PENINGKATAN KETRAMPILAN DAN KEMAMPUAN KOMPUTER MELALUI PELATIHAN APLIKASI PERKANTORAN BAGI PERSONEL POLRI TEGAL KOTA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5095Keywords:
Office Applications, Computerization, Administratie ServicesAbstract
Abstrak: Teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat, apalagi saat ini di masa pandemi, dimana pertemuan tatap muka lebih sulit dilakukan dibandingkan dengan tatap muka virtual. Perkembangan teknologi yang amat pesat  di segala lapisan, tidak terkecuali di berbagai departemen pemerintahan, dari level nasional, hingga level pemerintahan terkecil. Seperti halnya pelayanan di wilayah Kepolisian Tegal Kota, dimana hampir semua bentuk administratif telah berbasis komputerisasi, menuju pelayanan sistem informasi terpadu. Kepolisian Kota Tegal memilliki beberapa bagian atau unit yang tentunya akan berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat, tetapi ada beberapa personil yang belum mahir dalam mengimplementasikan aplikasi perkantoran dalam bidang pelayanan ini. Untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan komputer bagi personil POLRI Kota Tegal maka pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan pelatihan selama 5 hari, diikuti oleh 31 personil dengan mengimplementasikan penggunaan Microsoft Word, Microsoft Excel  dan  Microsoft Powerpoint untuk melakukan kegiatan pelayanan administratif dalam pelayanan masyarakat. Hasil pengabdian ini sangat baik, dimana 100% peserta pengadian ini yang telah lulus mengikuti tes akhir yang dilaksanakan pada akhir pelatihan.
Â
Abstract: Information technology is developing very rapidly, especially now during a pandemic, which face to face meetings are more difficult than virtual meetings. The development of technology occurred at all levels, including in various government deparement, from he national leel to smallest goverment level. As with services in Tegal City Police area, which almost all administrative services have been computerized, towards integrated information sysem services. The Tegal City Police have several sections or units that will of course be directly realted to community services, but there are some personnel who are not yet proficient in implementing office applications in office administrative. To improve computer skills and abilities for POLRI personnel in TEgal City, this community service was carried out by training for 5 days, followed by 31 personnel by implementing Microsoft Word, Microsoft Excel and Microsoft Powerpoint to carry out administrative service activities to serve community. The result of this community service are very good, 100% personnel have passed the final est which was carried out at the end of the training.
References
Afriliana, I., Rakhman, A., Nurohim, N., & Maulana, A. (2020). Peningkatan Pelayanan Administratif Melalui Penguatan Kompetensi Aplikasi Perkantoran di Kecamatan Talang. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2020.1.1.1-5
Ashari, M. O. M. (2020). Kedudukan dan Kewenangan TNI dalam Mencegah Tindak Pidana Terorisme. Jurist-Diction, 3(2), 471. https://doi.org/10.20473/jd.v3i2.18199
Damayanti, D. (2016). Analisis Pelayanan Peningkatan Kualitas Penerbitan Surat Ijin Mengemudi (Studi Kasus di Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Kendal). Majalah Ilmiah Inspiratif, 501(1), 1689–1699.
DESRA. (2020). Kenali Peluang & Tantangan Bisnis Di Era Digital Saat Ini. Journal Enterpreneur, -(-), -.
Elysia, V., Wihadanto, A., & Sumartono. (2017). Implementasi E-Government Untuk Mendorong Pelayan an Publik yang Terintegrasi di Indonesia. Optimalisasi Peran Sains Dan Teknologi Untuk Mewujudkan Smart City, 353–380.
Haerani, R., & Repelita, R. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Office Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Bagi Pegawai Kantor Desa Harjatani Kramatwatu Serang-Banten. MINDA BAHARU, 4(2), 68. https://doi.org/10.33373/jmb.v4i2.2692
Hufron, H. (2019). Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Dalam Penataan Kelembagaan Terbaru. Jurnal Hukum Magnum Opus, 2(2), 114. https://doi.org/10.30996/jhmo.v2i2.2496
Magdalena, I., Yulianti, D., Ningsih, D. A., & Ramadhania, P. R. (2020). Perkembangan Teknologi dalam Media Pembelajaran Online serta Dampaknya di Masa Pandemi Covid 19 di SDN Kosambi III Sukadiri. Edisi, 2, 375–386. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1011
Mardani, D. P. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pendidikan di Indonesia. Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/dewi09529/5f9e70338ede48358c5cc372/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-pendidikan-di-indonesia?page=1
Natasuwarna, A. P. (2019). Tantangan Menghadapi Era Revolusi 4 . 0 - Big Data dan Data Mining. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019, 23–27.
Noviyanti, C., Erawati, W., & Lesmana, H. (2020). Rancang Bangun Pemetaan UMKM Kota Tegal Berbasis Sistem Informasi Geografis. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 6(1), 56–63. https://doi.org/10.31294/ijse.v6i1.8101
Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan, 1–9.
Wahyuni, N., & Dra. Maesaroh, M. S. (2016). Analisis Inovasi Pelayanan di Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Studi Kasus Simile Police). Jurnal Administrasi Publik Undip, 91(5), 1689–1699.
Wicaksono, A. (2020). Aktivitas Fisik Yang Aman Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1), 10–15.
Wiryasaputra, R. (2017). Pelatihan Aplikasi Perkantoran Kepolisian Sektor Tanjung. 1(2), 60–64.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).