PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PROGRAM ARTICULATE STORYLINE BAGI GURU SMP
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5392Keywords:
Interactive Learning Media, articulate storyline, teachers, learning, education.Abstract
Abstrak: Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih guru-guru agar mampu membuat media pembelajaran interaktif agar menjadi salah satu sarana dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada awal minggu pertama bulan Agustus 2021, dengan jumlah peserta yang hadir 18 orang guru. Metode pengabdian ini dilakukan dengan cara memberikan pelatihan dan pendampingan langsung kepada guru-guru secara untuk membuat media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi articulate storyline. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan media pembelajaran initeraktif sesuai dengan bidang pelajarang setiap guru seperti guru IPA yang mebuat media pembelajaran untuk pelajaran IPA. Kegiatan ini juga memberikan kontribusi bagi sekolah dan guru-guru, 90% guru-guru paham denga napa yang disampaikan oleh tim pengabdi. Dengan tingginya pemahaman guru-guru ini, diharapkan dapat dijadikan sebagai Learning Management System (LMS) sederhana untuk sekolah yang nantinya dapat digunakan dalam proses pembelajaran secara daring maupun luring.
Abstract: The purpose of this activity is to train teachers to be able to create interactive learning media so that they become a means of learning. This service activity was carried out at the beginning of the first week of August 2021, with 18 teachers attending. This service method is carried out by providing training and direct assistance to teachers to create interactive learning media using the articulate storyline application. This service activity produces this interactive learning media according to the subject area of each teacher such as a science teacher who makes learning media for science lessons. This activity also contributes to schools and teachers, 90% of the teachers understand what the service team is saying. With the high understanding of these teachers, it is hoped that it can be used as a simple Learning Management System (LMS) for schools which can later be used in the online and offline learning process.
References
Anam, K. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 17.
Astuti, Y., Suciati, R., & Lestari, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Tulang Daun (Leaf Skeleton) Di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 939–948.
Azhar, Z., Hutahaean, J., & Mulyani, N. (2021). Pelatihan Penyajian Pembelajaran dengan Berbasis Daring Bagi Guru - Guru Di Ra Al-Fariq. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 994–1004.
Balkist, P. S., Nurcahyono, N. A., Lukman, H. S., Setiani, A., Agustiani, N., Mulyanti, Y., & Imswatama, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Microsoft Kaizala Sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika di Era New Normal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 55–64. Https://Doi.Org/10.31764/Jmm.V5i1.3235
Bernadus Tokan. (2019, Februari 5). Banyak Faktor Penyebab Mutu Pendidikan di NTT Rendah. Antara News NTT. https://kupang.antaranews.com/berita/18174/banyak-faktor-penyebab-mutu-pendidikan-di-ntt-rendah
D, A. (2017, Mei 3). Mutu Rendah Pendidikan Di NTT, Apa Pemicunya? Floresa.Co. https://www.floresa.co/2017/05/03/mutu-rendah-pendidikan-di-ntt-apa-pemicunya/
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262
Manullang, S.-, Sitompul, P.-, & Siregar, N.-. (2021). Pelatihan Google Clasroom Untuk Guru-Guru SMP Satu Atap Patumbak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(2), 186–191. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i2.21590
Pongkendek, J. J., & Marpaung, D. N. (2021). Pelatihan Pembuatan Soal Hots Dan Penggunaan Software Wondershare Quiz Creator Kepada Guru SMA YPK Merauke. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 216–228. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3761
Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Permanasari, L. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jk.v42i2.2236
Rahmatika, K. D., Prasetyo, T., & Wulandari, R. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2), Article 2. https://www.unida.ac.id/ojs/skripsiunida/article/view/1665
Saleh, S., Darwis, M., & Arhas, H. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Elektronik Dan Non-Elektronik. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 73–80. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3259
Sari, I. P., Sari, M. N., & Miftah, Z. (2019). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pkm Pengabdian epada Masyarakat, 2(02), 119–126. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i02.3049
Setiawan, K. (2018, Januari 7). Menteri Muhadjir Effendy: Pendidikan Di NTT Urutan 3 Terbawah. Tempo. https://nasional.tempo.co/read/1048094/menteri-muhadjir-effendy-pendidikan-di-ntt-urutan-3-terbawah
Subarkah, P., Abdallah, M. M., & Hidayah, S. O. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Virtual Meeting Untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar Bagi Guru. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1214–1223. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.4742
Yusrizal, Y., Safiah, I., & Nurhaidah, N. (2017). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2).
Z, Z., Adlim, A., & Mahidin, M. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 72–80.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).