EDUKASI BERBAGAI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN DI INDONESIA BAGI PELAJAR SMA/SMK

Authors

  • Lucia Ari Diyani Sarjana Akuntansi, Universitas Bina Insani,
  • Ratna Dewi Kusumawati Sarjana Akuntansi, Universitas Bina Insani,
  • Chita Oktapriana Sarjana Akuntansi, Universitas Bina Insani,

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6479

Keywords:

SAK, SAK ETAP, SAK EMKM, SAK Syariah

Abstract

Abstrak: Saat ini Indonesia memiliki empat standar akuntansi keuangan yang disusun oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), yaitu Standar Akuntansi Keuangan (SAK), Standar Akuntansi Keuangan-Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP), Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM), dan Standar Akuntansi Keuangan Syariah (SAK Syariah). Tujuan disusunnya 4 (empat) standar yang berbeda-beda tentunya untuk memudahkan saat penyusunan laporan keuangan sesuai jenis perusahaan. Faktanya adakalanya menjadi tidak mudah dipahami oleh semua yang berkepentingan. Kesulitan ini juga dialami oleh para siswa SMA/ SMK serta para mahasiswa yang baru mengenal akuntansi. Tujuan utama dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk memberikan pemahaman Standar Akuntansi Keuangan (SAK), Standar Akuntansi Keuangan-Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP), Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM), Standar Akuntansi Keuangan Syariah (SAK Syariah). Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan metode service learning dan disampaiakan secara daring kepada para peserta. Berdasarkan olah hasil angket yang diisi 455 peserta, kesimpulannya adalah pelatihan dapat memuaskan peserta dengan persentase 38% pada kategori sangat puas dan 50% pada kategori puas, serta dapat meningkatkan pemahaman peserta terhadap berbagai standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia. Kegiatan pelatihan ini dapat diterima dengan baik yang terlihat dari semangat para peserta dalam mengikuti rankaian acara. Setelah mengikuti pelatihan pun para peserta merasa puas dan memahami SAK sesuai fungsinya.

 

Abstract: Currently, Indonesia has four financial accounting standards prepared by the Indonesian Institute of Accountants (IAI), namely Financial Accounting Standards (SAK), Financial Accounting Standards - Entities Without Public Accountability (SAK ETAP), Financial Accounting Standards for Micro Small Medium Entities (SAK EMKM). , and Islamic Financial Accounting Standards (SAK Syariah). The purpose of the preparation of 4 (four) different standards is of course to facilitate the preparation of financial statements according to the type of company. The fact is sometimes not easily understood by all concerned. This difficulty is also experienced by high school / vocational students as well as students who are new to accounting. The main purpose of this community service activity is to provide an understanding of Financial Accounting Standards (SAK), Financial Accounting Standards for Entities Without Public Accountability (SAK ETAP), Financial Accounting Standards for Micro Small Medium Entities (SAK EMKM), Islamic Financial Accounting Standards (SAK). Sharia). The implementation of the activities is carried out using the service learning method and delivered online to the participants. Based on the results of a questionnaire filled out by 455 participants, the conclusion is that the training can satisfy participants with a percentage of 38% in the very satisfied category and 50% in the satisfied category, and can increase participants' understanding of various financial accounting standards that apply in Indonesia. This training activity was well received as seen from the enthusiasm of the participants in participating in the series of events. After attending the training, the participants were satisfied and understood the SAK according to its function.

 

References

Agung, A., Latuheru, B. P., & Persulessy, G. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Studi Empiris pada UMKM di Kota Ambon). Peluang, 105–136. http://ejurnal.ukim.ac.id/index.php/peluang/article/view/327

Alviani, A. W., Khotimah, H., Pradani, Y. S., Al Umar, A. U. A., & Khabib, N. (2020). Komparasi Penerapan Prinsip Konservatisme pada Akuntansi Konvensional dan Akuntansi Syariah. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(8). https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/96/65

Apriyanti, H. W. (2018). Teori Akuntansi Berdasarkan Pendekatan Syariah.

Dwitayanti, Y., & Wijaya, T. (2017). Penggunaan Perspektif Positive Accounting Theory terhadap Konservatisme Akuntansi di Indonesia. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 1(2). https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jrtap/article/view/910

Ekadjaja, A., & Darmawan, N. C. (2021). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Siswa SMA Katolik St . Kristoforus. 575–582.

Indonesia, I. A. (2016). SAK ETAP (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik). http://iaiglobal.or.id/v03/standar-akuntansi-keuangan/etap

Indonesia, I. A. (2021). SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil, dan Menengah). http://iaiglobal.or.id/v03/standar-akuntansi-keuangan/emkm

Kartikahadi, H. et al. (2019). Akuntansi Keuangan berdasarkan SAK berbasis IFRS. Salemba Empat.

Nurhayati, S., & Wasilah. (2019). Akuntansi Syariah di Indonesia (5th ed.). Salemba Empat.

Sari, I. N., & Heriyawati, D. F. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Komunitas Guru Sekolah Dasar Melalui Service Learning Approach di Kecamatan Sukun Kota Malang. Engagement : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(02), 563–573.

Syahmawati. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Kepahiang Tahun Pelajaran 2019 / 2020 dalam Memahami Materi Ekonomi Akuntansi laporan Keuangan Perusahaan Jasa. Jurnal Perspektif Pendidikan, 14(2), 58–66. https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/968/526

Taufik, T., Anisma, Y., Yusralaini, Y., Akuntansi, P. S., & Riau, U. (2020). Sosialisasi Standar Akuntansi Keuangan EMKM pada Guru- Guru Akuntansi SMK di Kabupaten Rokan Hilir. 1(1), 110–114.

Weygandt, K., & Kieso. (2015). Financial Accounting (3rd IFRS). Wiley.

Wirananda, H. A., & Hidayat, T. (2021). Sosialisasi Pemahaman dan Manfaat Akuntansi pada Guru Yayasan Al-Ittihadiyah Medan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021, 113–120.

Yousida, I., Kristanti, L., & Lestari, L. (2020). Analisis Pengaruh Pemahaman Akuntansi dan keaktifan Mahasiswa terhadap Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai SAK Kasus pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE Pancasetia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 6(2), 192–201. https://ejournal.stiepancasetia.ac.id/jieb/article/view/369/320

Published

2022-02-13

Issue

Section

Articles