PENDAMPINGAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6462Keywords:
Learning Media, Local Wisdom, Picture and PictureAbstract
Abstrak: Pengabdian masyarakat ini bertujuan mendampingi guru dalam pembuatan media pembelajaran berbasis kearifan lokal sesuai materi ajar dan karakteristik siswa. Metode yang digunakan dalam penyampian materi pengabdian masyarakat adalah picture and picture. Tahapan pelaksanaan pengabdian setiap pertemuan meliputi penyampaian tujuan, penyajian materi, penyajian gambar-gambar sebagai contoh nyata, presentasi hasil karya, dan membuat kesimpulan. Peserta pengabdian berjumlah 18 orang guru SD Genuksari 02. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan wawancara. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama 5 kali pertemuan dari tanggal 15 Februari sampai 14 Maret 2020. Hasil pretest dengan rata-rata 48,8 meningkat setelah pendampingan dengan rata-rata 79,3. Sehingga metode "picture and picture" meningkatkan kemampuan guru dalam pembuatan media berbasis kearifan lokal. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini dikhususkan untuk 18 guru SD Genuksari 02. Nilai-nilai kearifan lokal yang dimaksud mencakup Indonesia. Kegitan pengabdian ini dapat menjadi reverensi kegiatan pengabdian selanjutnya dengan cakupan subjek yang lebih luas. Kegiatan pengabdian ini berkontribusi (1) memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal melalui media pembelajaran; (2) memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran agar lebih konkrit.
Abstract: This community service aims to assist teachers in making learning media based on local wisdom according to teaching materials and student characteristics. The method used in delivering community service materials is picture and picture. The service participants were 18 teachers of Genuksari 02 Elementary School. Data was collected through test and interview techniques. The data analysis used is descriptive quantitative and qualitative. Service activities were carried out for 5 meetings from February 15 to March 14, 2020. The results of the pretest with an average of 48.8 increased after mentoring with an average of 79.3. So the "picture and picture" method improves the ability of teachers in making media based on local wisdom. The conclusion of this service activity is devoted to 18 teachers of the Genuksari 02 Elementary School. The values of local wisdom in question include Indonesia. This service activity can be a reference for further service activities with a wider subject coverage. This service activity contributes (1) to introducing and preserving local culture through learning media; (2) facilitate teachers in delivering learning materials to be more concrete
Â
References
Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan Data.
Devi, A. S., & Maisaroh, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran buku pop-up wayang tokoh Pandhawa pada mata pelajaran bahasa jawa kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2), 1–16.
Firman, F. (2018). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.
Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(1), 25–35.
Ismiyanti, Y., Ulia, N., Setiana, L. N., Afandi, M., Syaifudin, M., & Mayasari, N. (2019). Pendampingan Kelompok Guru SD Genuksari 02 dalam Pembuatan Action Research Melalui Metode Example Non Example. SENADIMAS.
Kader, K., & Kader, A. (2019). Partisipasi Masyarakat dan Pengintegrasian Kearifan Lokal dalam Pengelolaan Pendidikan Sebagai Bentuk Pelaksanaan Desentralisasi Pendidikan. Journal of Ethnic Diversity and Local Wisdom, 1(1), 32–40.
Krisdayanti, K., & Trisiana, A. (2019). Program SGK sebagai upaya pembentukan karakter yang kreatif dan berbudaya berbudi luhur di Kadipiro Surakarta. Indonesian Journal of Community Services, 1(2), 152–164.
Kristia, A. C. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Picture and Picture Kelas IV SD Negeri 1 Kanoman, Karangnongko, Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Widya Dharma.
Kurniawati, Y. (2020). Penggunaan Metode Picture And Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mengenal Bangun Datar pada Siswa Kelas I SD Negeri 2 Ngadirojo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Guru Indonesia, 1(2), 215–224.
Laksana, D. N. L., Kurniawan, P. A. W., & Niftalia, I. (2018). Pengembangan bahan ajar tematik SD kelas IV berbasis kearifan lokal masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3(1), 1–10.
Madjid, J. (2021). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri 06 Popayato Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 885–894.
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939.
Nurfitriani, W., Sumarmi, S., & Hariyono, H. (2017). Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.
Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1).
Prahesti, S. I., & Fauziah, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 505–512.
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1).
Sutarsih, E., & Misbah, M. (2021). Konsep Pendidikan Profesional Perspektif Undang-Undang tentang Guru dan Dosen. Jurnal Kependidikan, 9(1), 69–82.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).