MENINGKATKAN PENGUASAAN TPACK GURU DI PAPUA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3862

Keywords:

tutorial video, technological, pedagogical, content knowledge

Abstract

Abstrak: Pelatihan ini bertujuan untuk menambah keterampilan para guru terkait penguasaan Technological, Pedagogical, dan Content Knowledge (TPACK) melalui pembuatan video pembelajaran. Mitra yang terlibat pada pelatihan ini adalah Guru SD, SMP, dan SMA di Kota dan Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. Metode yang digunakan dalam melaksanakan pelatihan yaitu kombinasi antara metode penyuluhan, diskusi, dan workshop yang dilakukan secara daring. Hasil dari pelatihan ini adalah para guru mampu menghasilkan video pembelajaran yang mengintegrasikan Technological, Pedagogical, dan Content Knowledge (TPACK). Persentase peningkatan penguasaan TPACK para guru yang mengikuti pelatihan sebesar 84%.

 

Abstract:  This training aims to increase the skills of teachers related to mastery of Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK) through the production of instructional videos. Partners involved in this training are elementary, junior high and high school teachers in Jayapura City and Regency, Papua Province. The method used in conducting the training is a combination of extension methods, discussions, and workshops which are conducted online. The result of this training is that teachers are able to produce instructional videos that integrate Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK). The percentage of improvement in TPACK skills of teachers who attended the training was 84%.

References

Apriani, Y., Mafra, R., & Oktaviani, W. (2020). No Title. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 4(6). https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2710

Arsyad. (2017). Media Pembelajaran Edisi Revisi. PT Raja Grafindo Persada.

Bayu, W., Zulkifli, D., & Syaputra, A. (2018). Revolusi Industri 4.0. Ristekdikti. https://www.ristekbrin.go.id/wp-content/uploads/2018/05/Layout-Majalah-Ristekdikti-I-2018-Update-Page-20180426

Ekawati, R., Manuharawati, Palupi, E., & Fardah, D. (2016). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Melalui Video-Based Study. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 130–134. https://journal.unesa.ac.id/index.php/abdi/article/view/102

Fabio, C. (2018). Kualitas Guru di Papua Masih Rendah. Kompas. https://kompas.id/baca/nusantara/2018/03/13/kualitas-guru-di-papua-masih-rendah/

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Dalam Pendidikan: Potensi, Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi, dan Pengembangan Profesional. Pendidikan Teknologi Kejuruan, 21(3), 269–284.

Hadi, D. (2020). Enam Aplikasi Animasi Gratis Untuk Para Animator. Technologi, Innovation, Lifestyle. https://www.tek.id/tek/6-aplikasi-animasi-gratis-untuk-para-animator-b1ZVy9jjf

Imawan, O. R., & Ismail, R. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran 4.0 Melalui Pelatihan Aplikasi Geogebra. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 4(6), 1231–1239. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3102/0

Iriawan, S. B. (2019). Aplikasi Pembelajaran Tematik Berbasis TIK. In Pembelajaran di SD Berbasis TIK. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Iriawan, S. B. (2020). Pembelajaran AMora Berbasis Sistem Among Ki Hadjar Dewantara Di Sekolah Dasar Pada Era Revolusi Industri Industri 4.0. Jurnal Edupena, 1(1). http://ejournal.edupena.id/index.php/juredupena/article/view/13

Ismail, R. (2018). Perbandingan Keefektifan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Pythagoras, 13(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/23595

Ismail, R., & Safitri, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Analisa Dan Interpretasi Data Mahasiswa Melalui Pelatihan Program SPSS. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 3(2), 148–155. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/1196

Mertha, I. G., Rahayu, S., & Lestari, N. (2019). Workshop Teknik Pembuatan Video Pembelajaran Pada Guru-Guru SMP N 1 Gunungsari Lombok Barat. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/990

Sriasih, S. (2017). Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Tren Pendidikan Masa Kini dan Masa Datang. Explore, 7(1).

Sundayana, H. R. (2016). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta.

Surani, D. (2019). Studi Literatur: Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 456–469. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5797

Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Infomasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/101343

Wahyuningsih, D., Yanuarti, E., Kirana, C., & Kiswanto. (2020). Pelatihan Video Media Pembelajaran Selama Covid-19 Untuk Guru SMK Negeri 2 Pangkalpinang. Jurnal Pengabduan Kepada Masyarakat Berbasis Teknologi (ABDIMASTEK), 1(2). http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/abdimastek/article/view/995

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.

Yahya, M. (2018). Pengukuhan Guru Besar. Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan. Fakultas Teknik UNM.

Yunanto, D., Herlina, S., Surya, B., & Pravita, A. (2018). Tingkatkan Akses dan Kualitas Pendidikan Melalui Digital Learning. Ristekdikti, 8(1). https://www.ristekbrin.go.id/tingkatkan-akses-dan-kualitas-pendidikan-melalui-digital-learning/

Zayyadi, M., Supardi, L., & Misriyana, S. (2017). Pemanfaatan Teknologi Komputer Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(2).

Published

2021-02-21

Issue

Section

Articles