PELATIHAN MENDONGENG UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5046Keywords:
Training, Fairy TaleAbstract
Abstrak: Target capaian dari kegiatan ini adalah siswa Sekolah Dasar mampu untuk mendongeng dengan percaya diri. Sebab, siswa sekolah dasar ada ditemukan yang tidak percaya diri untuk maju ke depan kelas dan apalagi untuk bercerita/mendongeng. Oleh sebab itu, pelatihan ini dilakukan di sekolah dasar dengan tujuan di atas. Dengan mendongeng pembelajaran akan lebih menarik dan juga dapat melatih kecerdasan emosional anak. Pemateri memberikan materi tentang cara mendongeng yang baik, lalu memberikan contoh, kemudian peserta akan diminta untuk mempraktikkan sendiri. Secara umum terdiri dari dua metode yaitu : 1) Persiapan; 2) Pelaksanaan. Adapun hasil dari pelatihan ini diperoleh 6 siswa yang mampu mendongeng dengan percaya diri dari keseluruhan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.
Abstract: The achievement target of this activity is that elementary school students are able to tell stories with confidence. Because, there are elementary school students who are not confident enough to come to the front of the class and especially to tell stories. Therefore, this training was conducted in elementary schools with the above objectives. With storytelling learning will be more interesting and can also train children's emotional intelligence. The results of this training obtained 6 students who were able to tell stories with confidence from all the participants who took part in the activity.
References
Andayani, T., Studi, P., Anropologi, P., Sosial, F. I., & Medan, U. N. (2018). Anthropos : Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya Upaya Menebarkan Nilai-Nilai Kebaikan melalui Pelatihan Mendongeng bagi Siswa / I Sekolah Dasar di Kecamatan Percut Sei Tuan. 3(1), 61–68.
Anditasari, R. (2016). Dongeng Nusantara Sebagai Wahana Mematangkan Emosi Anak Dalam Bercerita. Paramasastra, 3(2). https://doi.org/10.26740/parama.v3i2.1529
Dewi, N. L. M. L., & Rustika, I. M. (2017). Pengaruh Mendongeng Sambil Bermain Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia 8-11 Tahun Di SD Negeri 8 Dauh Puri Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 119–129. https://doi.org/10.24843/jpu.2017.v04.i01.p13
Elmubarok, Z., & Irawati, R. P. (2019). Peningkatkan Keterampilan Berbahasa Anak Tk Dan SD Melalui Teknik Pembelajaran Mendongeng Guru TK Dan SD. Jurnal Panjar, 1(1), 23–34.
Fitriani, W. (2019). Dongeng dapat membentuk karakter anak menuju budi pekerti yang luhur. 2(1), 178–183. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Fitroh, S. F. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. Universitas Trunojoyo Madura, 2, 76–149.
Harahap, R. A. S. (2019). Membangun kecerdasan anak melalui dongeng. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 59–70.
Hasmidar, M. (2019). Optimalisasi Kecerdasan Anak Melalui Dongeng. Madani, 1(2), 144–159.
Lestari, M. A., Hermawati, E., & Palah, P. R. (2016). Mengembangkan Keterampilan Mahasiswa PGSD Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Siswa SD Kelas Rendah Melalui Metode Mendongeng. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 03(1).
Marina, L., & Sarwono, S. W. (2007). Kecerdasan Emosional Pada Orang Tua Yang Mendongeng dan Tidak Mendongeng. JPS, 13(02).
Rukiyah, R. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Anuva, 2(1), 99. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106
Sulastri, N. M., Maharani, J. F., & Sarilah, S. (2020). Mendongeng Bersama Anak Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 34–38. https://doi.org/10.33394/jpu.v1i1.2691
Syafrina, R. (2020). Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini dengan Mendongeng. Mayadani, 1(2), 83–85.
Utami, T. S. D., Suandito, B., Triwidayati, K. R., & Sukarman, S. (2018). Pembelajaran Asyik Dan Menyenangkan Melalui Mendongeng Di Sd Iba Palembang. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 1(2). https://doi.org/10.31851/dedikasi.v1i2.2261
Wati, S., & Trinova, Z. (2019). Parenting dan Keterampilan Mendongeng Bagi Guru Taman Kanak-Kanak. 7(2).
Zaitun, K., Surya, W., Mahendra, B., & Saputra, D. (2016). Pelatihan Mendongeng Dan Bercerita Bagi Pelajar Dan Guru Se-Bukittinggi. Batoboh, 1(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).