PENULISAN KARYA ILMIAH DALAM JARINGAN BAGI GURU BAHASA INDONESIA

Authors

  • Siti Ansoriyah Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta
  • Ines Nur Irawan Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6076

Keywords:

scientific papers, writing, networking, Indonesian language teachers.

Abstract

Abstrak: Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat diharapkan agar para guru lebih memahami dan mahir dalam menulis karya ilmiah sebagai penunjang kegiatan pengembangan profesi guru. Selain itu terbantunya guru dalam kenaikan pangkat sebagai syarat yang harus dipenuhi. Tersusunnya artikel penelitian hasil kegiatan pelatihan penulisan para guru. Untuk mencapai tujuan pelatihan digunakan metode pelatihan, praktik secara langsung melalui pendampingan. Pada kegiatan program pelatihan penulisan karya ilmiah diikuti sebanyak 37 orang guru dari berbagai daerah. Hasil yang didapat berdasarkan rata-rata hasil pre-test menunjukkan 69.58% yang dibandingkan dengan rata-rata hasil post-test 80.50% yang mana terdapat kenaikan sebesar 10.92% secara keseluruhan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa terlaksananya pelatihan dapat mencapai pemahaman pengertian penulisan artikel, penggunaan aplikasi mendeley, dan pelatihan mensubmit artikel dari berbagai jurnal yang akan dituju. Pada akhir kegiatan program diperoleh hasil: 1) Sebanyak 37 orang guru dari berbagai daerah mengikuti kegiatan pelatihan secara utuh selama 24 jam pelajaran; 2) Terlaksana tiga kali pendampingan dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penulisan artikel ilmiah; 3) Tersedia 37 laporan hasil penulisan artikel oleh setiap peserta dengan bimbingan dan arahan tim pendamping.


Abstract: The purpose of community service was expected to make teachers more understanding and proficient in writing scientific papers as a support for teacher professional development activities. In addition, the assistance of teachers in promotion was a condition that must be met. Compilation of research articles resulting from teacher writing training activities. To achieve the training objectives of training methods, practiced directly through mentoring. The scientific paper writing training program was attended by 37 teachers from various regions. The results obtained based on the average of pre-test results showed 69,58% compared to the average of post-test results of 80,50% which was an increase of 10.92% overall. Thus, it can be said that the implementation of the training can achieve an understanding of the article writing meaning, the use of the Mendeley application, and training in submitting articles from various journals to be addressed. At the end of the program, the following activities were obtained: 1) A total of 37 teachers from various regions participated in the full 24-hour lesson; 2) Conducted three times of assistance in planning, implementing, and writing scientific articles; 3) There were 37 reports on the results of article writing by each participant with the guidance and guidance of the Guidance team.

Author Biographies

Siti Ansoriyah, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Ines Nur Irawan, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta

2Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.†Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Arta, K. S. (2019). Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikasi di Jurnal Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Bagi Guru-Guru Di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Acarya Pustaka, 5(2). https://doi.org/10.23887/ap.v5i2.17412

Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Dar, M. F., Zaki, S., & Kazmi, H. H. (2014). Peer Assessment in EAP Writing: An Effective Strategy for Large Classes. Journal of Educational Research (1027-9776), 17(1).

Faiz, Abd. A. (2020). Transformasi Konflik Bernuansa Agama dan Strategi Reformatif pada Pembangunan Budaya Damai di Indonesia. Jurnal Sosiologi Agama: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama Dan Perubahan Sosia, 14(2).

Franco-Sola, M., & Figueras, S. (2020). Service Learning in Physical Education: Implementation Model in High Education. Revista Iberoamericana De Ciencias De La Actividad Fisica Y El Deporte, 9(1), 114–123.

Ghufron, A. (2010). Jabatan fungsional guru dan angka kreditnya. In Jurnal.

Hung, C. M., Hwang, G. J., & Huang, I. (2012). A project-based digital storytelling approach for improving students’ learning motivation, problem-solving competence and learning achievement. Educational Technology and Society.

Ibda, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru SD/MI Melalui Menulis Di Media. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1).

Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya. (1993). Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara.

Jazuli, M., Bisri, M. H., & Paranti, L. (2020). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Semarang. Varia Humanika, 1(1).

Katon, F., & Yuniati, U. (2020). Fenomena Cashless Society dalam Pandemi Covid-19 (Kajian Interaksi Simbolik pada Generasi Milenial). JURNAL SIGNAL, 8(2), 134. https://doi.org/10.33603/signal.v8i2.3490

Nasiwan, N. (2018). Prospek Pendidikan Politik di Era Reformasi. HUMANIKA, 10(1). https://doi.org/10.21831/hum.v10i1.20999

Ni Wayan Wardani, & Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra. (2020). Pelatihan Aplikasi Mendeley untuk Referensi dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru SMK Dwijendra Denpasar. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1). https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i1.279

Nurfidah, N. (2018). Analisis Kemampuan Menyusun Teks Deskriptif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(2). https://doi.org/10.36312/jime.v4i2.473

Pahmi, P., Ardiya, A., Syahfutra, W., Wibowo, A. P., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2018). Pelatihan Penggunaan Mendeley untuk Referensi dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Sma Handayani Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2). https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i2.849

Prawira, Y. A., & Nugraha, F. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Melalui Pelatihan Partisipatif Secara Daring Berbasis Heuristik. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2). https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.307-316.2021

Rahmawati, T. D., Prasetyo, E., & Nuwa, G. (2021). Workshop Penulisan PTK dan Publikasi Artikel Ilmiah untuk Guru Di SMA Negeri 1 Nita. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(1). https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i1.183

Sutarsih, E., & Misbah, M. (2021). Konsep Pendidikan Profesional Perspektif Undang-Undang tentang Guru dan Dosen. Jurnal Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24090/jk.v9i1.4762

Syahroni, M. (2020). Pelatihan Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Guna Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847

Published

2022-02-13

Issue

Section

Articles