PELATIHAN OPTIMALISASI MIKROSKOP KONVENSIONAL BAGI GURU BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Gede Arya Wiguna Prodi Biologi Universitas Timor
  • Welsiliana Welsiliana Prodi Biologi Universitas Timor
  • Florian Mayesti prima R Makin Dosen Prodi Biologi pada Universitas Timor
  • Ite Morina yostianti Tnunay Dosen Prodi Biologi pada Universitas Timor
  • Lukas Pardosi Dosen Prodi Biologi pada Universitas Timor
  • Andi Faesal Prodi D3 Teknik Pertambangan Universitas Muhamadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5956

Keywords:

Analog Microscope, Digital Microscope, Optimization, Biology Learning

Abstract

Abstrak: Biologi merupakan pelajaran IPA yang mempelajari kehidupan organisme, termasuk struktur, fungsi dan pertumbuhannya. Pembelajaran biologi perlu menambahkan keterampilan menggunakan alat peraga atau praktikum seperti pengamatan bentuk sel, ukuran sel, serta pergerakan mikroorganisme. Oleh karena itu perlu adanya sarana berupa mikroskop. Keterbatasan ketersedian mikroskop yang dimiliki sekolah mengakibatkan guru kurang optimal dalam melakukan penelitian dan pengajaran. Oleh karena itu perlu adanya optimalisasi kinerja mikroskop dengan cara mengubah mikroskop konvensional menjadi digital. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diadakan pelatihan Optimalisasi Mikroskop konvensional menjadi digital bagi guru biologi. Pelatihan mulai dengan pengenalan fungsi masing-masing komponen alat tambahan seperti kamera, lampu, dan perangkat lunak penangkap gambar. Selanjutnya dilakukan pelatihan instalasi dan mengoperasikan perangkat lunak penangkap gambar serta pengamatan menggunakan mikroskop digital. Pelatihan terakhir yaitu analisis gambar yang diperoleh dari mikroskop digital menggunakan perangkat lunak Image J. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 4 guru biologi sudah mampu mencapai level 3 yang artinya guru menguasai penggunaan mikroskop digital, penggunaan perangkat lunak serta melakukan analisis gambar menggunakan Image J. Tingkat pemahaman guru menggunakan mikroskop digital mencapai 90%.

 

Abstract: Biology is a science lesson that studies the life of organisms, including their structure, function and growth. Biology learning needs to add skills using teaching aids or practical such as observing cell shape, cell size, and the movement of microorganisms. Therefore, it is necessary to have a tool in the form of a microscope. The limited availability of microscopes owned by schools causes teachers to be less than optimal in conducting research and teaching. Therefore, it is necessary to optimize the performance of the microscope by converting conventional microscopes to digital ones. Based on these problems, a training on Optimization of Conventional Microscopes to be Digital was held for biology teachers. The training begins with an introduction to the function of each component of the auxiliary equipment such as cameras, lights, and image capture software. Furthermore, training on the installation and operation of image capture software and observations using a digital microscope was carried out. The last training was analysis of images obtained from digital microscopes using Image J software. The evaluation results show that 4 biology teachers have been able to reach level 3, which means that teachers able to use of digital microscopes, use software and image analysis using Image J. The level of understanding of teachers using digital microscopes reaches 90%

 

Author Biographies

Gede Arya Wiguna, Prodi Biologi Universitas Timor

Dosen Prodi Biologi pada Universitas Timor dengan bidang keahlihan fisika terapan

Welsiliana Welsiliana, Prodi Biologi Universitas Timor

Dosen Prodi Biologi pada Universitas Timor

Florian Mayesti prima R Makin, Dosen Prodi Biologi pada Universitas Timor

Dosen Prodi Biologi pada Universitas Timor

Ite Morina yostianti Tnunay, Dosen Prodi Biologi pada Universitas Timor

Dosen Prodi Biologi pada Universitas Timor

Lukas Pardosi, Dosen Prodi Biologi pada Universitas Timor

Dosen Prodi Biologi pada Universitas Timor

Andi Faesal, Prodi D3 Teknik Pertambangan Universitas Muhamadiyah Mataram

Prodi D3 Teknik Pertambangan Universitas Muhamadiyah Mataram

References

Fajarianingtyas, D. A., & Hidayat, J. N. (2019). Validitas Buku Petunjuk Praktikum Biologi Dasar Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Mahasiswa Pendidikan Ipa Di Universitas Wiraraja. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(2). https://doi.org/10.24929/lensa.v9i2.67

Hartati, S., Harjoko, A., & Supardi, T. W. (2011). The digital microscope and its image processing utility. Telkomnika, 9(3). https://doi.org/10.12928/telkomnika.v9i3.749

Louk, A. C., Sutaji, H. I., & Suparta, G. B. (2017). Pemutakhiran Mikroskop Cahaya Monokuler Menjadi Mikroskop Digital Untuk Pembelajaran Siswa Sma / Sederajat. Jurnal Fisika Sains Dan Aplikasinya, 2(2).

Maulana, M. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Biodiversitas Di Kelas X Ipa Ma Muhammadiyah Salaka Kabupaten Takalar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.22

Nengsih, S. (2016). Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Umum Berbasis Inkuiri Terbimbing Mahasiswa Biologi STKIP Payakumbuh. Jurnal Iptek Terapan, 10(1). https://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i1.343

Normadhita, R. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas iv pada pembelajaran ipa melalui metode eksperimen di sdn tegalrejo 2. Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Rahmasiwi, A., Santosari, S., & Sari, D. P. (2015). Peningkatan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran biologi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri di kelas XI MIA 9 (ICT) SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015, 9(2013).

Sari, I. P., Mustikasari, V. R., & Pratiwi, N. (2019). Pengintegrasian penilaian formatif dalam pembelajaran IPA berbasis saintifik terhadap pemahaman konsep peserta didik. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1). https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.778

Satria, E., & Sari, S. G. (2018). Penggunaan Alat Peraga Dan Kit Ipa Oleh Guru Dalam Pembelajaran Di Beberapa Sekolah Dasar Di Kecamatan Padang Utara Dan Nanggalo Kota Padang. Ikraith-Humaniora, 2(2).

Satya Raya, A., Hidayatno, A., & Ajulian Zahra, A. (2013). Modifikasi Mikroskop Dengan Perbesaran Digital Menggunakan Sistem Kamera. Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 2(3).

Subali, B., Yulianti, I., Susilo, Ellianawati, Mosik, & Alvian. (2018). Implementasi Model Pelatihan Pembelajaran IPA Berbasis Digital Image Creator For Optical Microscope (DIGICOM) Pada Guru Fisika Kabupaten Demak. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(3). https://doi.org/10.15294/upej.v7i3.27696

Sugianto, S., Fitriani, A., Anggraeni, S., & Setiawan, W. (2020). Pengembangan Mikroskop Digital Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Kecerdasan Jasmaniah Kinestetik Mahasiswa pada Praktikum Anatomi Tumbuhan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2). https://doi.org/10.51673/jips.v1i2.320

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Bio Educatio, 2(2).

Tala, S., & Vesterinen, V. M. (2015). Nature of Science Contextualized: Studying Nature of Science with Scientists. Science and Education, 24(4). https://doi.org/10.1007/s11191-014-9738-2

Winanto, A., & Makahube, D. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2). https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p119-138

Published

2021-12-05

Issue

Section

Articles