PENGEMBANGAN KARIER GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MELALUI PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5446Keywords:
Teacher Career, Classroom Action Research, Christian Religious EducationAbstract
Abstrak: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan pengetahuan guru pendidikan agama Kristen tentang materi pendidikan agama Kristen multicultural dan pengetahuan tentang pengembangan karier guru PAK; 2) Meningkatkan kemampuan peserta dalam merancang dan melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan baik. Peserta kegiatan terdiri dari 30 orang guru PAK yang berasal dari kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. Kegiatan ini dilaksankan dari tanggal 30-31 Agustus 2021. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan metode pembekalan dan pelatihan, yaitu pembekalan materi PAK Multikultural, Pengembangan karier guru PAK dan pelatihan penyusunan PTK. Pada setiap awal kegiatan selalu dilakukan pretest dan diakhir kegiatan dilaksanakan posttest dengan memanfaatkan aplikasi goggle formulir. Adapun hasil yang diperoleh dari kegiatan PKM menunjukkan bahwa dari aspek pengetahuan tentang PAK Multikultural mengalami peningkatan sebesar 23,4% dan untuk materi pengembangan karier guru PAK mengalami peningkatan sebesar 20%. Sedangkan keterampilan peserta mengalami peningkatan sebesar 82,54% dari 5 indikator yang dinilai.
Abstract: This community service activity (PKM) aims to: 1) increase the knowledge of Christian religious education teachers about multicultural Christian religious education materials and knowledge about career development of PAK teachers; 2) Improve the ability of participants in designing and implementing classroom action research (CAR). The participants of the activity consisted of 30 PAK teachers from the West Seram district, Maluku. This activity will be held from 30-31 August 2021. This community service is carried out using debriefing and training methods, namely debriefing on Multicultural PAK material, PAK teacher career development and training in CAR preparation. At the beginning of each activity a pretest is always carried out and at the end of the activity a posttest is carried out by using the google form application. The results obtained from PKM activities show that from the aspect of knowledge about Multicultural PAK it has increased by 24.4% and for career development materials for PAK teachers it has increased by 20%. Meanwhile, the skills of the participants increased by 83.6% from the 5 indicators assessed.
References
Ainiyah, n. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama. Al-ulum: jurnal studi islam, 13(1), 25–38.
Ambarita, j. (2020). Multimedia interaktif berbasis karakter di masa pandemi covid 19. Prosiding snitt poltekba, 370–380. Https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1045/649
Ambarita, j., helwaun, h., & houten, l. Van. (2020). Workshop pembuatan e-book sebagai bahan ajar elektronik interaktif untuk guru indonesia secara online di tengah covid 19. Community engagement & emergence journal, 2(1), 44–57. Https://doi.org/https://doi.org/10.37385/ceej.v2i1.136
Anes kaya. (2021). Tantangan orang tua dalam mendampingi anak saat bdr.
Bilfaqih, y., & qomarudin, m. N. (2015). Esensi pengembangan pembalajaran daring. In deepublish (1st ed., vol. 1, issue 1). Deepublish. Https://doi.org/10.1109/icasi.2017.7988469
Clara. (2021). “kendala pembelajaran pada masa pandemi.â€
Corlina. (2021). Pembelajaran pak di masa pandemi covid-19, telephone interview. 04 juni 2020.
Daud, m. H., & kaleka, m. B. U. (2020). Analisis kesulitan bagi guru ipa untuk melakukan penelitian tindakan kelas (ptk). Optika: jurnal pendidikan fisika, 3(02), 36–42. Https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.502
Fahri, m., & zainuri, a. (2019). Moderasi beragama di indonesia. 25(2). Https://doi.org/10.19109/intizar.v25i2.5640
Fitria, h., kristiawan, m., & rahmat, n. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas unwahas, 4(1), 14–25. Https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Gunawan, g., & asrifan, a. (2020). Penerapan kerja kelompok kegiatan mgmp guru ekonomi dalam menyusun rpp untuk meningkatkan kompetensi pedagogik. Celebes education review, 2(1), 31–36. Https://doi.org/10.37541/cer.v2i1.318
Hanum, n. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning smk telkom sandhy putra purwokerto). Jurnal pendidikan vokasi, 3(1), 90–102. Https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584
Herianto, a., ali, i., arif, a., & khosiah, k. (2019). Pelatihan penulisan penelitian tindakan kelas bagi guru mts dan mi darul masakin desa bilelando lombok tengah. Jmm (jurnal masyarakat mandiri), 3(1), 58. Https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.922
Isman, m. (2017). Pembelajaran moda dalam jaringan (moda daring). The progressive and fun education seminar, 586–588.
Jaedun, a. (2011). Pengembangan profesionalisme guru melalui penulisan karya tulis ilmiah. Seminar karya tulis ilmiah dan penelitian tindakan kelas, 4(6), 0–14.
Kasih, a. P. (2020). Survei unicef: 66 persen siswa mengaku tak nyaman belajar di rumah. Kompas.com. Https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/24/090832371/survei-unicef-66-persen-siswa-mengaku-tak-nyaman-belajar-di-rumah
Lawrence a cremin. (1988). American education: the metropolitan experience. Harper and row.
Lestari, e. P., nupikso, g., & riyani, e. I. (2015). Pengaruh penggunaan bahan ajar online terhadap prestasi mahasiswa universitas terbuka. Jurnal pendidikan terbuka dan jarak jauh, 16(1), 1–9.
Mahpudz, a., jamaludin, palimbong, a., & martini, n. (2021). Peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan penulisan karya tulis ilmiah di masa pandemi covid 19. Jmm (jurnal masyarakat mandiri), 5(4), 1–8. Https://doi.org/:https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.4925
Mansyur, u. (2020). Belajar memahami bahasa generasi milenial.
Rumahuru, y. Z., siahaya, a., ambarita, j., tuhuter, a., & ririhena, i. (2020). Transformasi budaya pembelajaran era kenormalan baru pasca covid-19 (1st ed.). Adab.
Saija, j. A. (2020). Pembelajaran di masa pandemi covid-19.
Setyaningsih, s. B. D. (2019). Nadiem makarim sampaikan pidato hari guru nasional 2019 melalui video di kemendikbud. Tribun news.com. Https://www.tribunnews.com/pendidikan/2019/11/25/nadiem-makarim-sampaikan-pidato-hari-guru-nasional-2019-melalui-video-di-kemendikbud-simak-pesannya
Siahaya, a., & ambarita, j. (2021). Eksistensi guru pendidikan agama kristen dalam pembelajaran di tengah pandemi covid-19. Edukasi: jurnal penelitian pendidikan agama dan keagamaan, 19(1), 67–84. Https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.851
Ulum. (2021). Peran orang tua di masa covid,interview telephone 05 juni 2020.
Undang-undang republik indonesia nomor 14. (2005). Undang-undang republik indonesia nomor 14 tahun 2005.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).