PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PROGRAM ARTICULATE STORYLINE BAGI GURU SMP

Authors

  • Muhammad Amran Shidik Pendidikan Biologi, Universitas Timor
  • Lidwina Felisima Tae Pendidikan Biologi, Universitas Timor
  • Ni Putu Yuni Astriani Dewi Pendidikan Biologi, Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5392

Keywords:

Interactive Learning Media, articulate storyline, teachers, learning, education.

Abstract

Abstrak: Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih guru-guru agar mampu membuat media pembelajaran interaktif agar menjadi salah satu sarana dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada awal minggu pertama bulan Agustus 2021, dengan jumlah peserta yang hadir 18 orang guru. Metode pengabdian ini dilakukan dengan cara memberikan pelatihan dan pendampingan langsung kepada guru-guru secara untuk membuat media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi articulate storyline. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan media pembelajaran initeraktif sesuai dengan bidang pelajarang setiap guru seperti guru IPA yang mebuat media pembelajaran untuk pelajaran IPA. Kegiatan ini juga memberikan kontribusi bagi sekolah dan guru-guru, 90% guru-guru paham denga napa yang disampaikan oleh tim pengabdi. Dengan tingginya pemahaman guru-guru ini, diharapkan dapat dijadikan sebagai Learning Management System (LMS) sederhana untuk sekolah yang nantinya dapat digunakan dalam proses pembelajaran secara daring maupun luring.

Abstract: The purpose of this activity is to train teachers to be able to create interactive learning media so that they become a means of learning. This service activity was carried out at the beginning of the first week of August 2021, with 18 teachers attending. This service method is carried out by providing training and direct assistance to teachers to create interactive learning media using the articulate storyline application. This service activity produces this interactive learning media according to the subject area of each teacher such as a science teacher who makes learning media for science lessons. This activity also contributes to schools and teachers, 90% of the teachers understand what the service team is saying. With the high understanding of these teachers, it is hoped that it can be used as a simple Learning Management System (LMS) for schools which can later be used in the online and offline learning process.

References

Anam, K. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 17.

Astuti, Y., Suciati, R., & Lestari, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Tulang Daun (Leaf Skeleton) Di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 939–948.

Azhar, Z., Hutahaean, J., & Mulyani, N. (2021). Pelatihan Penyajian Pembelajaran dengan Berbasis Daring Bagi Guru - Guru Di Ra Al-Fariq. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 994–1004.

Balkist, P. S., Nurcahyono, N. A., Lukman, H. S., Setiani, A., Agustiani, N., Mulyanti, Y., & Imswatama, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Microsoft Kaizala Sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika di Era New Normal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 55–64. Https://Doi.Org/10.31764/Jmm.V5i1.3235

Bernadus Tokan. (2019, Februari 5). Banyak Faktor Penyebab Mutu Pendidikan di NTT Rendah. Antara News NTT. https://kupang.antaranews.com/berita/18174/banyak-faktor-penyebab-mutu-pendidikan-di-ntt-rendah

D, A. (2017, Mei 3). Mutu Rendah Pendidikan Di NTT, Apa Pemicunya? Floresa.Co. https://www.floresa.co/2017/05/03/mutu-rendah-pendidikan-di-ntt-apa-pemicunya/

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262

Manullang, S.-, Sitompul, P.-, & Siregar, N.-. (2021). Pelatihan Google Clasroom Untuk Guru-Guru SMP Satu Atap Patumbak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(2), 186–191. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i2.21590

Pongkendek, J. J., & Marpaung, D. N. (2021). Pelatihan Pembuatan Soal Hots Dan Penggunaan Software Wondershare Quiz Creator Kepada Guru SMA YPK Merauke. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 216–228. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3761

Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Permanasari, L. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jk.v42i2.2236

Rahmatika, K. D., Prasetyo, T., & Wulandari, R. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2), Article 2. https://www.unida.ac.id/ojs/skripsiunida/article/view/1665

Saleh, S., Darwis, M., & Arhas, H. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Elektronik Dan Non-Elektronik. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 73–80. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3259

Sari, I. P., Sari, M. N., & Miftah, Z. (2019). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pkm Pengabdian epada Masyarakat, 2(02), 119–126. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i02.3049

Setiawan, K. (2018, Januari 7). Menteri Muhadjir Effendy: Pendidikan Di NTT Urutan 3 Terbawah. Tempo. https://nasional.tempo.co/read/1048094/menteri-muhadjir-effendy-pendidikan-di-ntt-urutan-3-terbawah

Subarkah, P., Abdallah, M. M., & Hidayah, S. O. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Virtual Meeting Untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar Bagi Guru. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1214–1223. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.4742

Yusrizal, Y., Safiah, I., & Nurhaidah, N. (2017). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2).

Z, Z., Adlim, A., & Mahidin, M. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 72–80.

Published

2021-12-04

Issue

Section

Articles