PEMBINAAN KOMPETISI SAINS SISWA MELALUI PEMBERDAYAAN KLUB ILMU SOSIAL

Authors

  • I Kadek Adiana Putra STMIK STIKOM Indonesia
  • I Wayan Gede Wardika STMIK STIKOM Indonesia
  • I Putu Surya Adi Putra STIMIK STIKOM Indonesia
  • Ni Wayan Suardiati Putri STIMIK STIKOM Indonesia
  • I Made Dedy Setiawan STMIK STIKOM Indonesia
  • Wayan Sauri Peradhayana STIMIK STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3839

Keywords:

Science competitions, learning outcomes, social sciences

Abstract

Abstrak: KSN untuk jenjang SMP merupakan ajang yang sangat bergengsi untuk merebutkan medali secara nasional pada masing-masing bidang ilmu. Ketatnya persaingan antara masing-masing kontingen terlihat dari sistem seleksi yang dilakukan mulai dari tingkat sekolah sampai tingkat nasional. Pengabdian ini difasilitasi oleh STMIK STIKOM Indonesia, dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan daya saing siswa dalam mengikuti olimpiade sejenis khususnya KSN. Metode pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode pendekatan secara langsung, discovery lerning, problem base learning, contekstual theacing learning, dan praktikum. Hasil pembinaan pada bidang IPS di SMPN 10 Denpasar menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembinaan. Sebelum mengikuti pembinaan hasil belajar siswa dari hasil pre-test didapat nilai rata-rata 65,25 untuk bidang IPS, sedangkan setelah pembinaan nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 71,5, hal ini didapat dari nilai pos-test yang diberikan.

 

Abstract:  KSN for junior high school level is a very prestigious event to win medals nationally in each field of science. The intense competition between each contingent can be seen from the selection system carried out from the school level to the national level. This service is facilitated by STMIK STIKOM Indonesia, with the aim of increasing the knowledge and competitiveness of students in participating in similar Olympics, especially KSN. in this method using the direct approach method, discovery lerning, problem base learning, contextual teaching learning, and practicum. The results of the olympiad coaching in the field of social studies show that there is an increase in student learning outcomes before and after coaching. Before participating in the coaching of student learning outcomes, the pre-test results obtained an average value of 65.25 for the social studies field, while after coaching the student learning outcomes increased to 71.5, this was obtained from the post-test scores given

Author Biographies

I Kadek Adiana Putra, STMIK STIKOM Indonesia

Teknik Informatika

I Wayan Gede Wardika, STMIK STIKOM Indonesia

Teknik Informatika

I Putu Surya Adi Putra, STIMIK STIKOM Indonesia

Teknik Informatika

Ni Wayan Suardiati Putri, STIMIK STIKOM Indonesia

Teknik Informatika

I Made Dedy Setiawan, STMIK STIKOM Indonesia

Teknik Informatika

Wayan Sauri Peradhayana, STIMIK STIKOM Indonesia

Teknik Informatika

References

Agetania, N. L. P., Marlinda, N. L. P. M., Setiawan, I. M. D., Fortuna, I. K. A. D., Febriani, E., Thalib, Permana, I. P. H., Suryana, I. P. G., Widiyaningsih, N., & Maswari, K. L. (2020). Pelatihan Penyusunan Laporan Tindakan Kelas untuk Guru SD Negeri 5 Padangsambian. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkelanjutan, 4(1), 378–385.

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burham, E., & Agustin, H. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 119–129.

I Made Putrayasa, H. Syahruddin, I. G. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3087

Inaku, S., & Nur Iman, M. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Akhlaq. Irfani, 16(1), 69–81. https://doi.org/10.30603/ir.v16i1.1402

Jana, P. (2017). Pembinaan Olimpiade Matematika Kelas VA CI SD Negeri Ungaran I Yogyakarta. J-Dinamika, 2(2), 125–128. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i2.527

Khumaedi, Muhammad; Sunyoto; Nugroho, A. (2017). Eksperimen Tiga Perlakuan Bagi Guru Guru SMK Di Kota Semarang. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi Dan Pembelajaran, 14(2), 135–144.

Marheni, N. L., Sujana, I. W., & Putra, D. B. K. N. S. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS kelas V SD no. 8 Padangsambian Denpasar. Mimbar Pgsd Ejournal Undiksha, 1(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1438

Nasution, D. A. D. (2019). Pelatihan Implementasi SAP Berbasis Akrual Pada SDM Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara). Loyalitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 41–50.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Deepublish.

Putera, L. J., Khairussibyan, M., & Sugianto, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Penggunaan Bahasa Indonesia Baku Bagi Siswa Madrasah Aliyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 4857. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.934

Putra, I. P. S. A., & Wardika, I. W. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Asesmen Kinerja Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kecerdasan. Jurnal Pendidikan Media Edukasi, 3(2), 97–105.

Putri, N. W. S., Suryati, N. K., Sepdyana, K., & Krisna, E. D. (2020). Peningkatan Softskil ICT Guru melalui Pelatihan Penggunaan MicrosoftOffice dan Sosial Media. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 507–517.

Sinaga, M., & Silaban, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Kontekstual untuk Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i1.8051

Sulfeni, W. B., & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Edutecno, 18(2), 1–19.

Wardika, I. W. G., & Putra, I. P. S. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berbantuan GeoGebra Terhadap Hasil Belajar Program Linear ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa. Journal of Songke Math, 2(1), 23–34.

Published

2021-02-21

Issue

Section

Articles