PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN TULANG DAUN (LEAF SKELETON) DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.4995Keywords:
Leaf Skeleton, Fermentation, Learning Media Of BiologyAbstract
Abstrak: Pembelajaran Biologi meliputi proses, produk, dan sikap. Praktikum menjadi sarana penerapan konsep Biologi. Namun, pemberlakuan pembelajaran secara daring membuat guru kesulitan untuk mendesain kegiatan praktikum sederhana yang dapat dilakukan di rumah selama masa pandemi covid-19. Melalui pelatihan ini, tim LPPM UHAMKA bertujuan mengajarkan pembuatan media pembelajaran tulang daun (leaf skeleton) kepada guru Biologi SMA Muhammadiyah dan MAN DKI Jakarta. Workshop secara daring dilakukan untuk memudahkan proses pelatihan, dengan mengundang narasumber yang kompeten. Kegiatan diawali dengan observasi kebutuhan guru Biologi SMA Muhammadiyah dan MAN DKI Jakarta sebagai mitra pengabdian. Selanjutnya guru dilatih membuat media pembelajaran tulang daun dengan memanfaatkan daun kupu-kupu atau daun lain dan alat yang ada di rumah. Selama proses pelatihan, 37 guru yang menjadi peserta workshop, didampingi melalui grup WhatsApp. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui penyebaran lembar kerja dan angket tanggapan guru terhadap efektivitas pelatihan. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan  kompetensi guru dalam pembuatan media pembelajaran tulang daun. Peserta memberikan tanggapan yang baik terhadap efektivitas pelatihan (76,50%).
Â
Abstract: Biology Learning covers processes, products, and attitudes. Practicum becomes a means of applying the concept of Biology. However, the implementation of online learning makes it difficult for teachers to design simple practicum activities that can be doing at home during the covid-19 pandemic. Through this training, the LPPM UHAMKA team aims to teach the making of leaf skeleton learning media to teachers of Biology SMA Muhammadiyah and MAN DKI Jakarta. Online practice conducting to facilitate the training process by inviting competent speakers. The activity began with an analysis of the needs of biology teachers of SMA Muhammadiyah and MAN DKI Jakarta as service partners. Teachers trained to create leaf bone learning media by utilizing butterfly leaves or leaves and another tool at home. During the training process, 37 teachers participated, accompanied by a WhatsApp group. Evaluation of activities conducted through the dissemination worksheets and questionnaires of teacher responses to the effectiveness training. The results showed improved competence of teachers in the manufacture of leaf bone learning media. Participants responded well to the efficacy of the practice (76.50%).
References
Anugrah, D., Faruq, H., & Susilo, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Kerajinan dengan Bahan Dasar Tulang Daun melalui Proses Dekomposisi. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 310–315. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v5i4.1139
Astiti, Kadek Ayu; Ardan, Andam; Samo, D. D. (2021). Program Kemitraan Masyarakat : Perancangan Praktikum Matematika dan IPA Sederhana bagi Guru SMP Community Partnership Program : Designing Simple Mathematics and Science Practicum for. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 266–271.
Astuti, Yuni; Anugrah, Devi; Faruq, H. (2020). Efektivitas Fermentasi Bahan Organik dalam Pengelupasan Jaringan Mesofil Daun Kupu-Kupu (Bauhinia purpurea L.). JBIO: JURNAL BIOSAINS (The Journal of Biosciences), 6(2), 32–36. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jbio.v6i2.15796 ISSN
Astuti, Yuni; Suciati, R. (2017). Profil Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 115–124. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2877
Astuti, N., & Isnani, W. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Daring di Era New Normal pada Guru SMA Negeri 2 Dewantara. 5(2), 721–733.
Ikhsan, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Keterampilan Proses Sains melalui Praktikum Sederhana di SDN 004 Filial Kutai. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 1–5.
Jusuf, R., & Maaku, A. (2020). Kurikulum Darurat Covid 19 di Kota Kotamobagu; Fenomena dan Realita Guru Madrasah. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(2), 155. https://doi.org/10.30984/jii.v14i2.1188
Kurniati, T., Yusup, I. R., Hermawati, A. S., & Kusumahwardani, D. (2021). Respon Guru Terhadap Kendala Proses Pembelajaran Biologi di Masa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 40–46. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.765
Mir, S., & Jana, M. M. (2015). Standardization of different Chemicals for Bleaching of Prepared Leaf Skeletons for Dry Flower arrangements. International Research Journal of Biological Sciences Int. Res. J. Biological Sci, 4(6), 2278–3202.
Nurhayati, N., Saputri, D. F., Novianty, F., & Wahyudi, W. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru IPA melalui Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Perangkat dan Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 97–104. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v6i1.1593
Rengga, Wara Dyah Pita; Eko, S. (2013). Pemanfaatan Daun Sirsak (Annona Muricata): Obat Tradisional dan Lampu Hias dari Tulang Daun. Pemanfaatan Daun Sirsak (Annona Muricata): Obat Tradisional Dan Lampu Hias Dari Tulang Daun, 11(2), 89–94. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v11i2.10313
Retnoningsih, Amin; Khafid, Widowati Muhammad; Prajanti, S. D. W. (2021). Jejaring Usaha “Rasendriya Kriya Tulang Daun†sebagai Strategi Keberlanjutan Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 35–43. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/diseminasi/article/view/1342/818
Royani, Ida; Imran, A. (2020). Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi SMA melalui Metode Daring untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 8(2), 310–316. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/bioscientist/article/view/3157/2225
Saleh, S., Darwis, M., & Arhas, H. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Elektronik Dan Non-Elektronik. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 11–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3259
Salirawati, D., Subiantoro, A. W., & Pujianto. (2014). Pelatihan Pengembangan Praktikum Ipa Berbasis Lingkungan. Inotek, 15(1), 97–108.
Setiawan, Haris; Maliza, Rita; Putri, D. A. (2020). Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat; e-ISSN: 2686-2964. November, 379–388. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/5106/1083
Sholikah, I., Fitri Mardhotillah, A., Achmadi Indriyani, L., Ayu Wulandari, V., Permata Sari Kuraesin, P., Laily Sa, N., Abadiyah Al-Khotim, A., Yuda Irjiananto, M., Ma, M., Fadhillah, N., Rachmawati, Y., Ipa, P., Tarbiyah dan Keguruan, F., Sunan Ampel Surabaya, U., Terintegrasi, L., & Sains dan Teknologi, F. (2020). Indonesian Journal of Science Learning. Indonesian Journal of Science Learning, 1(2), 67–75. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/IJSL
Suryandari, Putri; Asmawi, T. (2017). Pengembangan Limbah Daun Transparan sebagai Hiasan Dinding bagi Interior. Arsitron, 8(1), 8–13. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/arsitron/issue/archive
Susilo, S., & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(1), 127. https://doi.org/10.29405/solma.v7i1.1103
Widiyaningrum, P. (2015). Efektivitas Proses Pengomposan Sampah Daun Dengan Tiga Sumber Aktivator Berbeda. Rekayasa, 13(2), 107–113. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v13i2.5604
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).