PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMASARAN ONLINE PRODUK NASI TIWUL DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Titus Kristanto Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Dewi Rahmawati Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Ayu Endah Wahyuni Program Studi Teknik Industri, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Muhammad Nasrullah Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Reza Arindra Fadillah Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Amanda Amalia Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, Institut Teknologi Telkom Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5084

Keywords:

Training, Tiwul Rice, Covid-19.

Abstract

Abstrak: Pada era industi 4.0, usaha makanan berkembang sangat pesat dengan dukungan teknologi dan menciptakan peluang bisnis baru. Salah satu peluang bisnis makanan adalah nasi tiwul, berlokasi di Malang. Nasi tiwul merupakan makanan yang berbahan dasar dari singkong. Usaha makanan nasi tiwul merupakan mitra dari pengabdian masyarakat yang bernama Warung Nasi Tiwul SBR. Pendirian Warung Nasi Tiwul SBR pada Maret 2020, bertepatan awal pandemic Covid-19. Permasalahan yang terjadi pada mitra adalah pemasaran nasi tiwul masih di sekitar Warung Nasi Tiwul SBR dan media sosial. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian adalah meningkatkan pemasaran dan mempromosikan nasi tiwul secara online. Metode yang digunakan adalah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mitra berupa pemasaran online dan media sosial. Hasil dari kegiatan pengabdian adalah meningkatkan kemampuan mitra dalam mempromosikan produk nasi tiwul dan meningkatkan pendapatan nasi tiwul di masa pandemic Covid-19. Evaluasi dari kegiatan pengabdian yaitu pengisian kuesioner yang dibagikan tim pengabdian kepada mitra pengabdian. Berdasarkan hasil dari pengisian kuesioner didapatkan adalah 90% orang menjawab puas dari kegiatan pengabdian berupa pemasaran online nasi tiwul. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian adalah mitra pengabdian antusias dan memberikan dampak positif dari kegiatan pemasaran online dan media sosial. Saran dari kegiatan pengabdian adalah dapat memaksimalkan promosi di media sosial dan media online agar lebih dikenal masyarakat.

 

Abstract:  In the industrial era 4.0, the food business is growing very rapidly with the support of technology and creating new business opportunities. One of the food business opportunities is Tiwul Rice, located in Malang. Tiwul Rice is a food made from cassava. The Tiwul Rice food business is a partner of community service called Warung Nasi Tiwul SBR. The establishment of Warung Nasi Tiwul SBR in March 2020, coinciding with the beginning of the Covid-19 pandemic. The problem that occurs with partners is that the marketing of Tiwul Rice is still around Warung Nasi Tiwul SBR and social media. The purpose of the service activity is to increase marketing and promote online rice tiwul. The method used is to provide training and assistance to partners in the form of online marketing and social media. The results of the service activities are increasing the ability of partners in promoting tiwul rice products and increasing tiwul rice income during the Covid-19 pandemic. Evaluation of service activities is filling out questionnaires distributed by the service team to service partners. Based on the results of filling out the questionnaire, it was found that 90% of people answered they were satisfied with the service activities in the form of online marketing of Tiwul Rice. The conclusion of service activities is that service partners are enthusiastic and have a positive impact on online marketing and social media activities. Suggestions from service activities are to maximize promotions on social media and online media so that they are better known to the public.

 

References

Agustia, F. C., Rukmini, H. S., & Naufalin, R. (2018). Formulasi Tiwul Instan Tinggi Protein dari Tepung Ubi Kayu yang Disubstitusi Tepung Koro Pedang dan Susu Skim. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 7(1), 15–20. https://doi.org/10.17728/jatp.2132

Alimuddin, A., Supriadi, A., Enas, U., Aziz, F., Dewi, K. T. S., Khoiriyah, N., Sisilia, K., Lusianingrum, F. P. W., Kristanto, T., Irwansyah, R., Putra, A. R., Kusuma, G. P. E., Mutolib, A., & AK, M. F. (2021). Kewirausahaan : Teori dan Praktis. Penerbit Widina Bhakti Persada.

Aminy, A., & Fithriasari, K. (2021). Analisis Dampak Covid-19 Bagi UMKM di Jawa Timur. Seminar Nasional Official Statistics, 2020(1), 15–22. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2020i1.646

Astuti, S. D., Edi, K., Furqon, & Nuraeni, I. (2019). Pengembangan Diversifikasi Produk Tiwul Instan untuk Meningkatkan Daya Saing UKM di Kabupaten Wonosobo. Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 123–134. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.5.2.123-134

Indrawati, K. A. P., Sudiarta, N. I., & Suardana, W. I. (2017). Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook Dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. Analisis Pariwisata, 17(2), 78–83.

Kristanto, T., Muliawati, E. C., Arief, R., & Hidayat, S. (2018). Peningkatan Kualitas Produksi UKM Percetakan di Karangpilang Surabaya dan Krian Sidoarjo. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 33–38.

Kristanto, T., Rahmawati, D., Nurdin, A., Putro, F. W., Wicaksono, A. Y., Sholik, M., Metahelgia, Pratiwi, S. R., & Sholeh, L. (2019). Pelatihan Keterampilan Web Design Bagi Siswa SMK Negeri 1 Surabaya. Randang Tana : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 153–160.

Kristanto, T., Rozi, N. F., Muliawati, E. C., Arief, R., & Sadiyah, H. (2020). Pelatihan Peningkatan Omset Pendapatan Industri Rumahan Nasi Krawu Di Kabupaten Gresik. JPMK : Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3(1), 25–31.

Masniah, & Yusuf. (2013). Potensi Ubi Kayu Sebagai Pangan Fungsional. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Tanaman Aneka Kacang Dan Umbi, 580–587.

Mustafidah, A. (2017). Pelatihan Pengolahan Makanan Tradisional Untuk Meningkatkan Potensi Kreasi Olahan Basah Singkong di Desa Gayamharjo Prambanan Sleman. Jurnal Bakti Saintek: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(2), 79. https://doi.org/10.14421/jbs.1168

Nugroho, R. B. (2020). Dampak covid-19 Bagi kegiatan Ekonomi Masyarakat. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.

Rembulan, G. D. (2019). Pengembangan Industri Kecil dan Menengah Tiwul Instan sebagai Alternatif Pendukung Ketahanan Pangan dalam Perspektif Konsumen. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 8(2), 87–94.

Sarno, S., & Hakim, L. (2019). Program Kemitraan Masyarakat Kelompok Wanita Tani Desa Majalengka Banjarnegara yang Menerapkan Teknologi Diversifikasi Produk Olahan Singkong. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i1.438

Wijayanti, N. W. E., Putri, N. W. S., Suryana, I. G. P. E., Suryati, K., Kartini, K. S., Wardika, I. W. G., & Krisna, E. D. (2021). Pelatihan Bisnis Online Menggunakan Aplikasi Shopee. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 206–215.

Wikipedia. (2021). Thiwul - Wikipedia. Wikipedia.

Downloads

Published

2021-08-30

Issue

Section

Articles