PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SMA ISLAM AS-SYAFIÃYAH DALAM MEMBUAT E-BOOK MATA PELAJARAN FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.5004Keywords:
E-Book, Training, School, Learning MediaAbstract
Abstrak: Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di SMA Islam As-Syafi’iyah 01 diketahui bahwa pendidik di sekolah tersebut belum ada yang dapat membuat e-book secara mandiri maupun menggunakannya sebagai media menarik lainnya dalam kegiatan belajar mengajar. Para guru masih menggunakan sumber bahan ajar dari buku teks konvensional. Padahal pada masa sekarang ini, teknologi semakin berkembang pesat sehingga sangat memungkinkan untuk dimanfaatkan pada bidang pendidikan. Oleh karena itu, perlu untuk membentuk, membina dan melaksanakan pendampingan kepada guru-guru di sekolah untuk meningkatkan kualitas dalam menunjang proses pembelajaran. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mengajarkan dan melatih para guru-guru secara langsung tahapan demi tahapan dalam membuat sebuah e-book sehingga dapat digunakan sebagai sumber bahan ajar yang menarik dalam proses pembelajaran. Materi kegiatan disampaikan dengan metode ceramah yang kemudian di barengi dengan demonstrasi langsung bagaimana proses pembuatan e-book tersebut sehingga pada akhir kegiatan para peserta juga diberikan pendampingan dalam kegiatan Latihan. Pada akhir kegiatan dilakukan evaluasi dari semua aspek termasuk tingkat kepuasan peserta selama kegiatan berlangsung. Dengan adanya pelatihan ini, seluruh pendidik diajarkan mengenai cara pembuatan ebook, sehingga nantinya bisa diaplikasikan sendiri dan bisa digunakan sebagai media pembelajaran ketika mengajar. Berdasarkan analisis angket didapatkan bahwa 27.80% peserta sudah pernah menggunakan e-book sebagai media pembelajaran. Sedangkan 72.20% peserta belum pernah menggunakan ebook sebagai media pembelajaran. Kegiatan ini terlihat mampu menambah wawasan serta memotivasi pendidik untuk berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran dengan menyajikan materi secara lebih variative lagi menggunakan media e-book.
Â
Abstract:Â Based on needs analysis results at SMA Islam As-Syafi'iyah 01, it was known that the educators in the school not been able to make e-books independently or used that media in teaching and learning activities. Teachers still used teaching materials from conventional textbooks. In fact, technology is growing rapidly so that it is very possible to use this media in the teaching process in education program. Therefore, it is necessary to form, build and implement assistance to teachers in schools to improve the quality in supporting the learning process. The purpose of this community service is to teach and train teachers directly step by step in making an e-book so it can be used as a source of interesting teaching materials in the learning process. The activity material was delivered by lecture method which was then accompanied by a direct demonstration of how the e-book making process was so that at the end of the activity the participants were also given assistance in the training activities. At the end of the activity, an evaluation of all aspects was conducted, including the level of satisfaction of the participants during the activity. With this training, all educators are taught how to make an e-book, so that it can be applied on its own and can be used as a learning medium when teaching. Based on the analysis of the questionnaire, it was found that 27.80% of the participants had used e-books as a learning medium. While 72.20% of participants have never used an e-book as a learning medium. This activity is seen to be able to add insight and motivate educators to innovate in developing learning media by presenting material in a more varied way using e-book media.
References
Abdurrahman. (2016). Pembelajaran Sains Melalui Pendekatan Representasi Jamak: Merancang Pembelajaran Sains inovatif berbasis Riset (Ed. 1, cet). Media Akademi.
Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa Sma. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 44. https://doi.org/10.26740/jpfa.v5n2.p44-50
Ekosari, laila qonita, Prihandono, T., & Lesmono, albertus djoko. (2018). Analisis Efektivitas Laboratorium Fisika Dalam Pembelajaran Fisika Sma Dan Kesesuaiannya Dengan Kurikulum 2013. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018, 3, 2527–5917.
Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 6(1), 193. https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1682
Irwandani, I. (2014). Multi Representasi Sebagai Alternatif Pembelajaran Dalam Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3(1), 39–48. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v3i1.64
Nurhayati, Y. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan, 6(2), 334–349.
Putrawansyah, F., Zulkardi, & Ms, S. (2016). Pengembangan Digital Book Berbasis Android Materi Perpindahan Kalor Di Sekolah Menegah Atas. Indonesian Journal on Networking and Security, 5(4), 39–48.
Rusman, Riyana, C., & Kurniawan, D. (2012). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Rajawali Press.
Saefullah, I. (2017). Membuat Buku Digital Mandiri (Tim Kainoe Books (ed.)). Kainoe Books.
Setiawan, Y. A. (2017). Belajar Android Menyenangkan: Membuat Konten Media Pembelajaran Berbasis Android. CV. Pustaka Media Guru.
Shiratuddin, N. (2003). E-Book Technology and Its Potential Applications in Distance Education. Journal of Digital Information, 3(4).
Sukono. (2018). Memanfaatkan Kemajuan Teknologi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Prosiding Profesionalisme Guru Abad XXI, 59–64.
Tompo, B. (2017). Cara Cepat Membuat Buku Digital Android (cet 1). Matsnuepa Publishing.
Utari, S. Y., Suharno, & Djono. (2014). VOLUME 1, Nomor 2. 1(November), 41–50.
Yudhanto, Y., & Wijayanto, A. (2017). Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. PT. Elex Media Komputindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).