PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN TULANG DAUN (LEAF SKELETON) DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Yuni Astuti Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Rizkia Suciati Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Suci Lestari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.4995

Keywords:

Leaf Skeleton, Fermentation, Learning Media Of Biology

Abstract

Abstrak: Pembelajaran Biologi meliputi proses, produk, dan sikap. Praktikum menjadi sarana penerapan konsep Biologi. Namun, pemberlakuan pembelajaran secara daring membuat guru kesulitan untuk mendesain kegiatan praktikum sederhana yang dapat dilakukan di rumah selama masa pandemi covid-19. Melalui pelatihan ini, tim LPPM UHAMKA bertujuan mengajarkan pembuatan media pembelajaran tulang daun (leaf skeleton) kepada guru Biologi SMA Muhammadiyah dan MAN DKI Jakarta. Workshop secara daring dilakukan untuk memudahkan proses pelatihan, dengan mengundang narasumber yang kompeten. Kegiatan diawali dengan observasi kebutuhan guru Biologi SMA Muhammadiyah dan MAN DKI Jakarta sebagai mitra pengabdian. Selanjutnya guru dilatih membuat media pembelajaran tulang daun  dengan memanfaatkan daun kupu-kupu atau daun lain dan alat yang ada di rumah. Selama proses pelatihan, 37 guru yang menjadi peserta workshop, didampingi melalui grup WhatsApp. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui penyebaran lembar kerja dan angket tanggapan guru terhadap efektivitas pelatihan. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan  kompetensi guru dalam pembuatan media pembelajaran tulang daun. Peserta memberikan tanggapan yang baik terhadap efektivitas pelatihan (76,50%).

 

Abstract: Biology Learning covers processes, products, and attitudes. Practicum becomes a means of applying the concept of Biology. However, the implementation of online learning makes it difficult for teachers to design simple practicum activities that can be doing at home during the covid-19 pandemic. Through this training, the LPPM UHAMKA team aims to teach the making of leaf skeleton learning media to teachers of Biology SMA Muhammadiyah and MAN DKI Jakarta. Online practice conducting to facilitate the training process by inviting competent speakers. The activity began with an analysis of the needs of biology teachers of SMA Muhammadiyah and MAN DKI Jakarta as service partners. Teachers trained to create leaf bone learning media by utilizing butterfly leaves or leaves and another tool at home. During the training process, 37 teachers participated, accompanied by a WhatsApp group. Evaluation of activities conducted through the dissemination worksheets and questionnaires of teacher responses to the effectiveness training. The results showed improved competence of teachers in the manufacture of leaf bone learning media. Participants responded well to the efficacy of the practice (76.50%).

References

Anugrah, D., Faruq, H., & Susilo, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Kerajinan dengan Bahan Dasar Tulang Daun melalui Proses Dekomposisi. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 310–315. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v5i4.1139

Astiti, Kadek Ayu; Ardan, Andam; Samo, D. D. (2021). Program Kemitraan Masyarakat : Perancangan Praktikum Matematika dan IPA Sederhana bagi Guru SMP Community Partnership Program : Designing Simple Mathematics and Science Practicum for. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 266–271.

Astuti, Yuni; Anugrah, Devi; Faruq, H. (2020). Efektivitas Fermentasi Bahan Organik dalam Pengelupasan Jaringan Mesofil Daun Kupu-Kupu (Bauhinia purpurea L.). JBIO: JURNAL BIOSAINS (The Journal of Biosciences), 6(2), 32–36. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jbio.v6i2.15796 ISSN

Astuti, Yuni; Suciati, R. (2017). Profil Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 115–124. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2877

Astuti, N., & Isnani, W. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Daring di Era New Normal pada Guru SMA Negeri 2 Dewantara. 5(2), 721–733.

Ikhsan, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Keterampilan Proses Sains melalui Praktikum Sederhana di SDN 004 Filial Kutai. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 1–5.

Jusuf, R., & Maaku, A. (2020). Kurikulum Darurat Covid 19 di Kota Kotamobagu; Fenomena dan Realita Guru Madrasah. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(2), 155. https://doi.org/10.30984/jii.v14i2.1188

Kurniati, T., Yusup, I. R., Hermawati, A. S., & Kusumahwardani, D. (2021). Respon Guru Terhadap Kendala Proses Pembelajaran Biologi di Masa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 40–46. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.765

Mir, S., & Jana, M. M. (2015). Standardization of different Chemicals for Bleaching of Prepared Leaf Skeletons for Dry Flower arrangements. International Research Journal of Biological Sciences Int. Res. J. Biological Sci, 4(6), 2278–3202.

Nurhayati, N., Saputri, D. F., Novianty, F., & Wahyudi, W. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru IPA melalui Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Perangkat dan Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 97–104. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v6i1.1593

Rengga, Wara Dyah Pita; Eko, S. (2013). Pemanfaatan Daun Sirsak (Annona Muricata): Obat Tradisional dan Lampu Hias dari Tulang Daun. Pemanfaatan Daun Sirsak (Annona Muricata): Obat Tradisional Dan Lampu Hias Dari Tulang Daun, 11(2), 89–94. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v11i2.10313

Retnoningsih, Amin; Khafid, Widowati Muhammad; Prajanti, S. D. W. (2021). Jejaring Usaha “Rasendriya Kriya Tulang Daun†sebagai Strategi Keberlanjutan Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 35–43. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/diseminasi/article/view/1342/818

Royani, Ida; Imran, A. (2020). Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi SMA melalui Metode Daring untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 8(2), 310–316. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/bioscientist/article/view/3157/2225

Saleh, S., Darwis, M., & Arhas, H. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Elektronik Dan Non-Elektronik. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 11–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3259

Salirawati, D., Subiantoro, A. W., & Pujianto. (2014). Pelatihan Pengembangan Praktikum Ipa Berbasis Lingkungan. Inotek, 15(1), 97–108.

Setiawan, Haris; Maliza, Rita; Putri, D. A. (2020). Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat; e-ISSN: 2686-2964. November, 379–388. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/5106/1083

Sholikah, I., Fitri Mardhotillah, A., Achmadi Indriyani, L., Ayu Wulandari, V., Permata Sari Kuraesin, P., Laily Sa, N., Abadiyah Al-Khotim, A., Yuda Irjiananto, M., Ma, M., Fadhillah, N., Rachmawati, Y., Ipa, P., Tarbiyah dan Keguruan, F., Sunan Ampel Surabaya, U., Terintegrasi, L., & Sains dan Teknologi, F. (2020). Indonesian Journal of Science Learning. Indonesian Journal of Science Learning, 1(2), 67–75. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/IJSL

Suryandari, Putri; Asmawi, T. (2017). Pengembangan Limbah Daun Transparan sebagai Hiasan Dinding bagi Interior. Arsitron, 8(1), 8–13. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/arsitron/issue/archive

Susilo, S., & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(1), 127. https://doi.org/10.29405/solma.v7i1.1103

Widiyaningrum, P. (2015). Efektivitas Proses Pengomposan Sampah Daun Dengan Tiga Sumber Aktivator Berbeda. Rekayasa, 13(2), 107–113. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v13i2.5604

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles