PENINGKATAN HASIL PRODUK KELOMPOK BINAAN KOPERASI CREDIT UNION HATI AMBOINA DI PROVINSI MALUKU MELALUI TEKNOLOGI DAN DIGITAL BRANDING

Authors

  • Olivia Laura Sahertian Politeknik Negeri Ambon
  • Baretha Meisar Titioka Politeknik Negeri Ambon
  • Ignasius Samson Sudirman Refo STPAK St, Yohanes Penginjil Ambon
  • Maria J.F Esomar Universitas Pattimura Ambon
  • Fransiska N Ralahallo Universitas Pattimura Ambon

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5861

Keywords:

Digital Branding, Entrepreneurship, Digital Literacy

Abstract

Abstrak: Credit Union Hati Amboina (CUHA) adalah salah satu koperasi di Maluku yang berdiri sejak tahun 2007 dan telah berbadan hukum. Dalam perkembangannya dan juga terkait pandemi Covid-19, koperasi CUHA mengalami masalah pada semua tingkatan, terutama pada permasalahan pelayanan dan teknologi. Permasalahan pada anggota yaitu kemampuan membayar yang mengalami penurunan, khususnya mereka yang mengandalkan upah harian akibat pembatasan sosial. Untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan anggota dalam menggunkan aplikasi digital, meningkatkan daya saing dari hasil produksi kelompok binaan melalui diklat kewirausahaan. Metode pelaksanaan program yang dilaksanakan terdiri dari serangkaian proses pengembangan teknologi mulai dari indentifikasi kebutuhan kelompok binaan, perancangan dan pembuatan website, pendampingan operasional dan implementasi teknologi. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini anggota sudah dapat menggunakan aplikasi belanja online, memanfaatkan lapak amboina untuk menjual produk, memiliki kemampuan berwirasuaha dan mampu menciptakan produk yang berkualitas.


Abstract: Credit Union Hati Amboina (CUHA) is one of the cooperatives in Maluku which was established in 2007 and has been incorporated as a legal entity. In its development and also related to the Covid-19 pandemic, the CUHA cooperative has experienced problems at all levels, especially in terms of service and technology. The problem with members is that their ability to pay has decreased, especially those who rely on daily wages due to social restrictions. To improve the understanding and skills of members in using digital applications, increase the competitiveness of the production results of the assisted groups through entrepreneurship training. The program implementation method consists of a series of technology development processes starting from identifying the needs of the target group, designing and creating websites, operational assistance and technology implementation. With this service activity, members are able to use online shopping applications, take advantage of the Amboina stalls to sell products, have entrepreneurial skills and are able to create quality products.

Author Biographies

Olivia Laura Sahertian, Politeknik Negeri Ambon

Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Ambon

Baretha Meisar Titioka, Politeknik Negeri Ambon

Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Ambon

 

Ignasius Samson Sudirman Refo, STPAK St, Yohanes Penginjil Ambon

Jurusan Pendidikan Agama Katolik, STPAK St, Yohanes Penginjil Ambon

Maria J.F Esomar, Universitas Pattimura Ambon

Jurusan Manajemen, Universitas Pattimura Ambon

Fransiska N Ralahallo, Universitas Pattimura Ambon

Jurusan Manajemen, Universitas Pattimura Ambon

References

Afrida, E. a. (2021). Peran Digitalisasi Koperasi Sebagai Pendongkrak UMKM Dalam Pengembangan Ekonomi Wilayah Kota Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan, 1 (2), 151–158.

Aris Risdiana. (2020). Analisis Strategi Digital Marketing Produk Industri Kreatif di Kecamatan Rajapolah, Taksimalaya. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 20 (1), 9–19.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Hasibuan, R. P., Khoiri, M., Wisra, M. Y., & Kurnia, N. A. (2020). Pemberdayaan Produk Usaha Mikro Kripik Singkong Maju Jaya Kota Batam. Jurnal Abdikmas Ukk, 1(1), 49–53.

Iskandar, Y., Gustika, G. S., Utami, S., Hartika, D., & H, Y. (2019). Peningkatan Potensi Produk Unggulan Kabupaten Bandung Melalui Manajemen Produk dan Branding Digital. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 42–49.

Liu, E., & Sukmariningsih, R. M. (2021). Membangun model basis penggunaan teknologi digital bagi UMKM dalam masa pandemi Covid-19. Jurnal Ius Constituendum, 6(April), 213–234. https://journals2.usm.ac.id/index.php/jic/article/view/3191

Melati, I. S., Margunani, M., Mudrikah, S., & Pitaloka, L. K. (2020). Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 155. https://doi.org/10.20956/pa.v4i2.7685

Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Purwaningsih, E., Suhaeri, S., & Ariyanti, E. R. N. (2020). Branding Produk UMKM Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru melalui Reputasi Merek dan Basis Informasi Teknologi. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(1), 60–69. https://doi.org/10.26905/abdimas.v5i1.3392

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361

Refo, I. S., Esomar, M. J. F., & Batkunde, A. A. (2021). Bimbingan Teknis Pengawasan Bagi Komite Audit Koperasi Credit Union Hati Amboina. Jurnal Abdidas, 2(4), 774–782.

Sadubun, V. L. A. (2021). Analisis perputaran piutang beredar terhadap perkembangan pendapatan usaha pada koperasi credit union hati amboina di kota ambon. 2(06), 156–172.

Saifulloh, M. (2021). Branding Product Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kuningan Barat Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 28–33.

Shinta Avriyanti. (2021). Strategi Bertahan Bisnis Di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis, 5 (1), 60–74. https://doi.org/10.35722/pubbis.v5i1.380

Siaila, S. (2017). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Menggunakan Metode Pearls Pada Credit Union Hati Amboina Dan Credit Union Ain Hov Ain. Jurnal SOSOQ, 5, 99–114.

Solechan, A., & Hakim, F. N. (2016). E-Commerce pada UMKM Sentra Bordir Desa Padurenan Kudus Sebagai Upaya Branding Produk dan Perluasan Pasar. Jurnal Teknologi, 9 (1), 54–62.

Published

2021-12-05

Issue

Section

Articles