PENGEMBANGAN DIGITAL ENTREPRENEURSHIP BAGI PELAKU INDUSTRI RUMAHAN DI KOTA BOGOR

Authors

  • Boldson Herdianto Situmorang Ilmu Komputer, Universitas Pakuan http://orcid.org/0000-0001-5755-2998
  • Mohamad Iqbal Suriansyah Ilmu Komputer, Universitas Pakuan
  • Aditya Prima Yudha Manajemen, Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5408

Keywords:

Digital Entrepreneurship, Digital Marketing, Home Industry.

Abstract

Abstrak: Pandemi Covid-19 berdampak signifikan terhadap sektor bisnis, termasuk industri rumahan. Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dimaksudkan untuk menghentikan penyebaran Covid-19, membuat pelanggan mengurangi aktivitas ekonomi sehingga menyebabkan penurunan omzet industri rumahan, termasuk mitra program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini. Wirausaha digital (digital entrepreneurship) merupakan fenomena yang semakin berkembang saat ini sebagai peluang usaha yang inovatif untuk memperoleh pangsa pasar dan menghasilkan uang melalui strategi pemasaran digital. PkM ini bertujuan untuk mengembangkan digital entrepeneurship bagi mitra sebagai upaya untuk menaikkan omzet di tengah pandemi Covid-19. Metode yang telah dilaksanakan diantaranya pengumpulan data, brainstorming, analisis implikasi pengembangan digital entrepreneurship, dan evaluasi kegiatan. Dengan membandingkan rata-rata nilai pre-test 77,08 dan post-test 91,67, terdapat kenaikan 14,59. Hasil ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan keterampilan mitra dalam pemasaran digital telah meningkat sehingga mitra mampu mengembangkan digital entrepreneurship.

Abstract: The Covid-19 pandemic has had a significant impact on the business sector, including home industries. The Large-scale social restrictions (PSBB) and enforcement of public activity restrictions (PPKM) intended to curb the spread of Covid-19 were made customers downscale economic activities, so that impacted a negative revenue for our partners. Digital entrepreneurship is a phenomenon that is growing today as an innovative business opportunity to gain market share through digital marketing strategies. The program’s aim is to develop digital entrepreneurship to our partners to increase its revenue during Covid-19 pandemic. The methods that have been implemented including data collection, brainstorming, analysis of implication of digital entrepreneurship development, and evaluation. Comparison of mean pre-test score (77,08) and post-test score (91,67) indicates that increment of 14,59 was found. The result show that the knowledge and the skill of the partners in the marketing digital have improved so that it is capable for the partners to develop the digital entrepreneurship.

Author Biography

Boldson Herdianto Situmorang, Ilmu Komputer, Universitas Pakuan

Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

References

Bahtiar, R. A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Serta Solusinya. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Bidang Ekonomi dan Kebijakan Publik, XIII(10), 19–24. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XIII-10-II-P3DI-Mei-2021-1982.pdf

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Hanifawati, T., & Listyaningrum, R. S. (2021). Peningkatan Kinerja UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Penerapan Inovasi Produk dan Pemasaran Online. Warta LPM, 24(3), 412–426. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.12615

Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 23(2), 117–120.

Hilmiana, H., & Kirana, D. H. (2021). Peningkatan Kesejahteraan Umkm Melalui Strategi Digital Marketing. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 124. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32388

Kasidi. (2020). Tantangan Kewirausahaan Di Era Ekonomi Digital. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(1), 17–23.

Madiyant, M. (2020). Copywriting Retorika, Iklan dan Storytelling, Teori dan Teknik Menulis Naskah Iklan. Gadjah Mada University Press. https://ugmpress.ugm.ac.id/userfiles/product/Copywriting.pdf

Muafi, M., Syafri, W., Prabowo, H., & Nur, S. A. (2021). Digital Entrepreneurship in Indonesia: A Human Capital Perspective. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 351–359. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no3.0351

Purwati, Y., & Perdanawanti, L. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM) Vol., 1(1), 42–51.

Rahman, T., & Nurdian, Y. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Pemasaran Toko Roti Di Pabian Sumenep. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 645–650. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.4727

Ratih, P., Zaenal, M., & Silvya, D. (2021). Digital Entrepreneurship in Pandemic Covid 19 Era: The Digital Entrepreneurial Ecosystem Framework. Review of Integrative Business and Economics Research, 10(1), 114–135. https://search-proquest-com.zorac.aub.aau.dk/docview/2488268016?pq-origsite=primo

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Supratman, L. P., & Rachmansyah, M. (2020). Peran Media Instagram dalam Memasarkan Produk Fashion Dollies. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(1), 73. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2865

We Are Social. (2021). Digital 2021 Indonesia: All The Data, Trends, and Insights You Need to Help You Understand How People Use The Internet, Mobile, Social Media, and Ecommerce. Datareportal. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Wijoyo, H., Haudi, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & ... (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa (Pengabdian kepada Masyarakat Kerjasama Antar Kampus). Ikra-Ith …, November. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/778/584

Published

2021-12-04

Issue

Section

Articles