PENINGKATAN SOFTSKILL SISWA MELALUI IMPLEMENTASI IoT BERBASIS ARDUINO BAGI SMK MUHAMMADIYAH 1 KOTA TEGAL
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5251Keywords:
Implementasi, SoftSkills, ArduinoAbstract
Abstrak: Teknologi IoT ini sangat revelan di berbagai bidang dan salah satunya pada bidang pendidikan. Dalam meningkatkan kompetensi lulusannya, untuk peningkatan Softkill Siswa-Siswi SMK Muhamadiyah 1 Tegal yang dapat digunakan sebagai bekal siswa-siswi untuk terjun ke dunia kerja. Pengetahuan siswa akan teknologi IoT sangat minim sehingga siswa-siswi merasa perlu pemberian workshop. Untuk meningkatkan pengetahuan siswa-siswi dalam penguasaan teknologi IoT ini dilakukan dengan workshop selama 2 hari. Dengan metode presentasi dan diskusi serta praktik dan pendampingan terhadap peserta kegiatan, pelatihan dilaksanakan dengan tujuan peserta kegiatan mempunyai ilmu yang baru dan dapat mengetahui mengenai perkembangan teknologi khususnya penggunaan teknologi IoT. Pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal sebanyak 60 siswa-siswi. Setelah mengikuti kegiatan pengabdian hasilnya siswa siswi lebih baik, dimana hasil kuisioner yang didapat 98% siswa-siswi paham dalam mengikuti penguasaan teknologi IoT berbasis Arduino.
Abstract:Â IoT technology is very relevant in various fields and one of them is in the field of education. In improving the competence of graduates, to increase the Softkill of SMK Muhamadiyah 1 Tegal students which can be used as a provision for students to enter the world of work. Students' knowledge of IoT technology is very minimal so students feel the need to provide workshops. To increase students' knowledge in mastering IoT technology, this is done with a 2-day workshop. With presentation and discussion methods as well as practice and assistance to activity participants, the training is carried out with the aim of activity participants having new knowledge and being able to find out about technological developments, especially the use of IoT technology. The implementation of this activity was attended by 60 students of SMK Muhammadiyah 1 Tegal City. After participating in the service activities, the results of the students were better, where the results of the questionnaire obtained were 98% of the students understood the mastery of Arduino-based IoT technology.
References
Afriliana, I., Budihartono, E., & Sabanise, Y. (2018). Pengenalan Internet of Things (Iot) Untuk Peningkatan Softskill Pada Siswa Sma N 5 Tegal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 1(2), 92–97. https://doi.org/10.30591/japhb.v1i2.953
Budihartono, E., Sabanise, Y. F., & Arif Rakhman. (2021). E-ISSN : 2549-0796. Smart Comp, 10(2), 2–5.
Ciptadi, P. W., & Hardyanto, R. H. (2018). Penerapan Teknologi IoT pada Tanaman Hidroponik menggunakan Arduino dan Blynk Android. Jurnal Dinamika Informatika, 7(2), 29–40.
Fauzi, A., Maulana, A., Firmansyah, Pernando, F., & Heristian, S. (2019). Pelatihan Perancangan Alat Berbasis Arduino Uno. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusa Mandiri, 1(1), 1–6.
Imelda, Rohmawati, T., Sujana, A. P., & Sitanggang, A. S. (2019). Pkm Penerapan Teknologi Mobile Dalam Jasa Travel Berbasis Smart City. 04(01), 364–371.
Indriyanto, J., Afriliana, I., & Budihartono, E. (2019). Peningkatan kompetensi anggota HISPPIKota Tegal dalam penggunaan aplikasi berbasis android. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 2(1), 13–17. https://doi.org/10.30591/japhb.v2i1.1282
Manfaluthy, M., & Ekawati, R. (2019). Pelatihan Internet of Things (IoT Trainer) Berbasis ESP8266 pada SMK Al-Muhadjirin Bekasi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, September.
Nuryanto, N., & Badaruddin, M. (2019). Implementasi Pendidikan Soft Skills dalam Membentuk Moralitas Siswa Madrasah. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 183. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1725
Priyono, M., Sulistyanto, T., Nugraha, D. A., Sari, N., Karima, N., & Asrori, W. (2015). Implementasi IoT (Internet of Things) dalam pembelajaran di Universitas Kanjuruhan Malang. SMARTICS Journal, 1(1), 20–23.
Qomariyah, N., Wirawan, R., Minardi, S., Alaa’, S., & Yudi Handayana, I. G. N. (2020). Pendalaman Konsep Fisika Menggunakan Alat Peraga Berbasis Mikrokontroler Pada Siswa Sma. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 486. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3225
Ritonga, A. F., Wahyu, S., & Purnomo, F. O. (2020). Implementasi Internet of Things (IoT) untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Jakarta 1. Risenologi : Jurnal Sains, Teknologi, Sosial, Pendidikan, Dan Bahasa, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2020.51.57
Sansurizal, S. (2018). Pengenalan Teknologi Pengontrol Berbasis Arduino Di Smk Negeri 6 Tangerang Selatan. Terang, 1(1), 31–41. https://doi.org/10.33322/terang.v1i1.17
Senantias, P., & Surabaya, S. P. (2020). Pemanfaatan teknologi pembelajaran di era revolusi industri 4 . 0 utilization of learning technology in the era of industrial revolution 4 . 0 Saiful Ulum , 2 Suhartono , 3 Evi Sistiyarini A . Analisis Situasi Perkembangan teknologi dari tahun-ketahun men. 1(1), 1333–1342.
Sitorus, M. B., Gifson, A., Mangapul, J., & Aziz, H. (2020). Pelatihan Mikrokontroler Dalam Pengenalan Robotika Sebagai Respon Revolusi Industri 4.0 Di SMK Media Informatika Dasana Indah Tengerang. Terang, 2(2), 144–150. https://doi.org/10.33322/terang.v2i2.989
Sitorus, M. B., Mangapul, J., Aziz, H., Pramono, T., IPM, P., & Gifson, A. (2019). Pemrograman Mikrokontroler Guna Memperkenalkan Industri 4.0 di SMA Negeri 7 Tangerang Selatan. Terang, 2(1), 34–42.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).