliawan, R. D. (2019). Produktivitas Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah Di Kalangan Dosen Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran. Kandaga– Media Publikasi Ilmiah Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.24198/kandaga.v1i1.20905

Saputri, P. (2014). Sistem Informasi Pelaporan Beban Kerja Dosen Universitas Gadjah Mada. [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2014, 12.

Setiawan, A. D. (2011). Tugas Pokok dan Fungsi Dosen. Ipb, 2016910004.

Sudarsana, I. K. (2017). Makna Filosofis Asessor Penilaian Beban Kinerja Akademik Dosen Pendidikan Agama Hindu Pada Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Pendidikan Agama.

Susanto, R. (2019). Transformasi Nilai-Nilai Budaya Sikap Kerja 5S Dalam Penciptaan Suasana Akademik Perguruan Tinggi Yang Bermutu ( Kajian Literatur untuk Pengembangan Profesionalitas Tenaga Pendidik ). Prosiding SNIPMD 2018, June 2018.

UNS, J. M. (2018). Identifikasi Publikasi Dosen dalam Mewujudkan Internasionalisasi Universitas Negeri Semarang Menggunakan Neural Network. Jurnal Mipa, 41(2).

Wisarja, I. K., & Sudarsana, I. K. (2017). Praksis Pendidikan Menurut Habermas (Rekonstruksi Teori Evolusi Sosial Melalui Proses Belajar Masyarakat). IJER (Indonesian Journal of Educational Research), 2(1), 18. https://doi.org/10.30631/ijer.v2i1.33

Published

2021-02-21

Issue

Section

Articles