PENDAMPINGAN KELOMPOK BELAJAR BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Hastuti Retno Kuspiyah Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Zulaikah Zulaikah Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Amik Ludfatun Nuriah Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Nurul Huda Sukaraja

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.5012

Keywords:

English Subject, Learning Group, Covid-19 Pandemic

Abstract

Abstrak: Pendampingan kelompok belajar Bahasa Inggris dimasa pandemi Covid-19 dilakukan sebagai wujud solusi terkait permasalahan yang timbul akibat pandemi pada dunia pendidikan dan membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaranya. Pendampingan siswa melalui  bimbingan kelompok belajar dilakukan dirumah warga setempat. Ini adalah daerah dengan zona hijau sebagaimana pemerintah daerah tetapkan maka kegiatan dilakukan secara face to face dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kelompok belajar terdiri dari tiga kelompok dengan menyesuaikan kelasnya; yaitu kelompok 1 adalah kelas X dengan 9 siswa, kelompok 2 adalah kelas XI dengan 6 siswa dan kelompok 3 adalah kelas XII dengan 10 siswa. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari test yang diberikan dengan adanya beda pada total correct answer dan average score (points) pada masing-masing kelompok belajar sebelum dan sesudah memperoleh pendampingan. Sehingga bimbingan belajar dirumah menjadi satu dari sekian metode alternatif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar serta memberikan pengetahuan belajar yang atraktif serta menumbuhkan kesiapan siswa dalam menghadapi perkembangan IPTEK dimasa pandemi Covid-19 dengan KBM secara online.

 

Abstract:  Assistance in English learning groups during the Covid-19 pandemic was carried out as a form of solution to problems arising from the pandemic in the world of education and to assist the government in breaking the chain of distribution. Student assistance through study group guidance is carried out at local residents' homes. This is an area with a green zone as the local government has determined, so activities are carried out face to face while still paying attention to health protocols. The study group consists of three groups by adjusting the class; namely group 1 is class X with 9 students, group 2 is class XI with 6 students and group 3 is class XII with 10 students. The results of this activity indicate an increase in learning outcomes from the tests given with differences in the total correct answer and average score (points) in each study group before and after receiving assistance. So that home tutoring is one of the alternative methods in increasing motivation and learning achievement as well as providing attractive learning knowledge and growing students' readiness in facing the development of science and technology during the Covid-19 pandemic with online learning services.

References

Busyra, S., & Sani, L. (2020). Kinerja Mengajar dengan Sistem Work From Home (WFH) pada Guru di SMK Purnawarman Purwakarta. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 1–16. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.51

Devy, H. (2020). Pemanfaatan Youtube pada saat Pandemi COVID-19 untuk Media Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Vocabulary dan Pemahaman Siswa. JUPENDIK: Jurnal Pendidikan, 4(2), 12–18.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Marjuni, A., & Harun, H. (2019). Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 194. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10015

Marzuki, I. Y. H. A. R. M. (2021). Kesulitan Guru Bahasa Inggris Dalam Menggunakan E- Learning Selama Pandemi COVID-19. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran). https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/1693

Raharjo, A. (2020). Kutunggu Hadirmu di Depan Layar.

Roviati, E. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. 2(2), 181–190.

Saleh, A. M. (2020). Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 2(2), 24–24.

Santoso, A., Rusmawati, Y., Lamongan, U. I., Ekonomi, F., & Lamongan, U. I. (2019). Pendampingan belajar siswa di rumah melalui kegiatan bimbingan belajar di desa guci karanggeneng lamongan. 2(2), 36–43.

Sari, M. N. (2020). Sumberejo Dalam Memacu Motivasi Belajar Di Masa Pandemi COVID-19.

Suhendri, S., Sabri, R., Arifin, Z., Rahman, M. A., Ainaya, T., & Fahmi, H. A. (2021). Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) DOD Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 1–5. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/22128

Susanti, V. D., & Maharani, S. (2016). IbM Membangun “ Desa Cermat †Melalui Bimbingan Belajar. 1, 39–42.

Valerisha A., & P. M. . (2020). Pandemi Global Covid-19 dan Problematika bangsa-bangsa; Transparansi Data-data Sebagai Vaksin Sosio-Digital? Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 131–137.

Zenda, A. D. (2019). Model Komunikasi. 2(1), 14–34. https://doi.org/10.31219/osf.io/c7rbw

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles