PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BERBISNIS SECARA ONLINE

Authors

  • Ana Noor Andriana Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman
  • Adietya Arie H. Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman
  • Zharifa Aisha Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman
  • Alifia Nurul Kusuma Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman
  • Adinda El Maura Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5426

Keywords:

e-commerce, business interest, online

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi menjadikan banyak orang bersaing membuat karya berbasis teknologi. Seiring berkembangnya waktu dan inovasi, mulai bermunculan aplikasi yang dirancang khusus untuk kegiatan jual beli yaitu E-Commerce, yang membuat kegiatan jual beli ini menjadi praktis, tidak harus bertemu antara penjual dan pembeli. Salah satunya yaitu aplikasi Shopee yang memudahkan proses jual beli tanpa harus bertemu langsung. Saat ini tidak semua mahasiswa dan masyarakat mampu menggunakannya, perlu dilakukan pelatihan penggunaan aplikasi Shopee untuk meningkatkan minat bisnis online. Tujuan dari kegiatan ini adalah terlaksananya program pengabdian kepada masyarakat dan menambah wawasan mahasiswa serta masyarakat dalam penggunaan aplikasi Shopee dan berdampak pada peningkatan minat bisnis online. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan sosialisasi dan pelatihan melalui webinar. Jumlah peserta kegiatan ini sebanyak 20 orang yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum. Hasil yang dicapai yaitu sebanyak 70% peserta dapat memahami isi materi pelatihan dan antusias membuat akun Shopee serta akan menggunakan aplikasi Shopee untuk memulai berbisnis secara online.

Abstract: Technological developments make many people compete to make technology-based works. Along with the development of time and innovation, applications that are designed specifically for buying and selling activities, namely E-Commerce, have started to appear, which makes buying and selling activities practical, not having to meet between sellers and buyers. One of them is the Shopee application which facilitates the buying and selling process without having to meet in person. Currently not all students and the public are able to use it, it is necessary to conduct training on the use of the Shopee application to increase interest in online business. The purpose of this activity is to carry out community service programs and add insight to students and the community in using the Shopee application and have an impact on increasing interest in online business. The method of implementing the activities is through socialization and training through webinars. The number of participants in this activity was 20 people consisting of students and the general public. The results achieved are that 70% of participants can understand the content of the training material and are enthusiastic about creating a Shopee account and will use the Shopee application to start doing business online.

 

References

Andriana, A. N., & Fourqoniah, F. (2020). Pengembangan Jiwa Entrepreneur Dalam Meningkatkan Jumlah Wirausaha Muda. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(1), 43. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3823

Desiani, A., Irmeilyana, I., Putri, A. I., Yuniar, E., Calista, N. A., Makhalli, S., & Amran, A. (2021). Pemanfaatan marketplace shopee sebagai strategi untuk meningkatkan pemasaran kain songket. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 209. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9222

Fitriyana, F., Nuryani, A., Rosyati, T., & Gusvia, Y. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Pada Umkm Dalam Masa Covid-19. Dedikasi Pkm, 2(2), 206. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i2.9765

Gani, M. O., & Faroque, A. R. (2020). Digital Marketing. 05(01), 172–202. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-5823-2.ch008

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi Umkm ( Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. 16, 32–41.

Latifah, N., Widayani, A., & Normawati, R. A. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E- Commerce Shopee. BISMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 82. https://doi.org/10.19184/bisma.v14i1.13550

Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 39–50.

Maria Nila Anggia, & Muhammad Rifki Shihab. (2019). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159–170. https://doi.org/10.21460/jutei.2018.22.125

Nilasari, R. (2019). Pengaruh Trust Dan E-Service Terhadap Repurchase Intention Bagi Pengguna Aplikasi Shopee. E-Jurnal Akuntansi, 29(2), 755. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v29.i02.p20

Pinariya, J. M., Forceila, D., Ivana, L., & Yunia, A. (2021). Sosialisasi dan Edukasi Digital Marketing pada Komunitas BGBJ di Bantar Gebang Menghadapi Era 4.0. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 191-202.

Ramadhanty, C. A., Nadya, D. R., Mustaqimah, Z., & Yosintha, R. (2021). Strategi Digital Marketing UKM Terdampak Covid-19 di Kelurahan Sidorejo Temanggung. ABDIPRAJA ( Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ), 2(1), 31–42.

Samsiana, S., Herlawati, Nidaul Khasanah, F., Trias Handayanto, R., Setyowati Srie Gunarti, A., Irwan Raharja, Maimunah, & Benrahman. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 51–62. https://doi.org/10.31599/jstpm.v1i1.255

Sentoso, A. (2021). Penerapan Strategi Promotion Mix dan Digital Marketing pada UMKM Kaleea . id. 1(1), 2304–2311.

Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087

Wiediawati, A. M. (2019). Pelatihan Pelatihan Digital Marketing Strategy Untuk Mencapai Kemandirian Masyarakat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 147–157. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2676

Published

2021-12-04

Issue

Section

Articles