PENDAMPINGAN SISWA TERDAMPAK COVID-19 MELALUI MEDIA ANIMASI SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN ONLINE

Authors

  • Firma Yudha1 IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi
  • Abdul Aziz IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi
  • Mohammad Tohir Universitas Ibrahimy, Situbondo

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.4997

Keywords:

Assistance, Covid-19, Animation Media, Online Learning.

Abstract

Abstrak: Program pendampingan ini dilakukan pada objek salah satu siswa Madrasah Ibtida’iyah dengan tujuan untuk membantu peran guru dan orang tua dalam memberikan bimbingan dan pengawasan dalam kegiatan pembelajaran anak terdampak penyakit menular virus corona atau Covid-19 serta menciptakan inovasi kreatif dalam pembelajaran dengan berbasis media animasi. Secara umum, metode pendampingan ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) hal ini dilakukan dengan tiga tahapan meliputi; persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Teknis prosedur laporan kegiatan disusun dalam bentuk naratif deskriptif. Ketercapaian dari pendampingan ini yaitu efektifitas penerapan media animasi dalam pembelajaran online berhasil, hal ini dapat diindikasi dengan berkembangnya habituasi pendidikan dan peningkatan motivasi belajar. Sehingga dapat menjadi solusi alternatif bagi siswa yang merasa jenuh dalam pembelajaran di rumah dan menginginkan sistem pembelajaran yang lebih menarik.


Abstract:  This assistance program is carried out on the object of one of the students of Madrasah Ibtida'iyah with the aim of assisting the role of teachers and parents in providing guidance and supervision in learning activities of children affected by a corona virus contagious disease or Covid-19 and creating creative innovations in learning based on animation media . In general, this mentoring method uses the PAR (Participatory Action Research) method this is done in three stages, including; preparation, implementation and evaluation. Technical procedures for reporting activities are arranged in a descriptive narrative form. The achievement of this assistance is the effectiveness of the application of animation media in online learning can be said to be successful, this can be indicated by the development of educational habituation and increased motivation to learn. So that it can be an alternative solution for students who feel bored in learning at home and want a more interesting learning system.

References

Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online Learning amid the COVID-19 Pandemic: Students’ Perspectives. Online Submission, 2(1), 45–51.

Amelia, R. (2020). Belajar Hukum Tajwid. Retrieved from YouTube website: https://youtu.be/nIzi4UPHukg

Andriani, Y., Ginanjar, M. H., Muslim, M., & Heriyansyah, H. (2019). Implementasi Rencana Kerja Perkantoran di Yayasan Az-Zikra Sentul Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(02), 152–164.

Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan media pembelajaran online–offline dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1), 85–99.

Arthur, R., Luthfiana, Y., & Musalamah, S. (2019). Analisa Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Mekanika Bahan di Universitas Negeri Jakarta. Educational Building Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan Dan Sipil, 5(2), 38–44.

Asrori, M., Wibowo, A. M., Erfantinni, I. H., & Wahyuningtyas, D. P. (2020). Pendampingan pemanfaatan teknologi dalam desain pembelajaran daring pada MGMP PAI SMK Kabupaten Blitar di masa pandemi covid-19.

Chuseri, A., Anjarini, T., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Realistik Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Bangun Ruang. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–31.

Dhawan, S. (2020). Online learning: A panacea in the time of COVID-19 crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Ghulamudin, M. G., & Habibi, B. (2020). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Metode Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 14(2), 11–17.

Khomaidah, S., & Harjono, N. (2019). Meta-analisis efektivitas penggunaan media animasi dalam meningkatkan hasil belajar ipa. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 143–148.

Marini, S., & Milawati, M. (2020). Distance Learning Innovation Strategy in Indonesia During the COVID-19 Pandemic. The 5th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2020), 416–421. Atlantis Press.

Maswar, M. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika Menyenangkan Siswa (MMS) Berbasis Metode Permainan Mathemagic, Teka-teki Dan Cerita Matematis. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 28–43.

Mittelmeier, J., Rienties, B., Rogaten, J., Gunter, A., & Raghuram, P. (2019). Internationalisation at a Distance and at Home: Academic and social adjustment in a South African distance learning context. International Journal of Intercultural Relations, 72(1), 1–12. https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2019.06.001

Munawwarah, M., Laili, N., & Tohir, M. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Keterampilan Abad 21. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 37–58.

Muskania, R., & Zulela, M. S. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 155–165.

Rachmawati, I., Supriyono, S., & Pangestika, R. R. (2021). Pengembangan Media Buletin Matematika Berbasis Pendekatan Realistik Pada Siswa Sekolah Dasar. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 32–44.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71.

Rahmi, R. (2020). Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(2), 111–123.

Sanjaya, W. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran : Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikakan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Sardjono, W., Selviyanti, E., Mukhlis, M., & Tohir, M. (2021). Global issues: utilization of e-commerce and increased use of mobile commerce application as a result of the covid-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1832(1), 12024. IOP Publishing.

Sardjono, W., Selviyanti, E., Tohir, M., & Azizah, R. (2021). The effect of the Covid 19 pandemic on the development of the knowledge graph as an integrated recovery accelerator. Journal of Physics: Conference Series, 1832(1), 12021. IOP Publishing.

Sari, N. W., & Samawi, A. (2014). Pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa slow learner. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 1(2), 140–144.

Selviyanti, E., Sardjono, W., Mukhlis, M., Tohir, M., Maswar, M., & Fariz, A. (2021). Model of developing key performance indicator to increase the quality of education during the Covid-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1832(1), 12030. IOP Publishing.

Senja, D. (2020). Animasi Virus Corona untuk Memperkenalkan pada Anak. Retrieved from YouTube website: https://youtu.be/nsSDDQc759g

Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127–139.

Wikipedia, W. (2015). Kalipuro, Kalipuro, Banyuwangi. Retrieved from wikipedia.org website: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kalipuro,_Kalipuro,_Banyuwangi

Yezli, S., & Khan, A. (2020). COVID-19 social distancing in the Kingdom of Saudi Arabia: Bold measures in the face of political, economic, social and religious challenges. Travel Medicine and Infectious Disease, 37(1), 1–4. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101692

Yudha, F. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Kokurikuler (Mengetik Font Arab Yh dan Murotal Alquran) di MI Tarbiyatus Sibyan Genteng. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 97–104.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles