PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RENCANA BISNIS MODEL KANVAS BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

Authors

  • Sulastri Sulastri Manajemen, Universitas Sriwijaya
  • Mohamad Adam Manajemen, Universitas Sriwijaya
  • Yulia Saftiana Akutansi, Universitas Sriwijaya
  • Welly Nailis Manajemen, Universitas Sriwijaya
  • Yulia Hamdaini Putri Manajemen, Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6120

Keywords:

Business Model Canvas, Micro, Small And Medium Enterprises.

Abstract

Abstrak: Model bisnis kanvas merupakan salah satu metode alternatif untuk membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah dalam memahami dan mengembangkan usaha yang ditekuni. (1) Pelaku UMKM masih banyak yang belum memahami bisnis model kanvas; (2) Tujuan pengabdian; meningkatkan kemampuan dan pemahaman pelaku UMKM mengenai bisnis model kanvas (3) Metode penyuluhan dan praktikum, pelaku UMKM yang berada di kota Palembang sebanyak 20 orang, (4) Hasil yang telah dicapai 90 persen pelaku UMKM dapat membuat bisnis model kanvas.


Abstract: business model is one of the alternative methods to help micro small and medium enterprises in understanding and developing the business pursued. (1) There are still many MSMEs who do not understand the canvas business model; (2) The purpose of devotion; improving the ability and understanding of MSME participants regarding the canvas model business (3) Extension and practicum methods, MSMEs located in Palembang city as many as 20 people, (4) The results that have been achieved by 90 percent of MSME participants can make a canvas model business.

References

Awaluddin, R. (2021). Pelatihan Swot dan Business Model Canvas Pada UKM Keripik Kere di Kabupaten Kuningan. HUMANIS, 20(1), 47–58.

Brush, C. G. A. D. bruin, & Welter, F. (2009). A Genderâ€Aware Framework for Women’s Entrepreneurship,. International Journal of Gender and Entrepreneurship, 1(1), 8–24.

David R, F., & David R, F. (2017). Strategic Management (16th edition). In Fortune. England: Pearson Education Limited.

Dudin, M. N., Kutsuri, G. N., Fedorova, I. J. evna, Dzusova, S. S., & Namitulina, A. Z. (2015). The innovative business model canvas in the system of effective budgeting. Asian Social Science, 11(7), 290–296. https://doi.org/10.5539/ass.v11n7p290

Herawati, N., Lindriati, T., & Suryaningrat, I. B. (2019). Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Kedelai Edamame Goreng. Jurnal Agroteknologi, 13(01), 42. https://doi.org/10.19184/j-agt.v13i01.8554

Hidayah, F., & Wiranti, T. (2021). Penggunaan Business Model Canvas Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Berwirausaha. 7(2), 37–51.

Ita, A., Ety, S., & Andi, N. (2018). Penerapan Business Model Canvas ( Bmc ) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ketahanan Pangan, 2(1), 66–75.

Joyce, A., & Paquin, R. L. (2016). The triple layered business model canvas: A tool to design more sustainable business models. Journal of Cleaner Production, 135(June), 1474–1486. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2016.06.067

Ojasalo, J., & Ojasalo, K. (2019). Service Logic Business Model Canvas for Lean Development of SMEs and Start-Ups. In Sustainable Business. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-9615-8.ch020

Pamungkas, A. S., Widjaya, H., Wiyanto, H., & Budiono, H. (2021). Pengembangan Dan Pelatihan Menggunakan Model Bisnis Canvas Bagi Siswa/I Smk Santo Leo Mangga Besar Jakarta. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2), 514–520. https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i2.9403

Rainaldo, M., Wibawa, B. M., & Rahmawati, Y. (2017). Analisis Business Model Canvas Pada Operator Jasa Online Ride-Sharing (Studi Kasus Uber di Indonesia). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(2), 2–6. https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i2.25277

Rumelt, R. P., & Kunin, E. (2003). What in the World is Competitive Advantage ? Policy Working Paper, 1(105), 1–5.

Salamin, P., & Hermawan, F. (2018). Analisis Bisnis Model Kanvas dan Kelayakan Keuangan (Studi Kasus Pada Teri Sambal Terateri). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 15(1), 31–38. https://doi.org/10.29259/jmbs.v15i1.5645

Suarni, A., Adzim, F., Abdi, M. N., & Adiningrat, A. A. (2020). Training Bisnis Model Canvas (BMC) Bagi Petani Buah Naga Masa Pandemi Covid-19 Desa Caramming Bulukumba. Jurnal Abmas Negeri, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.36590/jagri.v1i1.88

Subekti, P., Yogatama, A. N., & Anjaningrum, W. D. (2021). Pelatihan Business Model Canvas Bagi Siswa SMA Diponegoro Tumpang Dalam Membangun Bisnis di Masa Pandemi. 2(2), 79–90.

Tanusi, G., & Laga, Y. (2020). Pengaruh pelatihan, motivasi dan modal usaha terhadap minat berwirausaha di uptd llk ukm kabupaten ende. Kinerja, 17(1), 157–163.

Wardhanie, A. P., & Kumalawati, D. (2018). Analisis business model canvas pada perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(2), 124. https://doi.org/10.22146/bip.32247

Wicaksono, A. A., Syarief, R., & Suparno, O. (2017). Business Model in Electricity Industry Using Business Model Canvas Approach; the Case of Pt. Xyz. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.17358/ijbe.3.1.52

Yohanna, L., & Sondari, E. (2019). Menumbuhkan Minat Berwirausaha melalui Pelatihan Perancangan Model Bisnis Kanvas. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 19. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i01.2961

Published

2022-02-13

Issue

Section

Articles