PENINGKATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MELALUI E-MARKETING

Authors

  • I Gede Bayu Wijaya Prodi Ekonomi Hindui, Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Ni Nyoman Suli Asmara Yanti Prodi Ekonomi Hindui, Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Indah Suprabawati Kusumanegara Prodi Ekonomi Hindui, Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Ni Kadek Ayu Wianjani Prodi Ekonomi Hindui, Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6347

Keywords:

Training, E-marketing, Digital Technology

Abstract

Abstrak: Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan peningkatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui e-marketing adalah (1)memberi pemahaman pentingnya e-marketing,(2) memperkenalkan berbagai aplikasi yang dapat digunakan pada e-marketing, (3) mempraktekkan penjualan menggunakan e-marketing. Kegiatan pengabdian ini berlangsung selama lima hari di Dusun Banjar Metu, Desa Mantang, Kabupaten Lombok Tengah. Melalui metode pelatihan e-marketing masyarakat mampu melakukan kegiatan pemasaran yang didukung oleh kemajuan teknologi digital dan memberi wawasan pengetahuan terkait dengan perkembangan dunia usaha. Kegiatan ini dihadiri oleh kelompok Usaha dan masyarakat di Desa Mantang sebanyak 15 orang dengan melalui tiga tahapan, dari pra pelaksanaan, pelaksanaan dan evaluasi,dari setiap tahapan kegiatan yang dilakukan. Hasil yang dicapai pegabdian masyarakat melalui pelatihan ini yaitu masyarakat mengetahui perkembangan teknologi yang bermanfaat dalam bidang usaha, memanfaatkan media digital sebagai promosi, dan pentingnya e-marketing.

Abstract: The purpose of community service activities by providing training to improve micro, small and medium enterprises (MSMEs) through e-markeying is (1) providing an understanding of the importance of e-marketing, (2) introducing various application that can be used in e-marketing, (3) practicing sales using e-marketing. This service activity lasted for five days in Banjar Metu Hamlet, Mantang village, central Lombok Regency. Through the e-marketing training method, the community is able to carry out marketing activities that are supported by advances in digital technology and provide insight into knowledge related to the development of the business word. This activity was attended by 15 business and community groups in Mantang Village by going through three stages, from pre-implementation, implementation and evaluation from each stage of the activities carried out. The result achieved by community servive through this training are that people know about technological developments that are useful in the business sector, utilize digital media as promotion, and the importance of marketing.

Author Biographies

I Gede Bayu Wijaya, Prodi Ekonomi Hindui, Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Dosen Manajaemen Prodi Ekonomi Hindu

Ni Nyoman Suli Asmara Yanti, Prodi Ekonomi Hindui, Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Dosen Manajemen Prodi Ekonomi Hindu

Indah Suprabawati Kusumanegara, Prodi Ekonomi Hindui, Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Dosen Ekonomi Prodi Ekonomi Hindu

Ni Kadek Ayu Wianjani, Prodi Ekonomi Hindui, Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Mahasiswa Prodi Ekonomi Hindu IAHN Gde Pudja Mataram

References

Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31

Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31

Arista, D., & Triastuti, S. R. (2011). Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi ASET, 13(1),36604.http://journal.widyamanggala.ac.id/index.php/jurnalaset/article/view/71/45

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Ayu, I., Suwiprabayanti, G., Jayaningsih, A. A. R., & Suhardiyani, P. E. (2021). Peningkatan Kemampuan Promosi Online. 5(5), 7–9.

Baladraf, M.I.F., Sembodo, G., Hasanah, L.U & Pramono. A. (2018). Pelatihan Sukses Berbisnis Online Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui Pemasaran Online Putat Jaya Surabaya. Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, Februari, 1(1), 1-6

Muamarah, H. S., Safitra, D. A., Nugroho, R., & Liyana, N. F. (2021). Pelatihan dan pendampingan untuk peningkatan kompetensi pembukuan dan perpajakan umkm. 5(5), 2–9.

Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M. A. (2017). Pembinaan Pengelolaan Manajemen Usaha Dan E- Marketing Pada Pelaku Usaha Industri Mikro Pengrajin Sepatu Di Kecamatan Medan Denai. Jurnal Pengabdian Kepada Maryarakat (JPKM), 23(2), 292–299

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Rahadi, D.R. and Susilowaty, E., 2018. Kreatifitas Kewirausahaan Sosial dan Menggali Ide Usaha Baru Melalui Pengolahan Kripik Tempe Lupin. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 1(1).

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361

Rizki Isnanda, E. (2018). Analisis Penggunaan Media Sosial untuk Mendukung Pemasaran Produk UMKM (Studi Kasus Kabupaten Subang, Jawa Barat). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,

–4.

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298–309. https://doi.org/https://doi.org/10/24198/k umawula.v3i2.28181

Sukarsih, I., Kurniati, E., Gunawan, G., & Respitawulan. (2016). Perluasan Jangkauan Pasar Pelaku Ukm Sepatu Cibaduyut Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Internet Marketing. Ethos (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat), 4(1), 1–6.

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Wijoyo, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Faisal Akbar, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Ikra-Ith Abdimas, 3(3), 169–175.

Yuliani, Umrie, R. hs, & Bakar, S. W. (2020). Peningkatan Literasi Keuangan melalui Inovasi Si Apik bagi UMK Desa Tanjung Raya Kabupaten Lahat. J-Abdipamas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 117– 126.

Published

2022-02-13

Issue

Section

Articles