PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DI MASA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5068Keywords:
Teaching Profession, Scientific Papers, Competency ImprovementAbstract
Abstrak: Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan benar, dan menulis artikel dari hasil penelitian tindakan kelas menjadi artikel ilmiah yang layak dipublikasikan ke jurnal ilmiah. Peserta kegiatan 26 orang guru SD 3 Lambara dan SMPN 16 Palu. Waktu pelaksanaan pelatihan pada tanggal 29 – 30 Agustus 2020, dan waktu pendampingan tanggal 31 Agustus 2020 sampai 6 September 2020. Metode pengabdian ini terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan pelatihan dan tahap pendampingan penulisan artikel ilmiah. Pada tahap persiapan, dilakukan diskusi tentang kebutuhan peserta, menyebarkan kuesioner, serta menyusun materi pelatihan. Pada tahap pelaksanaan pelatihan dilakukan penyajian materi dengan metode ceramah dan diskusi. Pada tahap pendampingan penulisan karya ilmiah, dilakukan secara virtual melalui chat WA dan email. Hasil yang diperoleh dari semua tahapan kegiatan ini sebagai berikut: Peserta sangat meminati materi tentang tentang prosedur penelitian PTK (41%), langkah menulis artikel ilmiah hasil penelitian (32%), penulisan laporan PTK (23%). Harapan yang besar dari peserta seusai pelatihan adalah pada aspek pendampingan menuliskan artikel hasil penelitian untuk dipublikasi (45%) dan harapan menuliskan laporan hasil penelitian dengan baik (36%).
Abstract: This community service activity aims to improve the ability of teachers to carry out classroom action research (CAR) properly, and to write articles from the results of classroom action research into scientific articles worthy of publication in scientific journals. The participants of the activity were 26 teachers from SD 3 Lambara and SMPN 16 Palu. The time for the training is 29-30 August 2020, and the mentoring time is 31 August 2020 to 6 September 2020. This service method consists of the preparation stage, the training implementation stage and the scientific article writing mentoring stage. In the preparation stage, there was a discussion about the needs of the participants, distributing questionnaires, and compiling training materials. At the stage of implementing the training, the material was presented using lecture and discussion methods. At the stage of assisting the writing of scientific papers, it is done virtually via WA chat and email. The results obtained from all stages of this activity are as follows: Participants are very interested in material about CAR research procedures (41%), steps to write scientific research articles (32%), writing CAR reports (23%). The participants' high expectations after the training are in the aspect of assisting in writing research articles for publication (45%) and the hope of writing research reports well (36%).
References
Abdul Rozik, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Metodologi Penelitian dalam Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Guru PPKN MGMP PPKN SMP Se Kabupaten Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 18–27.
Astawan, I. Gede, Arini, N. W., & Japa, I. G. N. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru SD Gugus VII Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 116–121. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL
Ayu Dewi, C., Hendrawani, Kurniasih, Y., Suryati, & Khery, Y. (2018). Optimalisasi Peningkatan Profesionalisme Guru-Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah. 3(1), 19–23. https://doi.org/10.36312/linov.v3i1.434
Chairunnisa, C. (2016). Pemberdayaan Guru melalui Pelatihan Karya Ilmiah di Sekolah Menengah Kejuruan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 105–114.
Erniwati, Anas, M., & Hunaidah. (2021). Edukasi dan Pelatihan Terbimbing Bagi Guru Mengenai Pembelajaran Secara Daring Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 458–469. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/ja.v4i2.15282 Edukasi
Fahrurrozi, M., Ibrahim, D. S. M., Aswasulasikin, & Hizbi, T. (2020). Peningkatan Penguasaan Guru dalam Penelitgian Tindakan Kelas melalui Diklat KTI. Jurnal Dimaswadi, 1(1), 31–34. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/dimaswadi/index
Herianto, A., Ibrahim, Arif, & Khosiah. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru MTs dan MI Darul Masakin Desa Bilelando Lombok Tengah. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 3(1), 58–64. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm
Hutabarat, I. M., Palit, E. I. ., & Gultom, M. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Guru SMP di Sentani. Jurnal Pengabdian Papua, 3(No. 2), 61–64.
Ilfiandra, Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(No. 1), 70–81.
Lubis, I., & Lubis, H. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi saat Pandemi Covid-19. Jurnal Prioritas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 02(No. 02), 31–35.
Mansyur, U., & Akidah, I. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru MTs DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(No. 2), 273–278.
Mawardi, Kristin, F., Anugraheni, I., & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan Pelatihan Partisipatif Pada Kegiatan Penulisan Dan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(Mei), 132–137.
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(No. 1), 97–114.
Prahani, B. K., Tsuroyya, T., Kohar, A. W., & Setiawan, S. (2020). Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Moda Daring Bagi Guru SMA Kota Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 109–118. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.358
Pribadi, B. A., & Delfy, R. (2015). Implementasi Strategi Peta konsep (Concept mapping) dalam Program Tutorial Teknik Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 16(No. 2), 76–88. http://grammar.about.com/od/ab/g/academicwritingterm.htm
Rispawati, & Edy Herianto. (2019). Meningkatkan Profesionalisme Guru Madrasah melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Vol. 2, Issue 1).
Trisniawati, Wardani, K., & Azizah, D. M. (2018). Optimalisasi Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pada Guru SD Negeri Jetis 2 Yogyakarta. Abdimas Dewantara, 1(1), 77–86.
Ulfa, M. (2019). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru di SMP negeri 3 Kamal. Jurnal Abdiku, 2(No. 2), 1–9. https://www.dosenpendidikan.com
Wahyono, P., Husamah, H., & Setia Budi, A. (2020). Guru Profesional di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(No. 1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462
Widagdo, A., & Susilo. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi guru Guru SD di Kecamatan Kendal. In Abdimas Unwahas (Vol. 3, Issue No. 3).
Widyaningsih, S. W., Yusuf, I., & Damopolii, I. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru IPA Kabupaten Manokwari Papua Barat. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 3(2), 115–124. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i2.1155
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).