PELATIHAN PEMBUATAN KOMIK DIGITAL PIXTON DAN ALOE HAND SANITIZER BAGI GURU MADRASAH IBTIDAIAH

Authors

  • Dias Tiara Putri Utomo Program Studi S1 Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Finaty Ahsanah Program Studi S1 Farmasi, Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Nahardian Vica Rahmawati Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit, Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6597

Keywords:

teacher training, digital comic creation, manufacture of hand sanitizers.

Abstract

Abstrak: Bidang pendidikan dan kesehatan menjadi kunci utama dalam rangka madrasah tanggap COVID-19. Guru-guru MI Muhammadiyah 04 Blimbing Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur menghadapi permasalahan terkait dengan pembuatan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa saat pembelajaran daring. Selain itu, mereka juga belum memiliki persedian hand sanitizer khususnya di ruang kelas karena harganya yang relatif mahal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran komik digital PIXTON dan Aloe hand sanitizer. Kegiatan ini memiliki tiga tahapan utama, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tahap pelaksanaan dibagi menjadi dua kegiatan: seminar dan workshop, sedangkan tahap evaluasi dilakukan saat kegiatan dan setelah kegiatan. Jumlah peserta yang terlibat adalah 48 peserta. Berdasarkan hasil evaluasi saat kegiatan, sebanyak 87% telah terlibat secara aktif dalam pembuatan komik digital PIXTON dan Aloe Hand Sanitizer. Setelah kegiatan, para peserta memanfaatkan komik digital untuk kegiatan pembelajaran daring dan menggunakan Aloe hand sanitizer untuk keperluan internal sekolah. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Abstract: The education and health sectors are the main keys in responding to COVID-19. MI Muhammadiyah 04 Blimbing teachers faced problems related to making learning media that could attract students' attention during online learning. In addition, they also did not have a supply of hand sanitizer, especially in classrooms because the price was relatively expensive. This community service aimed to train teachers in making PIXTON digital comic learning media and Aloe hand sanitizer. This activity had three main stages, namely: the preparation stage, the implementation stage, and the evaluation stage. The implementation stage was divided into two activities: seminars and workshops, while the evaluation stage was carried out during the activity and after the activity. The number of participants involved was 48 participants. Based on the evaluation results during the activity, as many as 87% had been actively involved in making PIXTON digital comics and Aloe hand sanitizer. After the activity, teachers and employees of MI Muhammadiyah 04 Blimbing used digital comics for online learning activities and used Aloe hand sanitizer for internal school purposes. Therefore, it can be concluded that this activity is successful.

References

Ahsanah, F., & Utomo, D. T. P. (2020). The Use of Digital Comic in Developing Student’s English Competence. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 8(2), 373–383. https://doi.org/10.24256/ideas.v8i2.1660

Al Faruq, H. A., & Nurhalimah, N. (2019). Comic Strips in Teaching Simple Past Tense for EFL Learners. ELLITE: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 3(2), 53. https://doi.org/10.32528/ellite.v3i2.1912

Asngad, A., R, A. B., & Nopitasari, N. (2018). Kualitas Gel Pembersih Tangan (Handsanitizer) dari Ekstrak Batang Pisang dengan Penambahan Alkohol, Triklosan dan Gliserin yang Berbeda Dosisnya. Bioeksperimen: Jurnal Penelitian Biologi, 4(2), 61–70. https://doi.org/10.23917/bioeksperimen.v4i2.6888

Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19. Al Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Cabrera, P., Castillo, L., González, P., Quiñónez, A., & Ochoa, C. (2018). THE IMPACT OF USING PIXTON FOR TEACHING GRAMMAR AND VOCABULARY IN THE EFL ECUADORIAN CONTEXT. Teaching English With Technology, 18(1), 24.

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487

Hendayana, Y. (2020, October 28). Tantangan Dunia Pendidikan di Masa Pandemi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/tantangan-dunia-pendidikan-di-masa-pandemi/

Rahmawati, N. V., Utomo, D. T. P., & Ahsanah, F. (2020). Fun Handwashing Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 Pada Anak Usia Dini. Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(2), 8. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i2.19

Ruswanto, R., Nurviana, V., & Febianeu, D. (2021). Penerapan 6M dan Pentingnya Cuci Tangan yang Baik dan Benar Sebagai Upaya Pencegahan Penularan COVID-19. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), 9. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.XXXX

Sari, U. A., Yasri, H. L., & Holle, K. F. H. (2021). Mitigasi Covid 19 Melalui Pelatihan Membuat Hand Sanitizer Takmir Masjid Sebagai Upaya Minimalisasi Penyebaran Virus Corona di Klaster Tempat Ibadah. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), 11.

Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.

Sucipto, L., & Syaharuddin, S. (2018). Konstruksi Forecasting System Multi-Model untuk pemodelan matematika pada peramalan Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Nusa Tenggara Barat. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 4(2), 114. https://doi.org/10.26594/register.v4i2.1263

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan sosial bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2).

Syaharuddin, S., & Ibrahim, M. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Desa Sebagai Teknologi Tepat Guna Untuk Pendataan Penduduk Dan Potensi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 60. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.14

Utomo, D. T. P., & Ahsanah, F. (2020). Utilizing Digital Comics in College Students’ Grammar Class. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 5(3), 393. https://doi.org/10.21462/jeltl.v5i3.449

Widyawati, L., Mustariani, B. A. A., & Purmafitriah, E. (2017). Formulasi Sediaan Gel Hand Sanitizer Ekstrak Etanol Daun Sirsak (Annona Muricata Linn) Sebagai Antibakteri Terhadap Staphylococcus Aureus. Jurnal Farmasetis, 6(2), 11.

Published

2022-02-13

Issue

Section

Articles