PENINGKATAN DAN PENGEMBANGAN MUTU PRODUK PENGRAJIN KERAJINAN TANGAN DI KOTA SAMARINDA

Authors

  • Adietya Arie Hetami Universitas Mulawarman
  • Finnah Fourqoniah Universitas Mulawarman
  • Muhammad Fikry Aransyah Universitas Mulawarman
  • Tuti Wediawati Universitas Mulawarman
  • Annisa Wahyuni Arsyad Universitas Mulawarman
  • Windie Karina Farmawati Mini University Kaltim Preneurs
  • Dyan Wulan Sari Universitas Mulawarman
  • Trisda Derama Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5822

Keywords:

Craftsman, Product Quality, Workshop.

Abstract

Abstrak: Melihat banyaknya masyarakat di sepuluh Kecamatan se-Kota Samarinda yang memiliki usaha namun masih kesulitan dalam memaksimalkan mutu produk menjadikan penulis mengambil pengabdian ini sebagai bahan materi, dengan harapan menerapkan pembelajaran yang diberikan kepada para pelaku usaha dapat membantu mengembangkan usaha. Workshop ini penting untuk diadakan mengingat masih banyaknya pelaku usaha yang menjalankan usahanya tanpa memperhatikan pentingnya mutu produk. Tujuan diadakannya workshop ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui kegiatan workshop. Workshop dilakukan untuk memberikan pemahaman mengenai peningkatkan dan pengembangan mutu produk. Yang menjadi peserta dalam kegiatan ini adalah pengrajin di sepuluh Kecamatan se-Kota Samarinda. Metode yang digunakan adalah metode workshop, di mana di dalam workshop ini juga terdapat praktik secara langsung yang dapat membantu para pengrajin melihat secara langsung pentingnya mutu produk. Workshop ini dilaksanakan dengan efektif dalam meningkatkan pengetahuan peserta. Hal tersebut terbukti dengan tingkat partisipasi dari peserta dan peningkatan pemahaman sebesar 79%. Setelah mendapatkan workshop ini diharapkan apa yang disampaikan dapat berguna dan diterapkan dalam usaha masing-masing.

Abstract: Seeing the number of people in ten sub-districts throughout the city of Samarinda who have businesses but still have difficulty maximizing product quality, the authors take this service as material, with the hope that applying the lessons given to business actors can help develop businesses. This workshop is important to be held considering that there are still many business actors who run their business without paying attention to the importance of product quality. The purpose of this workshop is to improve the quality of human resources through workshop activities. The workshop was conducted to provide an understanding of improving and developing product quality. The participants in this activity are craftsmen in ten sub-districts throughout the city of Samarinda. The method used is the workshop method, where in this workshop there is also a hands-on practice that can help the craftsmen see firsthand the importance of product quality. This workshop was carried out effectively in increasing the knowledge of the participants. This is evidenced by the participation rate of the participants and an increase in understanding of 79%. After getting this workshop, it is hoped that what is conveyed can be useful and applied in their respective businesses.

References

Aransyah, M. F., Sanjaya, A., Naima, N., Pitaloka, T., Dari, W., Shalahudin, M. I., & Nanda, N. F. (2021). Pelatihan Public Speaking untuk Pelajar. 5(4), 1–8.

Arifianto, E. Y., & Himawan, R. (2018). Strategi Pengembangan Industri Kreatif Kerajinan Topeng Era Industri 4.0. Seminar Nasional IENACO, 567–574.

Dewi, R. N., & Hidayat, R. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Bingka Nayadam Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 32–40.

Endraswati, H. (2011). Mutu Produk, Nilai dan Kepuasan Pelanggan dalam Pandangan Islam. Jurnal ASY-SYIR’AH, 45(I), 2.

Hadiat, D. A., Handarto, H., & Nurjanah, S. (2019). Analisis Pengendalian Mutu Produk Tempe Menggunakan Statistical Quality Control (SQC) di Industri Rumah Tangga Yayah Komariah, Majalengka. Prosiding-Seminar Nasional Teknik Elektro, November 2019, 376–387.

Hariastuti, N. L. P. (2015). Analisis Pengendalian Mutu Produk Guna Meminimalisasi Produk Cacat. Seminar Nasional IENACO, 1, 163–171.

Hasan, M. (2018). Pembinaan Ekonomi Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 81. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5063

Kusumawardhani, R., Kurniawan, S. I., & Kartikasari, E. (2020). Mendesain Ulang Strategi Pemasaran Berbasis Media Pada Deriji Craft. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 4–8.

Parwati, C. I., & Sakti, M. R. (2012). Pengendalian Kualitas Produk Cacat Dengan Pendekatan Kaizen Dan Analisis Masalah Dengan Seven Tools. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) Periode III, ISSN: 1979-911x, 1–24.

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi Kreatif:Pilar Pembangunan Indonesia. Ziyad Visi Media.

Putri, V. K. M. (2021). Ekonomi Kreatif: Pengertian, Ciri-Ciri, Faktor Pendorong, Perkembangan. Kompas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/19/130652969/ekonomi-kreatif-pengertian-ciri-ciri-faktor-pendorong-perkembangan?page=all.

Rusdi, F., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Industri Kreatif Dalam Memanfaatkan Identitas Kota Melalui Media Baru. Jurnal Komunikasi, 10(1), 95. https://doi.org/10.24912/jk.v10i1.1221

Sari, A. P., Dewi, I. K., Pelu, M. F. A., Siregar, R. ., Ismail, M., Mistriani, N., Marit, E. ., Killa, M. ., Purba, B., Lifchatullaillah, E., Ferinia, R., & Sudarmanto, E. (2020). Ekonomi Kreatif. Yayasan Kita Menulis.

Siregar, D. L., & Fauzi, R. (2020). Pembuatan Media Promosi Berbasis Web Sebagai Upaya. 4(6), 8–12.

Wediawati, T., Althalets, F., Sulistio, L. C., Hendiani, P., Musdalifah, R., Verdina, V., & Aransyah, M. F. (2021). Pelatihan Job Interview Dan Soft Skills Guna Memasuki Dunia Kerja Data angkatan kerja di Indonesia menurut Badan Pusat Statistik pada. 5(4), 1–8.

Yana, S. (2015). Analisis Pengendalian Mutu Produk Roti pada Nusa Indah Bakery Kabupaten Aceh Besar. Malikussaleh Industrial Engineering Journal, 4(1), 17–23. https://journal.unimal.ac.id/miej/article/view/41

Published

2021-12-05

Issue

Section

Articles