PEMBERDAYAAN SISWA SEKOLAH LUAR BIASA TUNA GRAHITA DALAM PENGOLAHAN SALAK MENJADI WAJIK DAN DODOL

Authors

  • Agus Nugroho Setiawan Prodi Agroteknologi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Siti Yusi Rusimah Prodi Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Sri Sudarsi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Septi Nur Wijayanti Prodi Hukum, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5941

Keywords:

Education, Extraordinary School, Mentally Disabled, Skills, Snake Fruit

Abstract

Abstrak: Pendidikan merupakan hak setiap warga negara, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus tuna grahita. Pendidikan bagi anak-anak tuna grahita lebih ditekankan pada penguatan keterampilan agar dapat menjadi bekal dalam hidupnya. SLB Wiyata Dharma 2 yang mendidik anak-anak tuna grahita berada di Kabupaten Sleman yang merupakan daerah sentra salak pondoh. Ketika musim panen raya, harga salak pondoh sangat rendah. Alternatif solusi yang dapat dilakukan adalah pemberdayaan siswa dengan penguatan keterampilan melalui pengolahan salak pondoh menjadi berbagai macam produk olahan. Pengabdian pada masyarakat dilakukan dengan beberapa metode yaitu penyuluhan, demonstrasi dan pelatihan, praktik pengolahan salak pondoh, serta monitoring dan evaluasi. Hasil program pengabdian pada masyarakat menunjukkan bahwa siswa dan guru SLB Tuna Grahita Wiyata Dharma 2 Sleman mengikuti kegiatan dengan tekun dan serius. Guru dan siswa SLB Wiyata Dharma 2 Sleman mendapat wawasan, pengalaman dan keterampilan dalam mengolah salak pondoh menjadi wajik dan dodol, sehingga dapat menjadi bekal untuk berwirausaha agar lebih mandiri dan tidak tergantung pada orang lain.

Abstract: Education is the right of every citizen, including children with special needs for mental retardation. Education for mentally disabled children is more emphasized on strengthening skills to become provisions in their lives. SLB Wiyata Dharma 2, which educates mentally disabled children, is located in Sleman Regency, the center of snake fruit. During the harvest season, the price of snake fruit is very low. An alternative solution that can be done is empowering students by strengthening skills through processing snake fruit into various kinds of processed products. Community service is carried out by several methods, namely counseling, demonstration, training, the practice of processing snake fruit, and evaluation. The results of the community service show that students and teachers of SLB Tuna Grahita Wiyata Dharma 2 Sleman participate in activities diligently and earnestly. Teachers and students of SLB Wiyata Dharma 2 Sleman gain insight, experience, and skills in processing snake fruit into “wajik†and “dodol†to become provisions for entrepreneurship to be more independent and not dependent on others.

Author Biographies

Agus Nugroho Setiawan, Prodi Agroteknologi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Agroteknologi

Siti Yusi Rusimah, Prodi Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Agribisnis

Sri Sudarsi, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Pendidikan Bahasa Inggris

Septi Nur Wijayanti, Prodi Hukum, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Hukum

References

Afifah, W., & Hadi, S. (2018). Hak Pendidikan Penyandang Disabilitas Di Jawa Timur. DiH: Jurnal Ilmu Hukum, 14(2), 85–101. https://doi.org/10.30996/dih.v0i0.1793

Ahmad, I., & Saehudin. (2016). Hadis Pendidikan Konsep Berbasis Hadis. In Humaniora. Humaniora.

Amanah, S. (2007). Makna Penyuluhan dan Transformasi Perilaku Manusia. Jurnal Penyuluhan, 4(1), 63–67.

Anzari, M., Sarong, A. H., & Rasyid, M. N. (2018). Hak Memperoleh Pendidikan Inklusif Terhadap Penyandang Disabilitas. Syiah Kuala Law Journal, 2(1), 57–73. https://doi.org/10.24815/sklj.v2i1.10586

Damayanti, N. W. (2021). Edukasi Aktivitas Motoric Skill Pada Pembelajaran Untuk Anak Autis. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1–6. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5043

Darmono, A. (2015). No Title. Al Mabsut, Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 9(1), 16.

Herdian, & Septiningsih, D. S. (2020). ACharacter Building Training Sinergi Guru dan Orangtua Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 181–189.

Juwitaningtyas, T., Astuti, E., & Tarmuji, A. (2020). Penguatan Teknologi Olah Buah Salak dalam Upaya Peningkatan Kualitas. Jurnal Berdikari, 8(2), 123–131.

Lail, V. A., Yuwono, J., & Sidik, S. A. (2018). ( Studi Kualitatif Deskriptif Melalui Kegiatan Pembuatan Telur Asin ) Disusun Oleh : UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa), 3(2), 1–17.

Pancawati, A., Pitaloka, A. D., & Sasqia, D. A. (2019). Peran Orangtua dalam Memenuhi Pembelajaran Pada Anak Mental Disorder. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(2), 115–124.

Purbasari, D., Wiyono, A. E., & Handayani, S. (2020). Diversifikasi Produk Pangan Olahan Berbasis Buah Lokal Sebagai Sarana Untuk Menginisiasi Ide Bisnis Warga Di Desa Mundurejo Jawa Timur. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(5), 775–784.

Rianto, F. (2020). SLB C Widhar 2 Tempel Sleman Tetap Berikan Pengajaran kepada Siswa. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/286104/slb-c-widhar-2-tempel-sleman-tetap-berikan-pengajaran-kepada-siswa

Sari, S. F. M., Binahayati, & T, B. M. (2017). Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang Di Slb N Purwakarta). Jurnal Penelitian & PKM, 4(2), 217–222. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14273

Setiawan, A. N., & Dewi, S. S. (2016). Pemberdayaan Kelompok Aisyiyah dalam Pengelolaan Salak Pondoh di Kecamatan Turi, Sleman. BERDIKARI : Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 4(2), 63–72. https://doi.org/10.18196/bdr.427

Slemankab.go.id. (2020). LKS Wiyata Dharma 50 Tahun, Konsisten Didik dan Asuh Anak Berkebutuhan Khusus. http://www.slemankab.go.id/16042/lks-wiyata-dharma-50-tahun-konsisten-didik-dan-asuh-anak-berkebutuhan-khusus.slm

Sujatmoko, E. (2010). Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan. Jurnal Konstitusi, 7, 181–211.

Triastuti, U. Y., & Priyanti, E. (2017). Pelatihan Pengolahan Buah Salak untuk Meningkatkan Potensi Salak. Teknobuga, 5(2), 24–33.

Yosiani, N. (2014). Relasi Karakteristik Anak Tunagrahita Dengan Tata Ruang Belajar di Sekolah Luar Biasa. E-Journal Graduate Unpar, 1(2), 111–124.

Published

2021-12-05

Issue

Section

Articles