IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMASARAN “TOKO LAPAK POLTEKBA GRAHA POLTEKBA” MELALUI DISEMINASI TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PEMULIHAN EKONOMI DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Authors

  • Dahyang Ika Leni Wijayani Politeknik Negeri Balikpapan
  • Suhaedi Suhaedi Politeknik Negeri Balikpapan
  • Hasto Finanto Politeknik Negeri Balikpapan
  • Hendra Sanjaya Kusno Politeknik Negeri Balikpapan
  • Riklan Kango Politeknik Negeri Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5061

Keywords:

Sales Information, Website, Covid-19, UMKM Lapak Poltekba.

Abstract

Abstrak: Pandemi COVID-19 memberikan implikasi pada sisi ekonomi Indonesia yang didominasi oleh Usaha Mikro, kecil, dan Menengah (UMKM). Permasalahan ini perlu perhatian khusus karena kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional yang cukup besar, termasuk UMKM Lapak Poltekba yang menjadi mitra pengusul dalam PKM ini. Beberapa permasalahan yang dihadapi mitra UMKM Lapak Poltekba, antara lain: (1) penjualan masih dilakukan secara konvensional; (2) keterbatasan akses jarak akibat pandemi COVID – 19; (3) kurangnya pemahaman mitra mengenai keberlanjutan bisnis dalam situasi pandemi; (4) mitra tidak pernah melakukan pencatatan dan pengeloaan keuangan. Tujuan kegiatan PKM ini untuk memberikan paradigma baru dan solusi kepada mitra dalam berjualan pada masa pandemi Covid-19. Tiga keterampilan akan disampaikan dalam kegiatan ini, yaitu pembuatan Website, pengisian konten Website, dan promosi penjualan melalui media sosial. Metode dilakukan dengan: (1) Pendampingan pembuatan Website penjualan; (2) Pelatihan dan bimbingan teknis terkait pengoperasian aplikasi sistem informasi penjualan berbasis Website; (3) Pendampingan peningkatan pemahaman tantangan pandemi dengan menerapkan solusi darurat secara daring. Setelah program terjadi peningkatan penjualan sebesar 25% dikarenakan media promosi yang menjangkau wilayah penjualan yang lebih luas. Pelatihan serta pendampingan pada kelompok mitra terjadi transfer ilmu pengetahuan dan teknologi kepada warga mitra yang tentang pemanfaatan IT dalam pandemi ini sebesar 100%.


Abstract:  COVID-19’s pandemic gave an impact to the condition of economy in Indonesian especially for the small medium enterprise that play a vital role to the whole economics. Lapak Poltekba – as a partner to this program – is one of the small medium enterprise in Balikpapan deals with some problems in this pandemic situation, etc: (1) a conventional sales system; (2) distance barrier during pandemic situation; (3) limitation knowledge about business sustainability; (4) the difficulty to prepare financial statements and how to manage the financial management. This program was come to give a solution to the partners – Lapak Poltekba – to survive its business during this difficult situation. The actions are to give some solutions to the partner and it was categorized in 3 skill: (1) establish a Website; (2) fill the sales content on that Website; (3) sales promotion through social media. That action will followed by three methods: (1) accompany partner during sales Website operation; (2) giving training to the partner in order to give a direction how to manage a sales Website; (3) giving an education about how to survive and handle the sales during this covid – 19 pandemic through social media. As the result of this program, sales are increased by 25% and the knowledge of Lapak Poltekba about IT and sales website are increased by 100%.

References

Amijaya, S. Y., Seliari, T., & Oentoro, K. (2020). Pengembangan Strategi Pemasaran Dan Promosi Produk Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19. Proceeding Senadimas …. https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2020/assets/ProsidingSenadimas2020/file/47.pdf

Bastian, A. (2015). Analisis Strategi Bisnis dan Perancangan Strategis Sistem Informasi pada Perguruan Tinggi Swasta (Studi Kasus : Universitas Majalengka). Infotech Journal, 1(1), 236699.

Isa, I. G. T. (2021). Perancangan aplikasi e-commerce penjualan kayu pada pt. sekar gayanti utama berbasis web. 2(1), 127–140.

Jermias, J. (2008). The relative influence of competitive intensity and business strategy on the relationship between financial leverage and performance. British Accounting Review, 40(1), 71–86. https://doi.org/10.1016/j.bar.2007.11.001

Martinus Maslim, Adithama, S. P., & Nugroho, A. H. T. (2020). Pembangunan Sistem Informasi Penjualan Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Studi Kasus : Pahala Fotokopi dan Digital Printing). Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 95–105. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3363

Nasution, L. (2020). Efektifitas HKI Sebagai Pelindung Industri Kreatif dan. Buletin Hukun Dan Keadilan, 4, 238–250.

O’Brien, J. P. (2003). The capital structure implications of pursuing a strategy of innovation. Strategic Management Journal, 24(5), 415–431. https://doi.org/10.1002/smj.308

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 20(April), 2–6. https://doi.org/https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64

Permana, A. E., Reyhan, A. M., Rafli, H., & Rakhmawati, N. A. (2021). Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 32. https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.868

Purwanto, P., Baramadya, & Kunhadi, D. (2020). Pengaruh Efektivitas Platform E-commerce Terhadap Keberlanjutan Konsumsi pada Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Ekonomika, 13(1), 42–54.

Radjaban, R., Dewi, S. R., & Rianto, R. (2021). Implementasi Website Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Batik Berkah Lestari. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 101. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v4i1.832

Rosmadi, M. L. N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19 Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1 Bulan Maret 2021. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 122–127.

Sangkop, F. I. (2020). PKM Kelompok Kuliner Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Kewirausahaan, 3(1), 50–52.

Syahrul, A. R., Kaksim, K., & Ronald, J. (2019). PKM kerajinan Inu dan kerupuk sagu Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Unri Conference Series: Community Engagement, 1, 39–45. https://doi.org/10.31258/unricsce.1.39-45

Waluyajati, A., & Latifah, S. W. (2020). PKM Sistem Informasi Akuntansi Pada Koperasi Bukea As-Sakinah Aisyiyah Kota Malang. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 41. https://doi.org/10.24269/adi.v4i1.2303

Downloads

Published

2021-08-30

Issue

Section

Articles