PENINGKATAN KEMAMPUAN WIRAUSAHA DAN PENDAMPINGAN USAHA PKK DI PERENGDAWE YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.4031Keywords:
motivation, marketing, social mediaAbstract
Abstrak: Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang dihadapi oleh para pemilik usaha yang tergabung dalam kelompok PKK RT 15 Pereng dawe, Balecatur, Sleman. Permasalahan yang dihadapi khalayak sasaran adalah pada aspek motivasi dan aspek pemasaran. Khalayak sasaran belum memiliki kemauan yang kaut untuk mengembangkan usahanya. Selain itu optimalisasi dalam pemasaran produk juga masih sangat perlu untuk ditingkatkan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk menumbuhkan kembali motivasi untuk mengembangkan usaha serta dapat meningkatkan penjualan produk melalui optimalisasi kegiatan pemasaran pada masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan metode praktik langsung, pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan pengabdian ini yaitu: (1) pemilik usaha yang tergabung dalam PKK RT. 15, Perengdawe termotivasi untuk mengembangkan usahanya (2) pemilik usaha yang tergabung dalam PKK RT. 15, Perengdawe telah menyelesaikan uji produk yang mereka miliki (3) Pemilik usaha telah didampingi pembuatan media sosial untuk memasarkan produknya. Masing-masing khalayak sasaran telah mengikuti program pengabdian masyarakat sesuai dengan kebutuhan usaha masing-masing. Â
Abstract: This service activity is motivated by the problems faced by business owners who are members of the PKK RT 15 Pereng Dawe group, Balecatur, Sleman. The problems faced by the target audience are in the aspects of motivation and marketing aspects. The target audience does not yet have the strong will to develop their business. In addition, optimization in product marketing also needs to be improved. The purpose of this service activity is to regenerate motivation to develop a business and increase product sales through optimization of marketing activities during the Covid-19 pandemic. The method used in this activity is direct practice, training and mentoring methods. The results of these service activities are: (1) the target audience is motivated to develop their business (2) The target audience has completed testing of their products (3) The business owner has been accompanied by the creation of social media to market their products. Each target audience has participated in community service programs in accordance with their respective business needsReferences
Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., & Syifana, A. F. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17-31.
Aidha, Z. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jurnal Jumantik, Volume 1, No.1.
Akmalia, A. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Usaha Startup "Iqbal Material" di Balecatur, Yogyakarta. Jurnal BERDIKARI, 207-216.
Baktiono, A., & Artaya, P. (2016). Memilih Media Sosial Sebagai Sarana Bisnis Online Melalui Pendekatan Uji Categorical. e-Journal Manajemen Kinerja. Vol. 2. No. 2.
Gemina, D., Silaningsih, E., & Yuningsih, E. (2016). Pengaruh Motivasi Usaha terhadap Keberhasilan Usaha dengan Kemampuan Usaha sebagai Variabel Mediasi pada Industri Kecil Menengah Makanan Ringan Priangan Timur-Indonesia. Jurnal Manajemen Teknologi, 297-323.
Gobiz. (2019, November 2). Pusat Pengetahuan. Diambil kembali dari https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/pengusaha-sukses/
Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriyandi. (2018). Efektivitas Promosi melalui Instagram pada UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Kota Pekan. Jurnal Benefita, 239-247.
Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid Satu. Jakarta: Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Manajemen Pemasaran. New Jersey: Indeks.
Mukhsin. (2019). Manfaat Penerapan Marketing Online (Menggunakan E-Commerce dan Media Sosial) bagi Usa Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Teknokom, 1-10.
Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah . Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59-64.
Prasetyo, A., & Huda, M. (2019). Analisis Peranan Usaha Kecil dan Menengah terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Kebmen. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 26-35.
Radyanto, M. R., & Prihastono, E. (2020). Pengembangan Sistem Pendampingan Usaha Berkelanjutan Bagi UMKM Berbasis Sistem Manajemen Kinerja. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 17-24.
Silaningsih, E., & Utami, P. (2018). Pengaruh Marketing Mix terhadap Minat Beli Konsumen pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora, 144-158.
Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Tales, Kabupaten Kediri. Generation Journal, 41-48.
Swastha, B. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Liberty.
Wardiah, N. (2003). Pengembangan Produk Baru dan Model-Model Evaluasi Produk Baru. Jurnal Manajemen Maranatha, Volume 2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).