OPTIMALISASI PARENTING PADA WALI MURID PAUD “KARTINI” MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK

Authors

  • E Kristanti Universitas Timor
  • Nila Puspita Sari Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5453

Keywords:

Parenting Optimization, Group Guidance, Ghildren’s Character.

Abstract

Abstrak: Usia dini merupakan periode emas yang sangat penting pada masa awal kehidupannya, karena pada masa ini anak mampu menyerap banyak informasi yang akan menjadi bekal kehidupannya kelak. Pada periode ini sangat efektif untuk menanamkan berbagai ilmu yang bermanfaat sebagai dasar yang kuat untuk mengembangkan potensi dan terbentuknya karakter anak. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan orangtua tentang parenting dan mengoptimalkan parenting dalam keluarga dengan memberikan workshop tentang optimalisasi parenting melalui bimbingan kelompok sebagai upaya pembentukan karakter anak setelah itu dilakukan sosio drama sebagai bagian dari bimbingan kelompok. Pengabdian dilaksanakan desa Kleseleon yang dihadiri oleh 28 orangtua dari anak usia dini yang terdaftar di PAUD “Kartini†sebagai peserta workshop. Antusiame peserta selama workshop sangat besar. Hasil kegiatan menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan tentang parenting sebesar 34% dan pola pengasuhan orangtua dalam keluarga semakin lebih baik dan benar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan metode sosio drama efektif untuk meningkatkan parenting orangtua pada anak.

Abstract: Early age is the most important golden period in the early days of children’s lives, because at this time they are able to absorb so much information that will be the provision of their lives later. At this time, it is very effective to apply a variety of useful knowledge as strong basis for developing the potential and formation of children’s character. This service aims at increasing parents’ knowledge about parenting and optimize parenting in the family by providing workshop on optimizing parenting through group guidance as an effort to build children’s character. This service was carried out in Kleseleon village which wa attended by 28 parents of early childhood registered in PAUD “Kartini†as workshop participants during the workshop was huge. The results of the activity showed that there was an increase in knowledge about parenting by 34%and parenting patterns in the family were getting better. Therefore, it can be concluded that group guidance using socio drama method is effective in increasing parenting toward children.

 

References

Adhar, In’am, Akhsanul, Hartiningsih, & Sri. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 6, 232–242.

Allemani, C., Weir, H. K., Carreira, H., Harewood, R., Spika, D., Wang, X. S., Bannon, F., Ahn, J. V., Johnson, C. J., Bonaventure, A., Marcos-Gragera, R., Stiller, C., Azevedo E Silva, G., Chen, W. Q., Ogunbiyi, O. J., Rachet, B., Soeberg, M. J., You, H., Matsuda, T., … Miles, S. A. (2015). Global surveillance of cancer survival 1995-2009: Analysis of individual data for 25 676 887 patients from 279 population-based registries in 67 countries (CONCORD-2). The Lancet, 385(9972), 977–1010. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(14)62038-9

Hidayat, R. (2020). Tanggung Jawab dan Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Dalam Pandangan Islam. Al Hikmah: Journal of Education, 1(2), 141–152. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/17

Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Program Parenting Untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orangtua di PAUD. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8–17.

Mulyati, M. (2021). Peran Pengasuhan Orangtua Terhadap Perilaku Anak Usia Dini: Survey Pada Orangtua Di Sps Renggali. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 4(1), 16–33. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/27806

Nuraeni, neng S. (2016). Character Building pada Anak Usia Dini Melalui Metode Parenting di Lingkungan Keluarga. Harkat: Media Komunikasi Islam Tentang Gender Dan Anak, 12(1), 59–68.

Rocky Setiadi, Zenia Angelina, J. A. W. (2020). Mother’s Knowledge Level About Growth And Development With The Growing Development In Infants Aged 6-12 Months. 2(4), 263–269.

Rohinah, R. (2016). Parenting Education sebagai Model Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Berbasis Keluarga. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 27–38. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-03

Santika, T. (2018). Peran Keluarga, Guru Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 6(November), 77–86. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/download/1797/1444

Satria, A. (2015). Buku Pengantar Sosiologi (p. 976).

Setiawan, B. (2021). Optimalisasi Peran Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai Wahana Pembentukan Karakter Peserta Didik dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Daerah, 1(1), 66–73.

Sudaryanti, S. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2902

Sutarman, M., & Asih. (2016). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (Filosofi, Konsep, Prinsip Dan Aplikasi). Bandung: Pustaka Setia. https://doi.org/10.7591/cornell/9781501750878.003.0003

Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985

Widya, R., Siregar, B., & Rozana, S. (2020). Holistik Parenting: Pengasuhan dan Karakter Anak dalam Islam. In EDU PUBLISHER.

Wiranata, I. G. L. A. (2019). Mengoptimalkan Perkembanga Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 48–56.

Published

2021-12-05

Issue

Section

Articles