EDUKASI PHBS BAGI SISWA PAUD MELALUI DESIMINASI TEKNOLOGI WASTAFEL PORTABEL DI KOTA LANGSA

Authors

  • Agus Putra AS Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Samudra
  • Baihaqi Baihaqi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra
  • Fairus Fairus Matematika, Fakultas Teknik, Universitas Samudra
  • Abdul Latief Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5086

Keywords:

Educate, PHBS, PAUD, Portable Wastafel

Abstract

Abstrak: Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untukmengedukasi perilaku hidup bersih dan sehat bagi siswa/i PAUD melalui desiminasi teknologi wastafel portabel dalam rangka meminimalisir penyebaran wabah covid 19 di kota Langsa. Metode yang digunakan adalah melalui pendekatan edukatif dan transfer technology berupa penyediaan wastafel portabel kepada 4 lembaga  pendidikan anak usia dini di kecamatan Langsa Kota melalui beberapa tahapan kegiatan yakni koordinasi, sosialisasi, perakitan alat, pendampingan, monitoring dan evaluasi. Hasil lembar evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa 87 siswa/i ( 88,5%) sangat memahami tata cara mencuci tangan dengan baik, 23 siswa/i (11,5%) memahami cara mencuci tangan dengan baik. Hasil pendampingan memperlihatkan bahwa 95 siswa/i (90% ) sangat mampu menggunakan wastafel portabel dengan baik dan 15 siswa/i (10%) mampu menggunakan wastafel portabel itu. Disimpulkan bahwa desiminasi teknologi melalui wastafel portabel mampu mengedukasi  perilaku hidup bersih dan sehat bagi siswa/i lembaga  pendidikan anak usia dini 

 

Abstract: The Community Service (PKM) aims to educate clean and healthy living behavior for early childhood students through the dissemination of portable sink technology in order to minimize the spread of the COVID-19 outbreak in the city of Langsa. The method used is through an educative approach and transfer of technology in the form of providing portable sinks to 4 early childhood education boards in Langsa Kota sub-district through several stages of activities, namely coordination, socialization, assemblying of tools, mentoring, monitoring and evaluation. The results of the evaluation sheet carried out showed that 87 students (88.5%) really understood the procedures for washing hands well, 23 students (11.5%) understood how to wash their hands well. The results of the mentoring showed that 95 students (90%) were very able to use the portable sink well and 15 students (10%) were able to use the portable wastefel. It was concluded that dissemination of technology through portable sinks was able to educate clean and healthy living behavior for early childhood education boards.

 

References

A’yun, S. Q., Suminar, E., & Maulani, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Indonesian Journal of Professional Nursing, 1(2). https://doi.org/10.30587/ijpn.v1i2.2289

Anhusadar, L., & Islamiyah, I. (2020). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.555

Baihaqi, B., Abdul Latief, Agus Putra AS, & Adi Bejo Suwardi. (2020). Pemberdayaan Pokdakan Tanah Berongga-Sido Urep Melalui Budidaya Lele Bioflok Autotrof di Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(2). https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i2.2103

Baysha, M. H., Astuti, E. R. P., & Akhmad, N. (2020). Pengembangan Desa Wisata Kuliner Deret Jurang Sate. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(3). https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i3.298

Depkes RI. (2018). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. In Kementerian Kesehatan RI.

Dinata, I. K. K. (2011). Pemberdayaan Potensi Masyarakat dalam Pengembangan Pariwisata Berbasis Pertanian di Kecamatan Petang Kabupaten Badung Bali. Majalah Aplikasi Ipteks Ngayah, 2(2).

Fajar, M., Annisa, N., Anggriana, A. J., & dkk. (2020). Bunga Rampai Pandemi “Menyingkap Dampak-Dampak Sosial Kemasyarakatan Covid-19.†IAIN Parepare Nusantara Press.

Iswati, R. S. (2013). Studi Tentang Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia 3-4 Tahun. EMBRIO, 2. https://doi.org/10.36456/embrio.vol2.no0.a1229

Jauhari. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Buah Hati, 7(2). https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1172

Karuniawati, B., & Putrianti, B. (2020). Gambaran perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) dalam pencegahan penularan covid-19. Jurnal Kesehatan Karya Husada, 8(2). https://doi.org/10.36577/jkkh.v8i2.411

Kemenkes RI. (2018). Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia 2017. Data dan Informasi. Kementrian Keseahtan RI; 2018. In Jurnal Ilmu Kesehatan.

Kementerian Kesehatan RI. (2009). UU No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Society.

Kusmiyati, M. & B. (2019). Penyuluhan Tentang Kebersihan Diri Untuk Menunjang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa Smpn 2 Gunungsari. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Latif, M. A. (2019). Model Pembelajaran Area pada Pendidikan Inklusif Anak Usia 5-6 Tahun di Lembaga Early Childhood Care and Development Resource Center (ECCD-RC) Yogyakarta. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.375

Mansur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. In At-Taqaddum.

Nadrati, B., Wijayanto, W. P., & Musniati, M. (2019). Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Santri Di Pondok Pesantren Ad Diinul Qoyyim Lombok Barat. Holistik Jurnal Kesehatan, 13(1). https://doi.org/10.33024/hjk.v13i1.1126

Proverawati, Atikah; Rahmawati, E. (2012). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jurnal Keperawatan Komunitas.

Rai, I. N. (2018). Penataan Kebun Dan Pembuatan Kuliner Dari Buah Dan Rebung Salak Untuk Mendukung Pengembangan Desa Sibetan Sebagai Desa Sentra Agrowisata Berbasis Salak. Buletin Udayana Mengabdi, 17(2). https://doi.org/10.24843/bum.2018.v17.i02.p10

Rusdiyana, R. (2019). Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa Kleas V SDN Cindai Alus 1 Kabupaten Banjar. Wahana-Bio Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, XXI.

Safitri, H. I., & Harun, H. (2020). Membiasakan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.542

Sukmadani Rusdi, M., Rifqi Efendi, M., Eka Putri, L., Kamal, S., & Surya, S. (2021). Edukasi Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Widayati, T. (2018). Pendidikan Keselamatan Diri Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi. https://doi.org/10.21009/jiv.1302.5

Downloads

Published

2021-08-30

Issue

Section

Articles