PEMANFAATAN APLIKASI MENDELEY DAN GOOGLE FORM DALAM PEMBUATAN REFERENSI DAN KUISIONER TUGAS AKHIR MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6576Keywords:
Mendeley Application, Google Form Application, Final ProjectAbstract
Abstrak: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengadakan pelatihan bagi mahasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan agar mahasiswa dapat mengoperasikan aplikasi Mendeley dalam pembuatan referensi dan mengoperasikan aplikasi Google Form dalam pembuatan kuesioner dan pengumpulan data penelitian dalam rangka penyelesaian tugas akhir mahasiswa. Adapun metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah dengan penyuluhan, diskusi dan workshop dalam implemetasi penggunaan Mendeley Desktop dan Google Form. Beberapa hasil pengabdian yang dapat disimpulkan antara lain: semua peserta telah memahami dan langsung mengalami cara instalasi Mendeley termasuk cara pembuatan akun, mengentri bahan pustaka lewat folder yang telah disiapkan dan memahami dan mengalami cara membuka Google Form dan menggunakannya untuk membuat kuisioner online. Adanya ketertarikan peserta (mahasiswa) dalam mempelajari dan memahami lebih dalam cara penulisan sitasi (rujukan) dan referensi menggunakan aplikasi Mendeley dan pembuatan kuisioner online melalui penulisan tugas akhir mereka. Pelatihan diikuti oleh mahasiswa semester akhir program studi Manajemen, Universitas Baturaja sebanyak 30 peserta. Pelatihan yang dilakukan telah berhasil meningkatkan 80% kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menguasai aplikasi Mendeley untuk pembuatan referensi dan Google Form untuk pembuatan kuisioner sehingga membantu menyelesaikan tugas akhir mahasiswa.
Abstract: This community service activity by holding training for students aims to increase knowledge and insight so that students can operate the Mendeley application in making references and operating the Google Form application in making questionnaires and collecting research data in order to complete student final assignments. The methods used in the implementation of this service are counseling, discussions and workshops in implementing the use of Mendeley Desktop and Google Form. Some of the results of service that can be concluded include: all participants have understood and directly experienced the Mendeley installation method including how to create an account, enter library materials through the folders that have been prepared and understand and experience how to open Google Forms and use them to create online questionnaires. There is interest from participants (students) in learning and understanding more deeply how to write citations (references) and references using the Mendeley application and making online questionnaires through writing their final assignments. The training was attended by 30 participants in the final semester of Management study program, Baturaja University. The training carried out has succeeded in increasing 80% of students' ability to understand and master the Mendeley application for reference making and Google Forms for making questionnaires so as to help complete students' final assignments.
References
Anwar, R, N. (2021). Pelatihan Penggunaan Software Mendeley Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1 (1) : 1-6.
Asmiatun, S., Winarti, T., Putri, A, N. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Google Form Sebagai Media Ujian Online di SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia). 2(2) : 93-101.
Astakoni, I, M, P. (2021). Pengenalan Dan Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Untuk Kalangan Akademik Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional. 1(3) : 52-61.
Batubara, H.H. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 8(1).
Batubara, H, H., Noor, D, A. (2017). Workshop Penggunaan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Pada Dosen-Dosen Fakultas Studi Islam. Jurnal Pengabdian AlIkhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary. 2(1).
Febriadi, B., Nasution, N. (2017). Sosialisasi Dan Pelatihan Aplikasi Google Form Sebagai Kuisioner Online Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika. 2(1) : 68-72
Hanafiah., Sauri, R, S., Mulyadi, D., and Arifudin, O. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi. 5(2) : 213-220.
Kosasi, S. (2011). Pemanfaatan Aplikasi Mendeley desktop Mengelola Referensi Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa. Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat 2019. 12. 64 –174.
Mardin, H., Baharuddin., Nane, L. (2020). Pelatihan Cara Menulis Sitasi Dan Daftar Pustaka Jurnal Format Apa Style Menggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdidas. 1(3) : 137-143.
Muchlis, Christian, A., Sari, M.P. (2019). Kuesioner Online Sebagai Media Feedback Terhadap Pelayanan Akademik pada STMIK Prabumulih. Jurnal Eksplora Informatika. 8(2) : 149-157.
Pahmi., Ardiya., Syahfutra, W., Wibowo, A, P., Niah, S., and Febtiningsih, P. (2018). Pelatihan Penggunaan Mendeley Untuk Referensi Dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Sma Handayani Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI. 2(2) : 35-39.
Perdana, F, J. (2020). Pelatihan Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Aplikasi Mendeley Desktop Bagi Mahasiswa Dalam Persiapan Penyusunan Tugas Akhir. Dimasejati: JurnalPengabdian Kepada Masyarakat, 2(1) : 75. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v2i1.6652.
Rahayu, S., Sari, F, P. (2021). Peningkatan Kemampuan Analisa Data Tugas Akhir Mahasiswa Melalui Pelatihan Program SmartPLS. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) . 5(6) : 3576-3590. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5748.
Rahmiyati, S. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Google Form dalam Meningkatkan Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Pengawas Madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah. 4(2) : 201-209.
Sastradipraja, C, K., Karim, K, A., Hanfiah, H. (2021). Diseminasi Pemanfaatan Aplikasi Mendeley Untuk Sitasi dan Daftar Pustaka. Community Empowerment. 6(8) : 1420-1426.
Setiawan, D., Hamzah., Arleny. (2019). Pelatihan Ms.Word & Mendeley Untuk Penulisan Karya Ilmiah Dosen Fakultas Teknik Unilak.
Wardani, N, W., Ginantra, N,L,W,S,R. (2020). Pelatihan Aplikasi Mendeley untuk Referensi dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru SMK Dwijendra Denpasar. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). 1(1) : 13-20.
Widayanti, T. (2020). Pemanfaatan Google Form dalam Mendukung Pengumpulan Data untuk Karya Ilmiah Mahasiswa. JUDIMAS (Jurnal Inovasi Pengabdian Kepada Masyarakat). 1(1) : 85-94.
Wuryandini, A, R., Pakaya, L., Hartana, K. (2021). Pelatihan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi bagi Mahasiswa. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat). 452-467.
Yuniarti, R., Hartati, W. Pemantauan Penyebaran Virus Covid-19 Pada Mahasiswa STIA Muhammadiyah Selong Menggunakan Aplikasi Google Form. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(1) : 19-28.
Yusron, R, M., Wijayanti, R. Novitasari, A, T. (2020). Pelatihan Pembuatan Google Formbagi Guru SD Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Masa Pandemi. Jurnal Publikasi Pendidikan. 10(3) : 182-188.
Zaugg, H., West, R, E., Tateishi, I., and Randall, D, L. (2011). Mendeley: Creating Communities of Scholarly Inquiry Through Research Collaboration. TechTrends, 55(1) : 32-36.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).