PELATIHAN PERANGKAT DESA DALAM PENGGUNAAN SISTEM PENGADUAN ONLINE BERBASIS WEB (EC-RESOLVER) UNTUK MENUJU DESA DIGITAL

Authors

  • Gede Surya Mahendra STMIK STIKOM Indonesia
  • Putu Gede Surya Cipta Nugraha STMIK STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.4993

Keywords:

Complaint, Community, Village, Website, Training.

Abstract

Abstrak: Menyambut implementasi dari Industri 4.0 di Indonesia, melalui praktik e-government, berbagai sektor telah mengembangkan beragam inovasi untuk pelayanan publik, salah satunya pada sektor pelayanan pengaduan. Untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat, penggunaan e-complaint harus digunakan dengan lebih baik, disosialisasikan lebih luas, diajarkan penggunaannya baik oleh perangkat desa sebagai pengelola sistem dan juga masyarakat sebagai pengguna untuk dapat menyampaikan informasi yang terjadi dengan lebih cepat dan selalu dapat digunakan 24 jam. Tujuan yang ingin dicapai adalah Desa Kukuh dapat memiliki sarana e-complaint dengan penggunaan yang luas, dapat digunakan secara efektif dan efesien, dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dengan mengusung e-government dengan baik. Metode pelaksanaan pengabdian ini berupa pemberian pelatihan penggunaan EC-Resolver. Hasil kegiatan pelatihan dan pengembangan EC-Resolver pada Desa Kukuh adalah implementasi EC-Resolver serta pengelolaan komplain dapat ditingkatkan yang semula manual menjadi digital dengan pendokumentasian komplain lebih baik dan efesien. Pelaksanaan pelatihan mencapai 79,6% dalam kategori baik. Dari pelatihan ini didapatkan peningkatan kemampuan mitra dalam penggunaan teknologi untuk pengelolaan e-complaint.

Abstract: Welcoming the implementation of Industry 4.0 in Indonesia, through e-government practices, various sectors have developed various innovations for public services, one of which is the complaint service sector. To increase the convenience of the community, the use of e-complaint must be better used, more widely disseminated, taught its use both by village officials as system managers and also by the community as users to be able to convey information that occurs more quickly and always be used 24 hours. The goal to be achieved is that Kukuh Village can have e-complaint facilities with wide use, can be used effectively and efficiently, and can improve service quality by properly promoting e-government. The method of implementing this service is in the form of providing training in the use of the EC-Resolver. The result of the training and development of the EC-Resolver in Kukuh Village is that the implementation of the EC-Resolver and complaint management can be improved from being manual to digital by documenting complaints better and more efficiently. The implementation of training reached 79.6% in the good category. From this training, it was found that the partners' ability to use technology for e-complaint management was increased.

References

Adnan, M., Rokhmawati, R. I., & Pradana, F. (2017). Pengembangan Sistem Informasi E-Complaint ( Studi Kasus GraPARI Telkomsel Malang ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(12), 1589–1598.

Anurogo, D., Suarni, A., Sompa, A. W., & Rahim, A. R. (2020). Desa Siaga Covid-19 Menuju Indonesia 5.0. Jurnal Abmas Negeri, 1(1), 37–41. https://doi.org/10.36590/jagri.v1i1.97

Ariasih, N. K., & Artha, I. M. G. S. (2017). Rancang Bangun STIKI Class Facilities E-Complaint. Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 8(2), 101–101. https://doi.org/10.24843/lkjiti.2017.v08.i02.p04

Arsana, I. N. A., Cs, M., Waas, D. V., Si, S., Cs, M., & Meinarni, N. P. S. (2021). Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi Bagi Perangkat Desa Kukuh. Jurnal WIDYA LAKSMI, 1(1), 6.

Azis, M. A., Az-Zahra, H. M., & Fanani, L. (n.d.). Evaluasi dan Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Layanan Pengaduan Masyarakat Online Menggunakan Human-Centered Design. 9.

Dai, R. H., Hadjaratie, L., & Bouti, N. F. (2017). Rancang Bangun Aplikasi E-Raport Pengaduan Masyarakat. Elinvo : Electronics, Informatics, and Vocational Education, 2(1), 64–73.

Desa Kukuh. (2020). Monografi Desa Kukuh [News]. Monografi Desa Kukuh. http://kukuh.desa.id/monografi-desa-kukuh/

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487

Eprilianto, D. F., & Pradana, G. W. (2019). Digital Inovasi Sektor Publik: Efektivitas Kolaborasi dalam Implementasi Inovasi Desa Digital. 10, 19.

Hasya, S., & Wikusna, W. (2020). Aplikasi Berbasis Web Desa Digital Bandung Juara pada Modul Pengaduan Warga. e-Proceeding of Applied Science, 1, 7.

Indra Iswara, I. B. A., & Saputra, I. G. A. (2018). Analisis dan Implementasi INCOSYS Sebagai Alternatif System Pengaduan Online. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(3), 316. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12479

Prasetya, D. R., Domai, T., & Mindarti, L. I. (2013). Analisis Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dalam Rangka Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 2(1), 8.

Salim, N. A., & Putri, R. C. (2020). Prototype Sistem Informasi Pelayanan Akademik Terhadap Keluhan Mahasiswa Berbasis Web. Edu Elektrika Journal, 9(2), 6.

Sempurna, S. J. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Keluhan Mahasiswa Berbasis Android. Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya, 1, 5.

Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.

Sucipto, L., & Syaharuddin, S. (2018). Konstruksi Forecasting System Multi-Model untuk pemodelan matematika pada peramalan Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Nusa Tenggara Barat. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 4(2), 114. https://doi.org/10.26594/register.v4i2.1263

Syaharuddin, S., & Ibrahim, M. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Desa Sebagai Teknologi Tepat Guna Untuk Pendataan Penduduk Dan Potensi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 60. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.14

Yudisetiro, D. P., Rosely, E., & Wijayanto, P. W. (2020). Aplikasi Pelayanan Keluhan Air Bagi Pelanggan Berbasis Web dan SMS Gateway Pada PT Aetra Jakarta. e-Proceeding of Applied Science, 6, 5.

Zaman, S. N., Merlina, N., & Nurajijah, N. (2021). Sistem Informasi Keluhan Pelanggan Berbasis Website. EVOLUSI : Jurnal Sains dan Manajemen, 9(1). https://doi.org/10.31294/evolusi.v9i1.9636

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles