RESEARCH BOOTCAMP: PENINGKATAN KUALITAS DASAR RISET
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.4867Keywords:
Mendeley, Paraphrasing, Research Training, Research Bootcamp, Scientific Article Search Techniques.Abstract
Abstrak: Research Bootcamp merupakan tema kegiatan dalam rangka pelatihan dasar ketrampilan riset dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas artikel riset. Pengabdian ini dilatarbelakangi karena kurang meratanya pemahaman dan ketrampilan dosen-dosen atau pihak yang terkait dalam aplikasi yang berguna bagi penelitian yang dilakukan mahasiswa, tingkat plagiasi pada karya akhir mahasiswa masih cukup tinggi, dan masih kurangnya literasi mahasiswa dalam menemukan topik serta jurnal nasional dan internasional. Sehingga solusi yang dilakukan yaitu dilakukan Pelatihan mengenai penulisan artikel ilmiah melalui pemanfaatan Mendeley, Grammarly, dan Optimalisasi Ms. Word, Pelatihan dan pendampingan mengenai Teknik paraphrase dan pemanfaatan tools scan plagiasi, Pelatihan dan pendampingan berupa Teknik pencarian artikel ilmiah nasional dan internasional terindeks. Kegiatan ini dilakukan selama 1 hari penuh. Adanya pendampingan ini diharapkan dapat menuntun peserta untuk menghasilkan artikel ilmiah yang berkualitas. Sebanyak 101 berpartisipasi yang terdiri dosen dan mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia. Setelah mengikuti pelatihan ini, 83,2% telah paham dalam menggunakan tools dalam artikel ilmiah dimana sebelumnya hanya memiliki presentase 19,8% yang sudah paham. Hal ini menunjukan bahwa dalam melakukan pelatihan yang intensif, akademisi dapat memahami cara pembuatan jurnal melalui tools-tools Mendeley, Grammarly, melakukan paraphrase dan pemanfaatan Microsoft word.
Abstract: Research Bootcamp is the theme of activities in the framework of basic training in research skills to improve the quality of research articles. This dedication is motivated by the lack of equal understanding and skills of lecturers or related parties in applications that are useful for research carried out by students, the level of plagiarism in student final works is still quite high, and there is still a lack of student literacy in finding topics and national and international journals. So, the solution is to conduct training on scientific article writing through the use of Mendeley, Grammarly, and Optimization of Ms. Word, training and assistance on paraphrasing techniques and the use of plagiarism scan tools, training, and assistance in the form of indexed national and international scientific article search techniques. This activity is carried out for 1 full day. This assistance is expected to guide participants to produce quality scientific articles. A total of 101 participants consisting of lecturers and students from various campuses in Indonesia. after participating in this activity, there is an increase in quality, improvement in the quality of scientific articles, mastery of reference tool managers, and producing scientific articles for the needs and contributions of each individual's science.
References
Agustiana, I. G. A. T., Tika, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pelatihan Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka dengan Sekali Klik Berbantuan Mendeley Bagi Para Dosen PTS dalam Menyusun Artikel dan Laporan Penelitian Se-Kabupaten Buleleng. International Journal of Community Service Learning, 2(2). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i2.15540
Ali Sadikin, Asni Johari, Jodion Siburian, Ervan Johan Wicaksana, & Desfaur Natalia. (2021). Pelatihan Mendeley untuk Menunjang Karya Ilmiah Guru-Guru SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Jurnal SOLMA, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1.5441
Anwar, R. N., Sabrina, S., & Cahyani, A. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Software Mendeley Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. An-Nas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6.
Aransyah, F., Bharata, W., Aulia, P. N., Maulidia, A., & R, D. I. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Pembuatan Daftar Pustaka. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 88–97. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/plakat/article/view/5848
Fitriana, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Pelajar melalui Pelatihan Grooming dalam Tourism Goes to School. Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(2), 172–280. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/1946
Latiar, H., Rismayeti, & Amelia, V. (2021). Bimtek Mendeley Untuk Pustakawan, Dan Mahasiswa. BIDIK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 41–48. https://doi.org/10.31849/bidik.v1i2.5424
Michael, T. (2019). Peningkatan Soft Skill Proposal Penelitian Bagi Mahasiswa Nusa Tenggara Timur. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(1), 34. https://doi.org/10.31764/jmm.v2i1.1336
Musyaffi, A. M., & Kayati, K. (2020). Dampak Kemudahan dan Risiko Sistem Pembayaran QR Code: Technology Acceptance Model (TAM) Extension. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 161. https://doi.org/10.33603/jibm.v3i2.2635
Musyaffi, A. M., Muna, A., & Fariani, N. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kegunaan Terhadap Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Akademik Terpadu. JRAK, 7(2), 71–82.
Ngibad, K. (2020). Pelatihan Mendeley Secara Online Bagi Mahasiswa Fikes Umaha Di Masa Pandemi Covid-19. Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara, 2(1), 110–116.
Nugraha, J., MS, Z., & Fuad, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Saintifik Dengan Metode Problem Based Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.37
Putra, I. G. J. E., & Pemayun, A. A. G. A. W. (2019). Renstra Sistem Informasi Pengukuran Kinerja Dosen Dengan It Balanced Scorecard. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 5(1). https://doi.org/10.36002/jutik.v5i1.632
Rahmawati, C., Meliyana, M., Yuliana, Y., & Zain, H. (2018). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 8(1), 30. https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i1.200
Setiawan, D., Hamzah, H., & Arlenny, A. (2019). Pelatihan Ms.Word & Mendeley Untuk Penulisan Karya Ilmiah Dosen Fakultas Teknik UNILAK. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2215
Suchaina, S., Kartika, D., Ayunin, K., & Fitriyah, F. (2019). Pendampingan ekstrakurikuler menjahit untuk meningkatkan soft skill dan kesiapan berwirausaha siswa Madrasah Aliyah (MA) Sunan Ampel Keraton Pasuruan. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 115–124. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1722
Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., & Parlina, I. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145. https://doi.org/10.30651/aks.v2i2.1319
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).