PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA INSPIRE PADA GURU-GURU SMP
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.4879Keywords:
Interactive Teaching Materials, Lectora Inspire, Junior High School TeacherAbstract
Abstrak: Permasalahan mitra dalam pengabdian ini yaitu guru-guru SMP di daerah Losari belum memiliki kreativitas dan inovasi dalam membuat bahan ajar interaktif pada masa pandemi Covid-19 guru belum siap menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Tujuan pengabdian yaitu untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan bahan ajar interaktif untuk guru-guru SMP dengan menggunakan aplikasi Lectora Inspire. Metode pelaksanaan yang berupa pelatihan pendampingan pembuatan bahan ajar interaktif. Mitra pada pengabdian ini yaitu guru-guru SMP di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes dengan jumlah peserta 15. Hasil dari pengabdian terjadi signifikan, hal tersebut menunjukan bahwa pemahaman awal guru-guru SMP yaitu 18,09% setelah diberikan pretest. Kemudian pemahaman akhir guru-guru SMP dalam memahami aplikasi Lectora Inspire yaitu sejumlah 85,71% setelah diberikan posttest. Maka dapat disimpulkan bahwa ada kenaikan 67,52% dalam pemahaman Lectora Inspire setelah diberikan pelatihan dan pendampingan.
Abstract: The problem of partners in this service is that junior high school teachers in the losari area do not yet have creativity and innovation in making interactive teaching materials during the Covid-19 pandemic teachers are not ready to use technology in learning. The purpose of the service is to provide training and mentoring in the manufacture of interactive teaching materials for junior high school teachers using the Lectora Inspire application. Implementation methods in the form of training in the manufacture of interactive teaching materials. Partners in this service are junior high school teachers in Losari District of Brebes Regency with a total of 15 participants.The results of the devotion occurred significantly, it shows that the initial understanding of junior high school teachers is 18.09% after being given pretest. Then the final understanding of junior high school teachers in understanding the application of Lectora Inspire is 85.71% after being given posttest. It can then be concluded that there was a 67.52% increase in the understanding of Lectora Inspire after being given training and mentoring.
Â
References
Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 81–88.
Kurnia, T., & Prawira, Y. A. (2020). Pemenuhan Aspek Afektif Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Komitmen Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidkan Dasar Indonesia, 5(2), 40–41.
Kurniawan, A., Ashari, A., Maftukhin, A., & Maftukhin, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan software lectora Inspire untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Radiasi, 10(1), 35–40.
Kurniawan, P. Y. (2019). Keefektifan Penggunaan Bahan Ajar Interaktif Yang Berbasis Kearifan Lokal Brebes Dalam Mata Kulia Semantik. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 170–176.
Kurniawan, P. Y., & Saputri, N. Y. (2018). Development of Interactive Teaching Material of Semantic Course Based on Local Wisdom of Brebes. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(3), 229–235.
Latifah, S., Yuberti, Y., & Agestiana, V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 9–16.
Mahmudah, A., & Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Smk Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 97–111.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2019).
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 30–38.
Putri, N. W. suardiati, Suryati, N. K., Kartini, K. S., & Krisna, E. D. (2020). Peningkatan Softskill ICT Guru Melalui Pelatihan Penggunaan Microsoft Office dan Sosial Media. JMM (Jurnal …, 4(4), 6–9.
Rahmayuni, E., Murtiani, M., Putra, A., & Darvina, Y. (2019). Efektifitas Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Nilai Karakter dalam Pendekatan Saintifik Pada Materi Gelombang dan Optik Terhadap Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Pillar of Physics Education, 12(3), 385–392.
Saleh, S., Darwis, M., & Arhas, H. (2021). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Elektronik dan Non-Elektronik. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 73–80.
Shalikhah, N. D., Primadewi, A., & Iman, M. S. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842
Tinus, S. S. S., Benufinit, Y. A., & Manu, G. A. (2021). Penggunaan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pemblajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD GMIT Kuannino 3). Jurnal Mahasiswa Pendidikan Informatika, 3(1).
Wulandari, B., Hasanah, N., Dewanto, S. A., & Mahali, M. I. (2017). Pembuatan Media Pembelajaran dengan Lectora Inspire. Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).