STRATEGI PERLUASAN PASAR PRODUK PANGAN LOKAL UMKM DAN INDUSTRI RUMAH TANGGA MELALUI MEDIA SOSIAL DAN E-COMMERCE

Authors

  • Vira Putri Yarlina Departement Teknologi Industri Pangan, Universitas Padjadjaran
  • Syamsul Huda Departement Teknologi Industri Pangan, Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5429

Keywords:

Micro Industry, Digital Marketing, Social-Media, E-commerce

Abstract

Abstrak: COVID-19 ditetapkan sebagai pandemi global menyebabkan ambruknya dua sektor utama, yakni sektor ekonomi dan kebijakan. Pada sektor ekonomi berdampak pada usaha mikro (UMKM) dan Industri Rumah Tangga (IRT). Sehingga diperlukan strategi pemasaran utama yang mampu menjangkau berbagai segemen konsumen secara luas. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu dan membina 8 produk dari mitra UMKM dan Industri Rumah Tangga dalam meningkatkan omset penjualan dan pemasaran produk pangan melalui media sosial dan e-commerse serta memberi pengetahuan dan wawasan. Hasil yang diperoleh diantaranya 3 produk dilakukan pembuatan dan pengelolaan akun media sosial instagram, 3 produk dilakukan pengembangan label kemasan, 3 produk template konten media sosial, dan adanya peningkatan 25% konten mitra dapat menarik interaksi konsumen.

Abstract: COVID-19 is designated as a global pandemic causing the collapse of two main sectors, namely the economic and policy sectors. In the economic sector, it has an impact on UMKM and IRT. The digital marketing strategy is able to reach a wide variety of consumer segments. The purpose of this study is to assist and foster 8 products from UMKM and the IRT in increasing sales and marketing through social media and e-commerce as well as providing knowledge and insight. The results obtained that 3 products for creating and managing Instagram social media accounts, 3 products for developing packaging labels, 3 social media content template products, and a 25% increase in partner content that can attract consumer interaction.

Author Biographies

Vira Putri Yarlina, Departement Teknologi Industri Pangan, Universitas Padjadjaran

Departemen Teknologi Industri Pangan

Syamsul Huda, Departement Teknologi Industri Pangan, Universitas Padjadjaran

Departemen Teknologi Industri Pangan

References

Agustina, L. (2020). Viralitas konten di media sosial. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 1(2), 149–160.

Augustinah, F., & Widayati. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi makanan ringan kripik singkong di kabupaten sampang. Jurnal Dialektika, 4(2), 1–20.

Boyd, Walker, L. (2000). Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan strategis dengan Orientasi Global. Penerbit Erlangga.

BPOM. (2020). Pedoman Label Pangan Olahan 2020. In BPOM RI. Badan Pengawas Obat dan Makanan RI.

Conney, S. (2021). Berapa Lama Orang Indonesia Akses Internet dan Medsos Setiap Hari? Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/11320087/berapa-lama-orang-indonesia-akses-internet-dan-medsos-setiap-hari-?page=all

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14.

Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Journal of Business and Entrepreneurship. 2(2), 83–92. https://doi.org/doi : 10.24853/baskara.2.2

Irrubai, M. L. (2016). Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 3(1), 15–30. https://doi.org/10.15408/sd.v3i1.3794

Lesmana, A. (2012). Analisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Pembentukan Band Attachment. Universitas Indonesia.

Machruf, B., & Wibowo, S. E. (2018). Peran Media Sosial Instagram Dalam Menarik Wisata Ladang Budaya Tenggarong. Dunia Komunikasi : Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman, 7(1), 27–41.

Mekari. (2021). Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing. https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/

Nainggolan, E. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. Artikel DJKN Kementrian Keuangan RI. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html

Purwanto, A. (2021). Ekonomi Dunia pada Masa Pandemi Covid-19: dari Dampak hingga Proyeksi Pertumbuhan 2021-2022. Kompaspedia. https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/ekonomi-dunia-di-masa-pandemi-covid-19-dari-dampak-hingga-proyeksi-pertumbuhan-2021-2022

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361

Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran. In University Mulawarman Press. Mulawarman University Press.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109–120. https://doi.org/doi : 10.34127/jrlab.v9i2.380

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative digital marketing : teknologi berbiaya murah, inovatif, dan berdaya hasil gemilang. Elex Media Komputindo.

Saputra, D. (2021). Survei BI : 87,5 Persen UMKM Indonesia Terdampak Pandemi Covid-19. Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20210319/9/1370022/survei-bi-875-persen-umkm-indonesia-terdampak-pandemi-covid-19

Sariningsih, A., Barat, J., & Media, S. (2021). Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( UMKM ) Berbasis Digital di Kecamatan Citeureup Pendahuluan for License ( GAMPIL ) bagi UMKM . Salah satu tantangan terbesar untuk menjalankan strategi tersebut pada sektor UMKM yaitu masalah stra. 1(1), 31–36.

Świeczak, W. (2012). Content marketing as an important element of marketing strategy of scientific institutions. Transactions of the Institute of Aviation, 226(5), 133–150. https://doi.org/10.5604/05096669.1077480

Wijoyo, H., Sunarsi, D., Indrawan, I., & Cahyono, Y. (2020). Manajemen Pemasaran Di Era Globalisasi (Issue C).

Published

2021-12-05

Issue

Section

Articles