PEMANFAATAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NARMADA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.4996Keywords:
Geogebra, Mathematical Concepts, Elementary School TeachersAbstract
Abstrak: Teknologi komputer sangat penting artinya bagi dunia pendidikan, yaitu sebagai sarana yang dapat digunakan untuk meningkatkan pelaksanaan program pendidikan dalam proses pembelajaran dan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk membuat materi matematika lebih spesifik, disediakan software Geogebra yang ramah pengguna. Perangkat lunak tersebut dikembangkan oleh Hohenwarter dan bertujuan untuk mempermudah pembelajaran bagi siswa. Oleh karena itu para guru sekolah dasar perlu dilatih lebih dalam lagi dalam penggunaan teknologi, dalam hal ini adalah cara menggunakan software geogebra. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para guru sekolah dasar di wilayah Narmada dalam merancang dan menggunakan alat peraga aljabar, menggunakan geogebra dalam pembelajaran matematika. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dalam bentuk pelatihan keterampilan melalui ceramah, diskusi dan demonstrasi. Berdasarkan rangkuman hasil kegiatan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan dapat memberikan solusi alternatif untuk mengatasi kesalahpahaman matematika yang sering terjadi pada pembelajaran matematika sekolah dasar.Selain itu, peserta juga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan khusus dengan menggunakan teknik geogebra perangkat lunak dan alat peraga matematika sekolah dasar.
Abstract:Â Computer technology is very important for the world of education, namely as a means that can be used to improve the implementation of educational programs in the learning process and in improving student learning outcomes. To make the maths material more specific, a user-friendly Geogebra software is provided. The software was developed by Hohenwarter and aims to facilitate learning for students. Therefore, elementary school teachers need to be trained more deeply in the use of technology, in this case, how to use Geogebra software. The aim of this training is to improve the knowledge and abilities of elementary school teachers in the Narmada region in designing and using algebraic teaching aids, using geogebra in learning mathematics. This community service activity takes the form of skills training through lectures, discussions and demonstrations. Based on the summary of the results of the activities, it can be concluded that training activities can provide alternative solutions to overcome mathematical misconceptions that often occur in elementary school mathematics learning. In addition, participants can also improve specific knowledge and skills by using Geogebra techniques software and elementary school mathematics teaching aids.
References
Agung, S. (2018). Pemanfaatan apliksi geogebra dalam pembelajaran matematika SMP. Seminar Nasional, 03, 312–322.
Apud. (2020). Pengembangan Profesi Guru Madrasah Swasta Di Kota Serang. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v5i1.519
Asngari, D. R. (2015). Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Geometri. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 299–302.
Fitriani, Maifa, T., & Bete, H. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4, 460–465. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1441
Hafiz, A., & Budi, I. S. (2020). Pembuatan Media Pembelajaran Pop up Book Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 588–594. https://doi.org/:https://doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2473
Hanafi, M., Wulandari, Kathrin, N., & Wulansari, R. (2017). Transformasi geometri rotasi berbantuan software geogebra. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 93–102. jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc
Imawan, Okky, R., & Ismail, R. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran 4.0 Melalui Pelatihan Aplikasi Geogebra. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1231–1239. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v4i6.3102
Isman, M, N. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Isman. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19.
Jamaluddin, N. H., Sulasteri, S., & Angriani, A. D. (2020). Geogebra : Software Dalam Pengembangan Bahan Ajar Transformasi Geometri Geogebra : a Software in Developing Teaching Material of Geometric. 2(1), 121–128.
Japa, N., Suarjana, I. M., & Widiana, W. (2017). Media Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Natural Science and Engineering, 1(2), 40–47.
Mahmudi, A. (2011). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional UNY, 57–69.
Mahsup., & Anwar, Y. S. (2017). Sosialisasi Media Pita Bilangan Matematika Siswa Sekolah Dasar Desa Gelangsar Lombok Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 25–33.
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Nurul Hidayati Arifani, Sunardi, S. S. (2015). Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP Kelas VIII di SMP Negeri 6 Jember, SMP Al Furqan 1, SMP Negeri 1 Rambipuji, dan SMP PGRI 1 Rambipuji. KADIKMA, 6(2), 159–172.
Oktaviani, D. N., Sholikhakh, R. A., & Lestiana, H. T. (2018). Pendampingan Penggunaan Geogebra Untuk Guru Matematika Smp / Mts Se Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 153–156.
Panggabean, N. S., Sormin, M. A., & Agustina, L. (2019). Workshop Pemanfaatan Media Pembelajaran Geogebra Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Matematika. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 40. https://doi.org/10.31604/jpm.v2i1.40-44
Priwantoro, S. W., Fahmi, S., Y, D. A., Matematika, P., & Keguruan, F. (2006). Pelatihan Peningkatan Kemampuan It Bagi Guru Matematika. 203–209.
Rahadyan, A., Hartuti, P. M., & Awaludin, A. A. R. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 11–19.
Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (Pbl) Berbantuan Geogebra Di Smp. Prisma, 8(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438
Tanzimah. (2019). Pemanfaatan Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 610–616.
Tresno Sriwahyuni, Risma Amelia, R. M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–23. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm
Wayan, N., Putri, S., & Suryati, N. K. (2020). Peningkatan Softskill ICT Guru Melalui Pelatihan Penggunaan Microsoft Office dan Sosial Media. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 507–517. https://doi.org/:https://doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2081
Zayyadi, M., Lanya, H., & Irawati, S. (2019). Geogebra dan Maple Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kualitas Guru Matematika. Abdimas Dewantara, 2(1), 53–61.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).