PELATIHAN PERANGKAT DESA DALAM PENGGUNAAN SISTEM PENGADUAN ONLINE BERBASIS WEB (EC-RESOLVER) UNTUK MENUJU DESA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.4993Keywords:
Complaint, Community, Village, Website, Training.Abstract
Abstrak: Menyambut implementasi dari Industri 4.0 di Indonesia, melalui praktik e-government, berbagai sektor telah mengembangkan beragam inovasi untuk pelayanan publik, salah satunya pada sektor pelayanan pengaduan. Untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat, penggunaan e-complaint harus digunakan dengan lebih baik, disosialisasikan lebih luas, diajarkan penggunaannya baik oleh perangkat desa sebagai pengelola sistem dan juga masyarakat sebagai pengguna untuk dapat menyampaikan informasi yang terjadi dengan lebih cepat dan selalu dapat digunakan 24 jam. Tujuan yang ingin dicapai adalah Desa Kukuh dapat memiliki sarana e-complaint dengan penggunaan yang luas, dapat digunakan secara efektif dan efesien, dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dengan mengusung e-government dengan baik. Metode pelaksanaan pengabdian ini berupa pemberian pelatihan penggunaan EC-Resolver. Hasil kegiatan pelatihan dan pengembangan EC-Resolver pada Desa Kukuh adalah implementasi EC-Resolver serta pengelolaan komplain dapat ditingkatkan yang semula manual menjadi digital dengan pendokumentasian komplain lebih baik dan efesien. Pelaksanaan pelatihan mencapai 79,6% dalam kategori baik. Dari pelatihan ini didapatkan peningkatan kemampuan mitra dalam penggunaan teknologi untuk pengelolaan e-complaint.
Abstract: Welcoming the implementation of Industry 4.0 in Indonesia, through e-government practices, various sectors have developed various innovations for public services, one of which is the complaint service sector. To increase the convenience of the community, the use of e-complaint must be better used, more widely disseminated, taught its use both by village officials as system managers and also by the community as users to be able to convey information that occurs more quickly and always be used 24 hours. The goal to be achieved is that Kukuh Village can have e-complaint facilities with wide use, can be used effectively and efficiently, and can improve service quality by properly promoting e-government. The method of implementing this service is in the form of providing training in the use of the EC-Resolver. The result of the training and development of the EC-Resolver in Kukuh Village is that the implementation of the EC-Resolver and complaint management can be improved from being manual to digital by documenting complaints better and more efficiently. The implementation of training reached 79.6% in the good category. From this training, it was found that the partners' ability to use technology for e-complaint management was increased.
References
Adnan, M., Rokhmawati, R. I., & Pradana, F. (2017). Pengembangan Sistem Informasi E-Complaint ( Studi Kasus GraPARI Telkomsel Malang ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(12), 1589–1598.
Anurogo, D., Suarni, A., Sompa, A. W., & Rahim, A. R. (2020). Desa Siaga Covid-19 Menuju Indonesia 5.0. Jurnal Abmas Negeri, 1(1), 37–41. https://doi.org/10.36590/jagri.v1i1.97
Ariasih, N. K., & Artha, I. M. G. S. (2017). Rancang Bangun STIKI Class Facilities E-Complaint. Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 8(2), 101–101. https://doi.org/10.24843/lkjiti.2017.v08.i02.p04
Arsana, I. N. A., Cs, M., Waas, D. V., Si, S., Cs, M., & Meinarni, N. P. S. (2021). Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi Bagi Perangkat Desa Kukuh. Jurnal WIDYA LAKSMI, 1(1), 6.
Azis, M. A., Az-Zahra, H. M., & Fanani, L. (n.d.). Evaluasi dan Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Layanan Pengaduan Masyarakat Online Menggunakan Human-Centered Design. 9.
Dai, R. H., Hadjaratie, L., & Bouti, N. F. (2017). Rancang Bangun Aplikasi E-Raport Pengaduan Masyarakat. Elinvo : Electronics, Informatics, and Vocational Education, 2(1), 64–73.
Desa Kukuh. (2020). Monografi Desa Kukuh [News]. Monografi Desa Kukuh. http://kukuh.desa.id/monografi-desa-kukuh/
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Eprilianto, D. F., & Pradana, G. W. (2019). Digital Inovasi Sektor Publik: Efektivitas Kolaborasi dalam Implementasi Inovasi Desa Digital. 10, 19.
Hasya, S., & Wikusna, W. (2020). Aplikasi Berbasis Web Desa Digital Bandung Juara pada Modul Pengaduan Warga. e-Proceeding of Applied Science, 1, 7.
Indra Iswara, I. B. A., & Saputra, I. G. A. (2018). Analisis dan Implementasi INCOSYS Sebagai Alternatif System Pengaduan Online. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(3), 316. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12479
Prasetya, D. R., Domai, T., & Mindarti, L. I. (2013). Analisis Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dalam Rangka Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 2(1), 8.
Salim, N. A., & Putri, R. C. (2020). Prototype Sistem Informasi Pelayanan Akademik Terhadap Keluhan Mahasiswa Berbasis Web. Edu Elektrika Journal, 9(2), 6.
Sempurna, S. J. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Keluhan Mahasiswa Berbasis Android. Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya, 1, 5.
Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.
Sucipto, L., & Syaharuddin, S. (2018). Konstruksi Forecasting System Multi-Model untuk pemodelan matematika pada peramalan Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Nusa Tenggara Barat. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 4(2), 114. https://doi.org/10.26594/register.v4i2.1263
Syaharuddin, S., & Ibrahim, M. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Desa Sebagai Teknologi Tepat Guna Untuk Pendataan Penduduk Dan Potensi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 60. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.14
Yudisetiro, D. P., Rosely, E., & Wijayanto, P. W. (2020). Aplikasi Pelayanan Keluhan Air Bagi Pelanggan Berbasis Web dan SMS Gateway Pada PT Aetra Jakarta. e-Proceeding of Applied Science, 6, 5.
Zaman, S. N., Merlina, N., & Nurajijah, N. (2021). Sistem Informasi Keluhan Pelanggan Berbasis Website. EVOLUSI : Jurnal Sains dan Manajemen, 9(1). https://doi.org/10.31294/evolusi.v9i1.9636
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).