PENGGUNAAN MARKETPLACE UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Voettie Wisataone Pendidikan Administrasi, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Suranto AW Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Ulfah Hidayati Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.4889

Keywords:

Marketplace, Digital Marketing, COVID-19 Pandemic

Abstract

Abstrak: Pandemi Covid-19 berdampak pada penjualan konvensional yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Masyarakat (Bummas) Tirta Mandiri, Jogotirto, Berbah, Sleman. Agar dapat tetap mendapatkan keuntungan, anggota Bummas perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan informasi dengan mulai melakukan pemasaran digital. Salah satu bentuk pemasaran digital yang aman dan direkomendasikan adalah marketplace. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian pemasaran digital dengan menggunakan marketplace pada anggota Bummas. Adapun jumlah anggota Bummas yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 25 orang. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini yaitu, pelatihan dan pendampingan. Kegiatan tersebut mulai dari membuat konten promosi, membuat akun, hingga memasarkan melalui marketplace. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah 100% peserta menyatakan bahwa kemampuan hardskill dan softskill peserta meningkat. 100% peserta juga berhasil membuat akun marketplace dan memposting produk pertamanya. Berdasarkan evaluasi kegiatan, diperoleh masukan agar kegiatan pengabdian seperti ini dilaksanakan secara berkelanjutan dengan mengangkat tema lain yang relevan dengan kebutuhan khalayak.

Abstract: The Covid-19 pandemic has impacted conventional sales carried out by Community-Owned Enterprises (Bummas) Tirta Mandiri, Jogotirto, Berbah, Sleman. To remain profitable, Bummas members need to adapt to developments in technology and information by starting to do digital marketing. One form of digital marketing that is safe and recommended in the marketplace. This community service activity aims to improve digital marketing skills by using the marketplace for Bummas members. The number of Bummas members who participated in this activity amounted to 25 people. The method of implementing this service activity is, training and mentoring. These activities range from creating promotional content, creating accounts, to marketing through the marketplace. The results achieved from this service activity are 100% of the participants stating that the participants' hard skills and soft skills have increased. 100% of participants also managed to create a marketplace account and post their first product. Based on the evaluation of activities, input was obtained so that service activities like this were carried out sustainably by raising other themes that were relevant to the needs of the audience.

 

References

Aripudin, O. (2020). Pendamping UMKM dalam Meningkatkan Hasil Produksi dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Artaya, Putu, T. P. (2019). Efektifitas Marketplace dalam Meningkatkan Konsentrasi. Universitas Narotoma Surabaya, April. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10157.95206

Deni Apriadia, A. Y. S. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal Resti (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(2), 131–136. https://doi.org/10.3969/j.issn.2095-4344.2016.12.002

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487

Igir, F. G., Tampi, J. R. E., & Taroreh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 86–96.

Imam, R., & Nugraha, A. R. (2018). Perancangan Sistem Informasi E-Marketplace Original Clothing Indonesia Berbasis Web. Jurnal Manajemen Dan Teknik Informatika, 1(1), 51–60. http://jurnal.stmik-dci.ac.id/index.php/jumantaka/article/view/266

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963

Moch Fatchul Munir, Siti Saroh, D. K. (2019). Pengaruh Foto dan Ulasan Produk terhadap Minatbeli Konsumen. JIAGABI, 8, 177–183. http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:t6RcVI3rE4oJ:riset.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/download/3519/3929+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id

Morissan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana Prenadamedia Group.

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313

Nursatyo, N., & Rosliani, D. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk.Com. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 46. https://doi.org/10.33021/exp.v1i2.430

Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.

Silpa Hanoatubun. (2020). Dampak Covid – 19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Journal of Education, Phychology and Counseling, 2(1), 146–153.

Sucipto, L., & Syaharuddin, S. (2018). Konstruksi Forecasting System Multi-Model untuk pemodelan matematika pada peramalan Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Nusa Tenggara Barat. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 4(2), 114. https://doi.org/10.26594/register.v4i2.1263

Sutikno, Adhy, S., & Endah, S. N. (2016). Penerapan E-Commerce untuk Meningkatkan dan Memperluas Pemasaran di UMKM (Studi Kasus di UMKM Pengrajin Tahu Putih dan Telur Asin di Kabupaten Klaten). Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 23(40), 1–15.

Syaharuddin, S., & Ibrahim, M. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Desa Sebagai Teknologi Tepat Guna Untuk Pendataan Penduduk Dan Potensi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 60. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.14

Untari, R., & Sanjaya, R. (2020). Penggunaan e-Marketplace untuk Pengrajin Tenun Sumba. Jurnal Ecodemica, 4(1), 1–16.

Wahyuni, N., Irman, A. S. M., & Gunawan, A. (2018). Pengenalan dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce. Jurnal Pengabdian Dinamika, 5(1).

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis di Era Teknologi Informasi. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 6(2), 43–48. https://doi.org/10.34010/komputa.v6i2.2476

Published

2021-12-04

Issue

Section

Articles