DESIMINASI: PELATIHAN PENYUSUNAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MATEMATIKA TERINTEGRASI BAGI GURU SMP
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6680Keywords:
Desimination Mathematics student worksheet, Integrated Mathematics, Teacher trainingAbstract
Abstrak: Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai salah satu dari perangkat pembelajaran dianggap memiliki materi yang lebih ringkas, dengan latihan-latihan yang dapat membuat siswa menemukan sendiri konsep, teorema, rumus dan sebagainya. Di sisi lain, seorang pendidik sekarang dituntut untuk membentuk watak serta peradaban peserta didik. Sedangkan content (isi) dari Lembar Kerja Siswa (LKS) yang ada saat ini masisangat kurang dengan nilai-nilai sebagaimana yang tercantum pada Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003. Oleh karena itu, pelaksana memberikan pelatihan penysusunan LKS berbasis Matematika Terintegrasi bagi guru. Adapun metode yang pelaksana gunakan dalam melakukan pelatihan ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu: (1) Materi; (2) Pelatihan pnysusunan LKS berbasis Matematika Terintegrasi, dan; (3) Melakukan monitoring dan evaluasi. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa keterampilan (skill) mitra sangat baik yaitu sebesar 90% untuk menyusun LKS Matematika berbasis matematika terintegrasi pada materi himpunan.
Abstract: Student Worksheet (LKS) as one of the learning devices is considered to have more concise material, with exercises that can make students discover for themselves concepts, theorems, formulas and so on. On the other hand, an educator is now required to shape the character and civilization of learners.While the content (content) of the student worksheet (LKS) that exists today is still very lacking with the values as stated in The Indonesian Law No. 20 of 2003. Therefore, the implementer provided integrated Mathematics-based mathematics LKS training for mathematics teachers at Al-Ikhlashiyah Islamic Junior High School. The methods that implementers use in conducting this training are divided into three stages, namely: (1) Material; (2) integrated mathematis based student worksheet preparation training, and; (3) Monitoring and evaluation. Based on the results of the activities that have been carried out, it can be concluded that the skills of math teachers are very good which is 90% to compile mathematics-based mathematics student worksheet integrated on the set material.
References
Arifin, Z. A. I., & Sepriyani, D. N. A. (2019). Pengembangan Lks Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Polinomial Untuk Sma Kelas Xi. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.813
Astuti, A., & Sari, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X Sma. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13–24. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.16
Di, G., Tamrinussibyan, M., Kristyaningrum, D. H., Khiyarusholeh, U., & Ardiansyah, A. (2020). Diseminasi Model Belajar Siswa Aktif Dengan Pendekatan Alqur ’ an , Sains , Dan Karakter Untuk Meningkatkan Sikap Dan Hasil Belajar Siswa Untuk. 3(1), 47–57.
Hakim, W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Agama Berbasis AKM. 10(1), 29–38.
Iriani, D., & Marlina, O. (2015). Berbasis Reciprocal Teaching pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi. Prosiding Semirata 2015 Bidang MIPA BKS - PTN Barat, 107–114.
Khaira, N., Idris, K., & Bahri, S. (2021). Pembelajaran Matematika Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. 1(2), 89–100.
Kurniati, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman. 4(1), 43–58.
Maria, Koestoro, B., & Sutiarso, S. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Belajar Mandiri Kelas V di SD Negeri Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Pranata, D. P., Frima, A., & Egok, A. S. (2021). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2284–2301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1183
Rakib, M., Rombe, A., & Yunus, M. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalitas Guru. Jurnal Ad’ministrare, 3(2), 137–148.
Riana, R., & Ibrahim, M. (2019). LKS Himpunan: Sebuah Pengembangan Matematika Integrasi. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(2), 162. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1063
Roza, Y. (2020). Praktikalitas Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Nilai Islam Menggunakan Pendekatan Saintifik. 04(01), 193–201.
Setiyani, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Matematika Berbasis Kemampuan Representasi Matematis Pada Materi Statistika. Teorema, 2(1), 29. https://doi.org/10.25157/.v2i1.573
Suadnyana, I. N., Wiyasa, I. K. N., Ardana, I. K., Ngr, D. B. K. T., Putra, S., Agung, I. G., & Wulandari, A. (2017). Pelatihan Penyusunan RPP Tematik Integratif Menggunakan Pendekatan Saintifik bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Gugus VIII Abiansemal Badung Tahun Pelajaran 2015 / 2016. 1, 63–66.
Sukardjo, M., Khasanah, U., Solehatin, E., & Sudrajat, Y. (2021). Pelatihan Penyusunan RPP dan Bahan Ajar Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Masa Pandemi. 03.
Yuniati, S., Sari, A., Matematika, P. P., Tarbiyah, F., Hr, J., Km, S., Pekanbaru, T., & Yuniati, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ) di Propinsi Riau. 4(1), 1–9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).