PELATIHAN BAHASA INDONESIA UNTUK PENUTUR ASING (BIPA) MELALUI PLATFORM DARING
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4020Keywords:
BIPA course, Online learning, Foreign learners.Abstract
Abstrak: Tujuan dari pelaksanaan pelatihan BIPA daring ini adalah untuk memfasilitasi para penutur asing Bahasa Indonesia untuk mempelajari Bahasa Indonesia di tingkat pemula (A1). Kegiatan ini dilakukan secara daring dikarenakan adanya pembatasan mobilitas masyarakat selama pandemi. Kegiatan ini diikuti oleh 5 peserta yang berasal dari 4 negara, yakni Thailand, Singapura, Madagaskar, dan Hong Kong. Peserta tersebut mengikuti setiap sesi pelatihan yang berjumlah 8 pertemuan. Pelaksanaan kegiatan ini sendiri dilakukan dengan menggunakan platform WhatsApp dan Google Meet dengan durasi 90 menit per sesi secara sinkronis. Setiap peserta juga dibekali dengan modul pembelajaran yang digunakan selama pelatihan berlangsung. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa Indonesia bagi para peserta rata-rata sebesar 25 % selama mengikuti kegiatan ini.Â
Â
Abstract:Â The purpose of this online BIPA training is to facilitate foreign language learners of Bahasa Indonesia in developing their language competencies at the beginner level (A1). This program was conducted through online platforms due to restrictions on community mobility during the pandemic. This activity was attended by 5 participants from 4 different countries, namely Thailand, Singapore, Madagascar, and Hong Kong. The participants attended each training session which amounted to 8 meetings. The implementation of this activity itself is carried out using the WhatsApp and Google Meet platforms with a duration of 90 minutes per session synchronously. Each participant is also provided with a learning module that is used during the training. The results of the implementation of this activity indicate an increase in Indonesian language skills for the participants.
References
BIPA, T. (2012). Profil BIPA Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. KEMENDIKBUD.
Budiawan, R. Y. S., & Rukayati. (2018). Kesalahan Bahasa Dalam Praktik Berbicara Pemelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa) Di Universitas Pgri Semarang Tahun 2018. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2428
Firdiansyah, A., Andayani, & Supriyadi, S. (2018). Penerapan Visi-Misi Program BIPA sebagai Wujud Internasionalisasi Bahasa Indonesia : Studi Kasus di UPT Pelayanan dan Pengembangan Bahasa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 111–115.
Hadianto, D. (2015). Penerapan Metode Community Language Learning (CLL) dalam Pembelajaran Berbicara pada Pembelajar BIPA Kelas Menengah. Universitas Pendidikan Indonesia.
Hasan, R. A. (2019, September). 10 Bahasa dengan Penutur Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan Berapa? Liputan6.
Hertiki. (2017). Pengajaran dan Pembelajaran BIPA di Perguruan Tinggi Polandia. 6(2), 2–6.
Hertiki. (2020). Kesalahan Berbahasa Dalam Keterampilan Menulis Pemelajar Bipa Di Universitas Maejo, Chiang Mai, Thailand. Multilingual, 19(1), 1–17. https://doi.org/10.26499/multilingual.v19i1.133
Jannah, R., & Yanti, P. G. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Menggunakan Metode Darmawisata. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5096
Kurniawan, Puspitasari, D. A., Batubara, D. H., Hernina, & Larasati. (2019). Pelaksanaan Program BIPA dan Hasil Pembelajarannya. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 1(1), 11. https://doi.org/10.26499/jbipa.v1i1.1692
Ningrum, R. K., Waluyo, H. J., & Winarni, R. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia. The 1st Education and Language International Conference Proceedings, 726–732.
Ningsih, S. A., Rasyid, Y., & Muliastuti, L. (2018). Analisis Kebutuhan Materi Ajar Membaca BIPA A1 dengan Pendekatan Deduktif di SD D’Royal Moroco. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(2), 85. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.5974
Prameswari, J. Y. (2017). Peran Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 Terhadap Pendidikan Bahasa Indonesia. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 103–108.
Rohimah, D. F. (2018). Internasionalisasi Bahasa Indonesia Dan Internalisasi Budaya Indonesia Melalui Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). An-Nas: Jurnal Humaniora, 2(2), 199–212. https://doi.org/10.36840/an-nas.v2i2.104
Saifudin, A. (2019). Teori Tindak Tutur dalam Studi Linguistik Pragmatik. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 15(1), 1–16. https://doi.org/10.33633/lite.v15i1.2382
Sulaeman, A., & Dwihudhana, W. (2019). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) pada Mahasiswa Semester 7 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 2(1), 59–70. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i1.327
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).