STRATEGI MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI USAHA DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN POLA KONSUMSI DAN PERILAKU MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Ana Noor Andriana Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman
  • Finnah Fourqoniah Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman
  • Adietya Arie Hetami Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6540

Keywords:

existence, consumption pattern, behavior

Abstract

Abstrak: Adanya pandemi covid-19 membuat para pelaku usaha menerapkan berbagai macam strategi demi mempertahankan eksistensi usahanya. Perubahan pola konsumsi dan perilaku masyarakat berdampak pada penurunan penjualan hingga penutupan usaha serta kekhawatiran membuka usaha. Berdasarkan masalah tersebut perlu dilakukan sosialisasi terkait mempertahankan eksistensi usaha dalam menghadapi perubahan yang terjadi. Tujuan dari kegiatan ini adalah terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan menambah wawasan kepada pelaku usaha. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui webinar dengan tahapan pra kegiatan, kegiatan, monitoring dan evaluasi. Jumlah peserta kegiatan sebanyak 120 peserta yang terdiri dari mahasiswa program studi Administrasi Bisnis FISIP Universitas Mulawarman. Hasil yang dicapai yaitu 85% diukur berdasarkan wawancara dan data ulasan peserta yang mampu memahami isi materi kegiatan dan menentukan strategi bisnis menyesuaikan dengan perubahan pola konsumsi dan perilaku masyarakat yang terjadi di masa pandemi covid-19.

 

Abstract: The existence of the COVID-19 pandemic has forced business actors to implement various strategies to maintain the existence of their business. Changes in consumption patterns and people's behavior have an impact on decreasing sales and closing businesses as well as concerns about opening a business. Based on these problems, it is necessary to conduct socialization related to maintaining the existence of the business in the face of changes that occur. The purpose of this activity is to carry out community service activities and add insight to business actors. The method of implementing activities is through webinars with pre-activity, activity, monitoring and evaluation stages. The number of participants in the activity was 120 participants consisting of students from the Business Administration study program at Mulawarman University. The results achieved were 85% measured based on interviews and participant review data who were able to understand the content of the activity material and determine business strategies to adapt to changes in consumption patterns and people's behavior that occurred during the covid-19 pandemic.

References

Andriana, A. N., Aisha, Z., Kusuma, A. N., & El Maura, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Shopee untuk Meningkatkan Minat Berbisnis Secara Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3065–3073.

Andriana, A. N. (2021). Peran Wirausaha dalam Pengembangan UMKM dan Desa Wisata. Penerbit Lakeisha.

Andriana, Ana Noor, & Fourqoniah, F. (2020). Pengembangan Jiwa Entrepreneur Dalam Meningkatkan Jumlah Wirausaha Muda. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(1), 43. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3823

Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 213–222. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG/article/view/1042

Hermawan, B. (2011). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan, Reputasi Merek Dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin Pt. Sido Muncul. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 4(2), 9–17. https://doi.org/10.20473/jmtt.v4i2.2415

Kala’lembang, A. (2020). Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(1), 54. https://doi.org/10.25273/capital.v4i1.7358

Mustakim, M., Efendi, R., & Sofiany, I. R. (2021). Pola Konsumsi Pangan Penduduk Usia Produktif Pada Masa Pandemi Covid-19. IKESMA, 1–12.

Nurfadilah, S. D. (2021). Analisis Faktor Perubahan Perilaku Konsumen E-Commerce Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Konsumen Shopee di Kota Sukabumi) Analysis Of Changes in E-Commerce Consumer Behavior During The Coronavirus Pandemic (Study on Shopee Consumer in Sukabumi). International Journal Administration, Business and Organization (IJABO) |, 2(1), 16–23. https://ijabo.a3i.or.id

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 dan implikasi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59-64.

Raharja, S. U. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan usaha umkm di masa pandemi melalui optimalisasi penggunaan dan pengelolaan media digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–123.

Rifani, D. A., & Rahadi, D. R. (2021). Ketidakstabilan Emosi dan Mood Masyarakat Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(1), 22–34. https://doi.org/10.38043/jmb.v18i1.2747

ROCHANA, E. (2020). Kelentingan Keluarga Menghadapi Pandemi Covid-19. Covid19 Disrupsi. Pusaka Media.

Satrio, D. (2021). Upaya Peningkatan Minat Pemasaran Online (E-Commerce) Untuk Pelaku Umkm Makanan Ringan Di Kabupaten Batang. Indonesian Journal Of Community Service, 2666, 259–268. http://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/54

Setiawati, Ira; Widyartati, P. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm. Strategi Komunikasi Pemasaran, 20, 1–5.

Soegoto, A. (2013). Persepsi Nilai Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 1271–1283. https://doi.org/10.35794/emba.v1i3.2548

Susanti, A., Istiyanto, B., & Jalari, M. (2020). Strategi UKM pada Masa Pandemi Covid-19. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(2), 67–74. https://doi.org/10.37010/kangmas.v1i2.50

Wakhudin, Romadlon, F., Siregar, J., Firmansyah, & Sani, R. A. (2020). COVID-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif. In MBRIDGE Press (Vol. 19, Issue Bab 17).

Zaenudiin, M., Asiah, D. H. S., Santoso, M. B., & Rifa’i, A. A. (2021). Perubahan Perilaku Masyarakat Jawa Barat Dalam Melaksanakan Adaptasi Kebiasaan Baru di Masa Pandemi Covid-19. Social Work Jurnal, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.24198/share.v11i1.31681

Published

2022-02-13

Issue

Section

Articles