PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BERBISNIS SECARA ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5426Keywords:
e-commerce, business interest, onlineAbstract
Abstrak: Perkembangan teknologi menjadikan banyak orang bersaing membuat karya berbasis teknologi. Seiring berkembangnya waktu dan inovasi, mulai bermunculan aplikasi yang dirancang khusus untuk kegiatan jual beli yaitu E-Commerce, yang membuat kegiatan jual beli ini menjadi praktis, tidak harus bertemu antara penjual dan pembeli. Salah satunya yaitu aplikasi Shopee yang memudahkan proses jual beli tanpa harus bertemu langsung. Saat ini tidak semua mahasiswa dan masyarakat mampu menggunakannya, perlu dilakukan pelatihan penggunaan aplikasi Shopee untuk meningkatkan minat bisnis online. Tujuan dari kegiatan ini adalah terlaksananya program pengabdian kepada masyarakat dan menambah wawasan mahasiswa serta masyarakat dalam penggunaan aplikasi Shopee dan berdampak pada peningkatan minat bisnis online. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan sosialisasi dan pelatihan melalui webinar. Jumlah peserta kegiatan ini sebanyak 20 orang yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum. Hasil yang dicapai yaitu sebanyak 70% peserta dapat memahami isi materi pelatihan dan antusias membuat akun Shopee serta akan menggunakan aplikasi Shopee untuk memulai berbisnis secara online.
Abstract: Technological developments make many people compete to make technology-based works. Along with the development of time and innovation, applications that are designed specifically for buying and selling activities, namely E-Commerce, have started to appear, which makes buying and selling activities practical, not having to meet between sellers and buyers. One of them is the Shopee application which facilitates the buying and selling process without having to meet in person. Currently not all students and the public are able to use it, it is necessary to conduct training on the use of the Shopee application to increase interest in online business. The purpose of this activity is to carry out community service programs and add insight to students and the community in using the Shopee application and have an impact on increasing interest in online business. The method of implementing the activities is through socialization and training through webinars. The number of participants in this activity was 20 people consisting of students and the general public. The results achieved are that 70% of participants can understand the content of the training material and are enthusiastic about creating a Shopee account and will use the Shopee application to start doing business online.
Â
References
Andriana, A. N., & Fourqoniah, F. (2020). Pengembangan Jiwa Entrepreneur Dalam Meningkatkan Jumlah Wirausaha Muda. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(1), 43. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3823
Desiani, A., Irmeilyana, I., Putri, A. I., Yuniar, E., Calista, N. A., Makhalli, S., & Amran, A. (2021). Pemanfaatan marketplace shopee sebagai strategi untuk meningkatkan pemasaran kain songket. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 209. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9222
Fitriyana, F., Nuryani, A., Rosyati, T., & Gusvia, Y. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Pada Umkm Dalam Masa Covid-19. Dedikasi Pkm, 2(2), 206. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i2.9765
Gani, M. O., & Faroque, A. R. (2020). Digital Marketing. 05(01), 172–202. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-5823-2.ch008
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi Umkm ( Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. 16, 32–41.
Latifah, N., Widayani, A., & Normawati, R. A. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E- Commerce Shopee. BISMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 82. https://doi.org/10.19184/bisma.v14i1.13550
Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 39–50.
Maria Nila Anggia, & Muhammad Rifki Shihab. (2019). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159–170. https://doi.org/10.21460/jutei.2018.22.125
Nilasari, R. (2019). Pengaruh Trust Dan E-Service Terhadap Repurchase Intention Bagi Pengguna Aplikasi Shopee. E-Jurnal Akuntansi, 29(2), 755. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v29.i02.p20
Pinariya, J. M., Forceila, D., Ivana, L., & Yunia, A. (2021). Sosialisasi dan Edukasi Digital Marketing pada Komunitas BGBJ di Bantar Gebang Menghadapi Era 4.0. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 191-202.
Ramadhanty, C. A., Nadya, D. R., Mustaqimah, Z., & Yosintha, R. (2021). Strategi Digital Marketing UKM Terdampak Covid-19 di Kelurahan Sidorejo Temanggung. ABDIPRAJA ( Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ), 2(1), 31–42.
Samsiana, S., Herlawati, Nidaul Khasanah, F., Trias Handayanto, R., Setyowati Srie Gunarti, A., Irwan Raharja, Maimunah, & Benrahman. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 51–62. https://doi.org/10.31599/jstpm.v1i1.255
Sentoso, A. (2021). Penerapan Strategi Promotion Mix dan Digital Marketing pada UMKM Kaleea . id. 1(1), 2304–2311.
Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087
Wiediawati, A. M. (2019). Pelatihan Pelatihan Digital Marketing Strategy Untuk Mencapai Kemandirian Masyarakat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 147–157. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2676
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).