PENGEMBANGAN APLIKASI ONLINE DELIVERY SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMBANTU PENINGKATAN PENDAPATAN
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5413Keywords:
Online Delivery, Marketing, RevenueAbstract
Abstrak: Covid-19 yang melanda dunia mambawa dampak pada perekonomian terutama pada sektor perdagangan salah satunya dialami oleh Usaha Kecil Menengah (UKM). Pada masa pandemi usaha dibidang kuliner disarankan untuk memberikan layanan antar atau take away. Hal ini membuka peluang untuk jasa pengiriman barang salah satunya bagi usaha UKM Hanura Takeaway (Haway). Haway menggunakan media WhatsApp untuk pemesanan jasa antar barangnya. Akan tetapi penggunaan WhatsApp mengalami kendala, diantaranya pendataan tidak terkelola dengan baik. Hal ini dikarenakan chat WhatsApp dari konsumen menumpuk sehingga driver tidak mengetahui adanya pesanan dari masyarakat dan pencatatan pick-up barang. Mitra pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan adalah UKM Hanura Takeaway (Haway) dengan sebanyak 20 orang. Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk mempermudah mitra dalam menjalankan usahanya sehingga meningkatkan pendapatanya pada masa pandemic Covid-19. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan berupa pengembangan aplikasi online delivery dan memberikan pendampingan dalam bentuk pelatihan penggunaan sistem. Berdasarkan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan aplikasi yang dilakukan dapat meningkatkan pendapatan dan mempermudah dalam proses bisnis mitra. Selama lima bulan penggunaan aplikasi terdapat peningkatan transaksi sebanyak 28,13% dan peningkatan pendapatan sebanyak 21%.
Abstract: The Covid-19 that hit the world had an impact on the economy, especially in the trade sector, one of which was experienced by Small and Medium Enterprises (SMEs). During the pandemic, businesses in the culinary field are advised to provide delivery or take away services. This opens up opportunities for goods delivery services, one of which is for the SME business Hanura Takeaway (Haway). Hawa uses WhatsApp media to order services between goods. However, the use of WhatsApp has experienced problems, including the data collection is not managed properly. This is because WhatsApp chats from consumers accumulate so that drivers do not know of orders from the public and record pick-up of goods. The community service partner carried out is UKM Hanura Takeaway (Haway) with as many as 20 people. The Community Service carried out aims to make it easier for partners to run their business so as to increase their income during the Covid-19 pandemic. Community service is carried out in the form of developing online delivery applications and providing assistance in the form of training on the use of the system. Based on the community service that has been carried out, it shows that the application development carried out can increase revenue and make it easier for partners' business processes. During the five months of using the application, there was an increase in transactions of 28.13% and an increase in revenue of 21%.
Â
References
Ahmad, I., Borman, R. I., Fakhrurozi, J., & Caksana, G. G. (2020). Software Development Dengan Extreme Programming (XP) Pada Aplikasi Deteksi Kemiripan Judul Skripsi Berbasis Android. Jurnal Invotek Polbeng - Seri Informatika, 5(2), 297–307.
Ahmad, I., & Indra, H. (2016). Rancang Bangun Sistem Tiket Masuk Pada Objek Wisata Pantai Mutun. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 61–71.
Anggarani, A., & Tyas, W. P. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Sektor Ekonomi Berimbas Pada Tingginya Angka Perceraian di Wilayah Kabupaten Bogor. Jurnal Abdimas, 7(7), 3.
Anggoro, D., Hasugian, H., & Nofiyani, N. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid-19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 384–391.
Borman, R. I., Yasin, I., Darma, M. A. P., Ahmad, I., Fernando, Y., & Ambarwari, A. (2020). Pengembangan Dan Pendampingan Sistem Informasi Pengolahan Pendapatan Jasa Pada PT. DMS Konsultan Bandar Lampung. Journal of Social Science and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(2), 24–31.
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Fernando, Y., Ahmad, I., Azmi, A., & Borman, R. I. (2021). Penerapan Teknologi Augmented Reality Katalog Perumahan Sebagai Media Pemasaran Pada PT. San Esha Arthamas. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), 5(1), 62–71.
Kirigia, J. M., Nabi, R., & Karimi, D. (2020). The Fiscal Value of Human Lives Lost from Coronavirus Disease (COVID‑19) in China. BMC Research Notes, 13(198), 1–5. https://doi.org/10.1186/s13104-020-05044-y
Melinda, M., Borman, R. I., & Susanto, E. R. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Publik Berbasis Web (Studi Kasus : Desa Durian Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran). Jurnal Tekno Kompak, 11(1), 1. https://doi.org/10.33365/jtk.v11i1.63
Ndaumanu, R. I., Nugraha, D., & Putra, A. J. A. (2021). Aplikasi Berbasis Desktop Sebagai Upaya Membantu Penjualan Dan Pembelian Produk UMKM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 2082–2089.
Rakhmah, S. N., Reza, R., & Novel, K. (2019). Aplikasi Delivery Order Makanan dan Minuman Berbasis Web Pada Restoran Mang Kabayan. Jurnal Teknika, 11(2), 1109–1116.
Saputra, A. D., & Borman, R. I. (2020). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Foto Berbasis Android (Studi Kasus: Ace Photography Way Kanan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 1(2), 87–94.
Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.
Sucipto, L., & Syaharuddin, S. (2018). Konstruksi Forecasting System Multi-Model untuk pemodelan matematika pada peramalan Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Nusa Tenggara Barat. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 4(2), 114. https://doi.org/10.26594/register.v4i2.1263
Sudewi, S., & Khodijah, K. (2018). Analisis Sistem Informasi Delivery Berbasis Web Mobile Pada Warung Makan Setia Kawan Pringsewu Dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, 16(2), 127–135.
Sulistiono, H., & Otto, M. (2021). Sistem Informasi Akademik Siswa Dan Orang Tua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Paket B Tahfiz Daarus Sunnah Cibinong. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1–8.
Suwardi, A. B., Baihaqi, B., Syardiansah, S., & Navia, Z. I. (2021). Penguatan Pemasaran Produk Tenun Lidi Nipah Pada Kelompok Bungong Chirih Melalui Aplikasi E-Marketing Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(2), 142–146.
Syaharuddin, S., & Ibrahim, M. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Desa Sebagai Teknologi Tepat Guna Untuk Pendataan Penduduk Dan Potensi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 60. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.14
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).