SOSIALISASI PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI DESA EBAN PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Authors

  • Yunawati Sele Universitas Timor
  • Vinsensia Ulia Rita Sila Universitas Timor
  • Ni Putu Yuni Astriani Dewi Universitas Timor
  • Muhammad Amran Shidik Universitas Timor
  • Justin Eduardo Simarmata Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.5005

Keywords:

Educational Research, Socialization

Abstract

Abstrak: Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan pemahaman guru Sekolah Menengah Pertama tentang penelitian bidang pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan di SMPS Gita Surya Eban yang berada di Desa Eban, Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi Nusa Tenggara Timur. Yang menjadi peserta dalam kegiatan ini adalah 14 orang guru. Pelaksanaan sosialisasi ini dibagi menjadi tahap pra kegiatan dan kegiatan. Tahap pra kegiatan dilakukan melalui pelaksanaan survey awal untuk mengetahui gambaran pelaksanaan penelitian guru serta kendala yang dialami. Selanjutnya tahap kegiatan dilaksanakan melalui sosialisasi dan evaluasi. Evaluasi dilakukan menggunakan angket tanggapan peserta. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh informasi bahwa kegiatan sosialisasi ini mendapatkan tanggapan yang positif dari peserta. Peserta berharap dapat dilakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan lanjutan sehingga peserta dapat menghasilkan proposal penelitian dan karya tulis ilmiah.   Abstract:  This socialization activity aims to introduce and increase Junior High School teachers’ understanding of about educational research. This activity was carried out at the Gita Surya Eban SMPS in Eban village, North Central Timor Regency, East Nusa Tenggara Province. The participants in this activity were 14 teachers. The implementation of this socialization is divided into pre-activity and activity stages. The pre-activity stage was carried out through the implementation of an initial survey to find out an overview of the implementation of teacher research and the obstacles experienced. Furthermore, the activity stage is carried out through socialization and evaluation. The evaluation was carried out using a questionnaire for the responses of the participants. Based on the results of the evaluation, information was obtained that this socialization activity received positive responses from the participants. Participants hope that further training and mentoring activities can be carried out so that participants can produce research proposals and scientific papers. 

Abstrak: Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan pemahaman guru Sekolah Menengah Pertama tentang penelitian bidang pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan di SMPS Gita Surya Eban yang berada di Desa Eban, Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi Nusa Tenggara Timur. Yang menjadi peserta dalam kegiatan ini adalah 14 orang guru. Pelaksanaan sosialisasi ini dibagi menjadi tahap pra kegiatan dan kegiatan. Tahap pra kegiatan dilakukan melalui pelaksanaan survey awal untuk mengetahui gambaran pelaksanaan penelitian guru serta kendala yang dialami. Selanjutnya tahap kegiatan dilaksanakan melalui sosialisasi dan evaluasi. Evaluasi dilakukan menggunakan angket tanggapan peserta. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh informasi bahwa kegiatan sosialisasi ini mendapatkan tanggapan yang positif dari peserta. Peserta berharap dapat dilakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan lanjutan sehingga peserta dapat menghasilkan proposal penelitian dan karya tulis ilmiah.

Kata Kunci: Penelitian Bidang Pendidikan; Sosialisasi

Abstract:  This socialization activity aims to introduce and increase Junior High School teachers’ understanding of about educational research. This activity was carried out at the Gita Surya Eban SMPS in Eban village, North Central Timor Regency, East Nusa Tenggara Province.The participants in this activity were 14 teachers. The implementation of this socialization is divided into pre-activity and activity stages. The pre-activity stage was carried out through the implementation of an initial survey to find out an overview of the implementation of teacher research and the obstacles experienced. Furthermore, the activity stage is carried out through socialization and evaluation. The evaluation was carried out using a questionnaire for the responses of the participants. Based on the results of the evaluation, information was obtained that this socialization activity received positive responses from the participants. Participants hope that further training and mentoring activities can be carried out so that participants can produce research proposals and scientific papers.Keywords: Educational Research; Socialization

References

Annury, M. N. (2019). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru melalui Penelitian Tindakan Kelas. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 177. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3258

Bhardwaj, A. (2016). Importance of Education in Human Life. International Journal of Science and Consciousness, 2(2), 23–28. https://www.boundless.com/biology/textbooks/boundless-biology-textbook/fungi-24/importance-of-fungi-in-human-life-153/importance-of-fungi-in-human-life-601-12945/

Farida, I. (2018). Bidang Kajian dan Penelitian Pendidikan Kimia. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690

Makovec, D. (2018). The teacher’s role and professional development. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 6(2), 33–45. https://doi.org/10.5937/ijcrsee1802033M

Mariawan, I. M., Rapi, N. K., & Yasa, P. (2017). Pelatihan dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru SD di Kebendesaan Mengesta. International Journal of Community Service Learning., 1(1), 43–47.

Mediatati, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas Melalui Model Pelatihan Partisipatif Dengan Pendampingan Intensif. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 148. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i1.p148-163

Ni’mawati, Handayani, F., & Hasanah, A. (2020). Model pengelolaan pendidikan karakter di sekolah pada masa pandemi. Jurnal Studi Islam, 1, 145–156.

Pramudyani, A. V. . (2018). Penelitian Pendidikan. Surya cahya.

Putra, R. E., Wiyoko, T., & Rois, M. (2020). Jurnal Pengabdian Masyarakat Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(1), 22–27.

Putriani, M. R., Wahyuni, S., & Noviani, L. (2016). Analisis Kesulitan–Kesulitan yang Dialami Guru Ekonomi untuk Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 2(1), 1–17. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/8781

Saat, S. (2015). Faktor-faktor Determinan dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Ta’dib, 8(2), 1–17. ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/407

Saino, Sulistyowati, R., & Harti, H. (2019). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) untuk Meningkatan Kompetensi Guru SMK Bisnis Daring dan Pemasaran ( BDP ) Bidang Keahlian Bisnis Manajemen di Kabupaten Tuban. ABIMANYU: Journal of Community Engagement, 1(1), 68–77. https://journal.unesa.ac.id/index.php/abimanyu

Sari, N. (2013). The Importance of Teaching Moral values to The Students. Journal of English and Education, 1(1), 154–162. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.1020.9006&rep=rep1&type=pdf

Sele, Y., & Sir, M. S. (2020). Efektifitas brain gym bagi siswa SMA Negeri 7 Kupang: Suatu tinjauan pada hasil belajar kognitif | Sele | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. 17–22. http://research-report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/view/3405

Simarmata, J. E., Dewi, N. P. Y. A., Sila, V. U. R., Sele, Y., & Shidik, M. A. (2021). Training On The Utilization Of Desktop Mendeley As A Reference Tool In Writing Scientific Papers For Teachers Of SMP Swasta Gita Surya Eban. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 161–167. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v6i1.5579

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanti, E., & Hartanto, D. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Islam. Jurnal Potensia, 14(1), 151–174.

Trisdiono, H. (2015). Analisis Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2015/07/analisis-kesulitan-guru-dalam-melaksanakan-penelitian-tindakan-kelas.pdf

Viberg, A. R., Frykedal, K. F., & Hashemi, S. S. (2019). Teacher educators’ perceptions of their profession in relation to the digitalization of society. Journal of Praxis in Higher Education, 1(1), 87–110. https://doi.org/10.47989/kpdc80

Zubaidah, S. (2018). Tren Penelitian Pendidikan Biologi, Disampaikan pada Kuliah Tamu di Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau, 28 April 2018 1. April, 1–8.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles